5 Prinsip yang Wajib Ditanam Agar Lebih Bahagia dan Menikmati Hidup

membaca

Hai Sobat ICampus! Dalam hidup ini, menjadi bahagia dan benar-benar menikmati hidup adalah tujuan semua orang. Berbagai hal pun dilakukan demi mencapai hal-hal tersebut misalnya memanjakan diri dengan liburan, mengonsumsi makanan kesukaan, menekuni hobi, dan hal-hal lainnya.

Namun sebenarnya untuk menjadi bahagia dan menikmati hidup, ternyata dimulai dari diri sendiri lho. Tidak perlu menghabiskan uang atau menguras tenaga, cukup dengan beberapa prinsip sederhana yang bisa kamu tanam mulai dari sekarang.

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga : 5 Hal Ini Harus Kamu Pikirkan Sebelum Mengambil Cuti Kuliah

1. Bersyukur atas kondisi dan situasimu saat ini

Terlepas dari baik dan buruknya kondisi serta situasimu saat ini, kamu sepatutnya bersyukur. Sikap sesederhana bersyukur menunjukkan kamu adalah orang yang tahu diri dan menghargai apa yang kamu miliki serta alami.

Daripada kamu mengeluh dan mengatakan hidup ini tak adil, lebih baik kamu bersyukur bukan? Kamu akan jauh lebih menikmati hidup yang kamu jalani saat ini.

2. Hilangkan rasa iri, dengki, dan cemburu pada orang lain

Ketika orang lain mencapai kesuksesan ataupun mempunyai nasib yang lebih beruntung, kamu tak boleh iri, dengki, maupun cemburu apalagi sampai sinis. Daripada menanam benih-benih kebencian, tak ada salahnya turut berbahagia dan bangga atas pencapaian orang lain bukan?

Akan lebih baik lagi jika kamu mengucapkan selamat. Tak hanya menunjukkan kamu lebih dewasa, tapi kamu juga bisa menjadikannya sebagai pacuan atau motivasi agar menjadi lebih baik lagi. Orang lain bisa, kenapa kamu tidak?

3. Selalu lihat sisi baik dan positif dari cobaan yang menerpamu

Dalam hidup, pastinya cobaan akan selalu datang dan menerpamu. Tak bisa dipungkiri, rasanya mungkin berat dan membuatmu ingin menyerah saja. Namun, cobalah untuk melihat segala cobaan yang ada dalam sisi positif dan baik.

Cobaan yang kamu alami bisa saja menjadi ujian untukmu agar bisa naik kelas ke jenjang kedewasaan selanjutnya. Mungkin kamu sedang diuji apakah kuat untuk menghadapi cobaan atau hanya bisa pasrah saja terhadap keadaan.

4. Jangan sia-siakan waktu, gunakanlah dengan bijak dan tepat

Waktu adalah salah satu hal terpenting di hidup kita. Waktu terus berjalan dan tak mengenal yang namanya berhenti. Maka dari itu gunakanlah waktu yang dimiliki sebaik-baiknya. Jangan menunda-nunda, bermalas-malasan, dan mengulur-ulur.

Ingat, waktu takkan berhenti untuk menunggumu sampai kamu siap. Mau tak mau, kamu juga harus ikut berlari bersama waktu. Takkan ada yang namanya sia-sia, kelak kamu pasti akan menikmati hasil dari perjuangan keringat dan lelahmu, percayalah.

Baca Juga : Punya Rencana Kuliah Sambil Kerja? Persiapkan Dulu 8 Bekal Ini 

5. Lakukan apa yang kamu sukai dan cintai, niscaya hidup akan lebih berarti

Last but not least, kamu akan jauh lebih bahagia dan menikmati hidup jika melakukan hal yang kamu cintai dan sukai. Percayalah, tak ada rasa beban ataupun menyiksa yang akan kamu rasakan. Alih-alih melakukan hal yang pura-pura kamu sukai, lebih baik kamu melakukan hal yang benar-benar kamu nikmati setiap detiknya.

Lantas, bagaimana dengan hal-hal yang tidak disukai tapi harus dilakukan karena tuntutan pekerjaan, kontrak, ataupun hal lainnya? Mudah saja sebenarnya. Cobalah untuk perlahan-perlahan menyukainya hingga akhirnya kamu mencintai hal yang kamu lakukan tersebut. Jika jenuh, tanamkan dalam pikiran bahwa hal tersebut tidak berlangsung lama.

Nah, sederhana bukan prinsip-prinsip di atas? Yuk, mulai terapkan supaya kamu lebih bahagia dan menikmati hidup.

Selamat mencoba!

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar