5 Alasan Kamu Harus Bangkit dari Keterpurukan, Jangan Berlama-lama!

Hai Sobat ICampus! Pada dasarnya dalam hidup, manusia takkan pernah lepas dari yang namanya masalah dan cobaan. Setelah melalui satu masalah maka akan datang masalah lain dalam berbagai bentuk. Kadar besarnya masalah pun sangat beragam tergantung dari tingkat kesabaran dan ketahanan kita sebagai manusia yang sedang diuji oleh-Nya.

Terlebih lagi jika ujian datang dari seseorang yang kita percaya tidak akan pernah membuat kita kecewa. Pasti hati akan merasakan sakit yang luar biasa, bahkan tak jarang membuat kita menjadi terpuruk dalam kesedihan.

Namun, bagaimanapun beratnya masalah yang sedang dihadapi, kita tetap harus bangkit walaupun itu bukanlah hal yang mudah. Hidup di dunia hanya persinggahan sementara dan sangat singkat waktunya. Oleh karenanya beberapa hal berikut adalah alasan bahwa kamu harus bangkit segera tanpa menunggu waktu yang begitu lama.

Baca Juga : Catat! 5 Hal Ini Harus Kamu Miliki Saat Beranjak Dewasa

1. Lihat betapa kuatnya dirimu dan berharganya kamu untuk orang-orang yang masih menyayangimu

Ada banyak orang yang peduli denganmu dan tulus menyayangimu karena kamu berharga. Hanya saja terkadang mereka luput dari pandangan. Kamu merasa tidak ada yang benar-benar peduli dan mengerti diri ini. Karena itu kamu menjalani setiap masalah seorang diri karena kamu juga tak ingin membebani.

Kamu akan tahu betapa kuatnya dirimu setelah semua permasalahan mampu dilalui dengan baik. Terkadang memang hasilnya tak sesuai dengan yang diinginkan, tetapi percayalah bahwa itu yang terbaik dari-Nya. Tidak ada yang mampu menebak jalan hidup seseorang dan bagaimana akhir dari sebuah perjalanan hidup. Oleh karenanya kuatlah untuk dirimu sendiri dan untuk orang-orang yang menyayangimu.

2. Waktu akan terus berjalan, yang menyembuhkan itu bukan waktu tetapi dirimu sendiri

Kita sering mengabaikan padahal kita tahu bahwa yang menyembuhkan dari segala rasa sakit hati adalah diri kita sendiri. Waktu hanya mengiringi prosesnya, bukan waktu yang menyembuhkan. Dirimu sendiri yang sudah mengampuni dan memaafkan, itulah yang membuatmu sembuh dan mulai melupakan.

Kamu mampu untuk bangkit tanpa harus menunggu waktu yang begitu lama karena kamu bisa melakukannya dengan cepat. Waktu yang terbuang hanya akan merugikanmu sendiri jika tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

3. Kamu hanya butuh waktu sejenak untuk berpikir dan introspeksi diri

Manusia tak luput dari berbuat salah, maka dari itu kamu harus terus introspeksi diri dan merenungi apa yang salah.

Terkadang masalah timbul bukan hanya karena dari faktor luar, cobalah untuk memikirkan dari sisi dirimu. Apakah kamu sudah mampu untuk berbuat yang baik, apakah tindakan kamu selama ini sudah benar dan juga tidak menyakiti orang lain?  Merenunglah sejenak agar kamu mampu berpikir jernih untuk memikirkan apa yang selanjutnya akan kamu lakukan.

Jadilah pribadi yang memiliki hati yang luar biasa, tetap persembahkan sikap yang terbaik walaupun semua terasa begitu sulit.

4. Jangan bebani hati dan pikiranmu dengan hal-hal yang tak lagi pantas untuk kamu pikirkan

Belajarlah untuk bisa menerima kenyataan, walaupun tak selamanya kenyataan itu manis. Terlalu memikirkan masalahmu tidak akan membuatnya selesai, jadi untuk apa terus memikirkan hal-hal yang menambah kesusahanmu? Hal yang terpenting adalah mencari jalan keluar, bukan dengan meratapi apa yang sedang terjadi.

Hidup ini terlalu indah untuk terus menangisi masalah yang hanya akan membuatmu terpuruk lebih dalam. Banyak hal di luar sana yang dapat membuatmu menjadi pribadi yang lebih berkembang dan kuat. Masalah diciptakan untuk membuatmu lebih tegar dalam menjalani hidup agar siap untuk menyambut hal-hal tak terduga nantinya.

Baca Juga : Biar Lebih Produktif, Ini 5 Kegiatan Positif Saat di Kendaraan Umum 

5. Hiduplah seakan kamu hanya hidup hari ini, stop overthinking

Roda kehidupan akan terus berputar. Tidak selama di bawah dan tidak selamanya pula di atas. Semua akan berlalu. Baik itu kebahagiaan ataupun kesedihan, tidak ada yang kekal selamanya.

Tuhan sudah mengatur segalanya yang terbaik untukmu, hanya tinggal menunggu waktunya datang. Waktu yang tepat agar kamu siap menerimanya dan mengambil hikmah dari semua yang telah terjadi.

Membebani pikiran dengan hal-hal yang terus menerus dipikirkan tidak ada gunanya. Biarkan semua berjalan atas kehendak-Nya dan percaya bahwa semua yang terjadi adalah yang terbaik. Apapun yang sudah berlalu seharusnya menjadi pelajaran untuk ke depannya agar kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Manusia hidup hanya sekali, maka jadilah orang baik dan selalu memandang positif terhadap apapun yang terjadi dalam hidup.

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar