Gak Sembarangan, 5 Hal Positif Ini Perlu Dilakukan Secara Bijak

1096114-1437679280-92ecccec103acb58a6c5600d72b8b333

Hai Sobat ICampus! Kita semua tentu mengetahui berbagai hal positif yang memang sudah seharusnya dilakukan, misalnya menolong orang lain. Tapi, pernahkah kamu sadari bahwa hal-hal positif yang dilakukan juga bisa menjadi hal negatif lho jika tidak dilakukan dengan bijaksana dan pertimbangan yang tepat.

Ya, kebaikan itu tidak bisa selalu berdiri sendiri, adakalanya kebijaksanaan diperlukan untuk mendampinginya. Wah, makin penasaran bukan? Yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : Meski Klise, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Mimpi Dalam Hidupmu!

1. Menasihati orang lain

Kita semua tentu tahu bahwa menasihati orang lain adalah hal yang bertujuan positif. Tapi, jangan salah lho kalau kamu menasihati orang lain tanpa dilandasi kebijaksanaan maka kemungkinan sih nasihatmu akan sia-sia saja. Mengapa?

Nasihat itu tidak selalu diterima orang lain dengan baik lho, penyebabnya sih bermacam-macam. Kamu perlu mempertimbangkan seberapa pentingnya nasihat bagi orang tersebut, jangan lupa perhatikan seberapa dekatnya kamu dengan orang tersebut dan lain-lain. Yang pasti, semuanya juga tergantung pada situasi dan kondisi ya sehingga kamu sebaiknya memutuskan secara bijak ketika ingin menasihati orang lain.

2. Menolong orang lain

Nah, menolong orang lain adalah perbuatan baik yang sering kita dengar, terus kenapa harus dilakukan secara bijak? Tentu saja, kita sebagai manusia juga punya kekurangan dalam menilai. Adakalanya, kebaikan kita dalam menolong orang lain malah disalahgunakan. Mungkin juga, kebaikanmu malah tanpa sengaja menjerumuskan orang lain lho.

Misalnya, kamu berbaik hati membayar hutang dari orang yang suka bermalas-malasan. Hmm, kalau begitu sih orang tersebut akan semakin malas dan bergantung padamu. Kalau sudah seperti itu, apakah kebaikan hati tersebut merupakan hal yang bijak? Kamu tentu tahu jawabannya. Jadi, menolong orang lain memang hal yang sudah seharusnya kita lakukan. Hanya saja, tanpa kebijaksanaan nih rasanya kebaikanmu tidak akan selalu berdampak baik lho. Pikirkan baik-baik ya!

3. Menyemangati atau memotivasi orang lain

Menyemangati ataupun memotivasi orang lain memang hal yang positif kok. Tapi, kamu juga harus bijak ya sebelum menyemangati orang lain. Sebab, setiap orang itu berbeda lho tergantung pada pribadi dan situasi serta kondisi yang dialami.

Misalnya, orang tersebut sedang berduka karena baru saja kehilangan orang yang dicintai, kemungkinan orang tersebut butuh waktu untuk menenangkan diri agar mampu mengatasi kesedihannya. Jangan malah, orang tersebut disemangati dengan kata-kata positif secara berlebihan yang takutnya malah berdampak buruk. Jadi, sekali lagi ingat nih kalau menyemangati orang juga perlu kebijaksanaan ya.

4. Mengajari orang lain

Mengajari orang lain ataupun membagi ilmu memang hal yang positif. Tapi, kamu juga perlu bijak ya sebelum mengajari orang lain. Lihatlah apakah ilmu tersebut memang bermanfaat sepenuhnya atau malah ada resiko untuk disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Perhatikan juga orang yang kamu ajari, apakah menurutmu akan berdampak positif atau malah sebaliknya bagi orang tersebut. Jadi, gak ada salahnya bukan untuk bersikap bijak sebelum mengajari orang lain?

Baca Juga : Merasa Jenuh, Ini 5 Alasan Pentingnya Melakukan Self-Reflection

5. Menyenangkan orang lain

Sekilas, menyenangkan orang lain sepertinya merupakan hal yang selalu berakibat baik, padahal tidak selalu lho. Sebab pada dasarnya kita memang tidak bisa menyenangkan semua orang ya. Apalagi kalau kamu melakukan hal-hal buruk demi menyenangkan orang lain. Gak banget bukan? Jadi, pertimbangkan dengan bijak ya jangan sampai nantinya malah merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Nah, itulah kelima penjelasan tentang hal-hal positif yang sebaiknya kamu lakukan secara bijaksana dan gak sembarangan. Semoga bermanfaat ya!

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar