5 Mata Kuliah Penting di Jurusan Psikologi Ini Akan Menantang Pikiranmu

kelompok

Hai Sobat ICampus! Banyak yang mengatakan, kuliah Psikologi itu hanya belajar mengenai kepribadian dan lingkungan saja. Tetapi jangan salah, kalau kamu belum melewati mata kuliah ini, kamu belum expert di bidang Psikologi.

Berikut ini, 5 mata kuliah paling menantang yang akan kamu hadapi di jurusan Psikologi. Sudah siap?

Baca Juga : 8 Pekerjaan Bergengsi yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Sambil Kuliah

1. Biopsikologi

Biopsikologi adalah ilmu yang mempelajari proses mental manusia dan bagaimana proses mental tersebut dapat terjadi. Di matkul ini, kamu harus terbiasa dengan banyak istilah Biologi, Psikologi, bahkan Kedokteran yang akan menghampirimu.

Kamu juga dituntut harus memahami prosesnya secara urut. Jika tidak, kamu tidak dapat memahami manusia yang sebenarnya.

2. Psikometri

Psikometri adalah ilmu yang mempelajari tentang pengukuran Psikologi. Di matkul ini, ada prosedur, langkah-langkah, dan penghitungan Statistika yang lebih rumit yang akan kamu ikuti. Kamu juga dituntut sudah menguasai ilmu Statistika.

Sekali kamu salah mengerjakan dan tidak mengikuti prosedur, kamu harus mengulang proses tersebut dari awal.

3. Metodologi Penelitian

Awalnya kamu akan diperkenalkan jenis-jenis penelitian dan prosedur yang diterapkan. Tetapi, jika kamu sudah terjun di dunia praktik, ketika penelitianmu tidak logis menurut pikiran dosenmu, tidak mengikuti prosedur, dan salah menganalisis data, maka penelitianmu dinyatakan gagal.

4. Mata kuliah tentang alat-alat tes

Di Psikologi, kamu akan belajar berbagai macam alat tes. Salah satunya adalah Tes Inteligensi, Tes Inventori, dan Tes Proyeksi. Kamu akan menghadapi banyak prosedur yang harus kamu ikuti. Kamu juga dituntut harus profesional dalam matkul ini.

Sekali kamu tidak mengikuti prosedur dan tidak profesional dalam menjalankannya, kamu akan dianggap gagal.

Baca Juga : Lama Lulus Kuliah? Ini Tips yang Bisa Kamu Lakukan untuk Membuang Stress 

5. Konstruksi Alat Ukur Psikologi (KAUP)

Matkul ini terbilang lebih sulit dibandingkan yang lain, karena kamu sudah harus mengetahui apa itu sebuah alat ukur. Kamu juga harus tahu kapan tepatnya menggunakan alat ukur tersebut.

Membuat alat ukur tidaklah mudah, karena kamu harus memperhatikan prosedur yang sudah diberikan, jenis alat ukur tersebut, apa yang ingin diukur dengan alat ukur tersebut, dan respon yang tepat untuk diberikan alat ukur tersebut. Tentunya matkul Psikometri dan Matematika sudah harus kamu kuasai untuk menghadapi matkul ini.

Nah, sudah siap menghadapi mata kuliah ini untuk beberapa semester ke depan? Justru 5 matkul ini adalah sebuah tantangan tersendiri yang harus kamu hadapi.

Semakin kamu memiliki keberanian untuk menghadapi tantangan ini, kamu akan semakin menguasai dan memiliki semangat belajar yang tinggi untuk mengetahui lebih dalam di bidang psikologi. Jadi, ayo hadapi tantangannya.

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar