Merasa Jenuh, Ini 5 Alasan Pentingnya Melakukan Self-Reflection

1417473shutterstock-153929321780x390

Hai Sobat ICampus! Self-reflection atau yang dikenal sebagai refleksi diri adalah salah satu cara yang baik ketika dirimu merasa jenuh dengan berbagai aktivitas hingga kamu merasa tidak bersemangat. Self-reflection bisa menjadi titik berhentimu untuk sekadar mengevaluasi apa saja yang telah terjadi dalam hidupmu dan langkah apa yang harus kamu lalukan berikutnya. Lantas seberapa pentingkah melakukan self-reflection dalam hidup? Simak di bawah ini.

Baca Juga : Di Tahun Pertama Kuliah, Lakukan 7 Hal Ini Biar Gak Menyesal! 

1. Membuatmu menyadari apa sebenarnya tujuanmu

Ketika melakukan self-reflection, kita dihadapkan dengan berbagai pemikiran dari aktivitas yang telah kita lakukan. Di sini kita pada akhirnya berintrospeksi dengan kenyataan yang telah kita lakukan. Memilah hal-hal apa saja yang sebaiknya ditinggalkan dan dilanjutkan adalah kunci utama self-reflection. Hingga hasil akhirnya adalah kamu akan menemukan apa tujuanmu sebenarnya.

2. Mencari potensi terbaik dirimu

Potensi kadang menjadi sebuah harta karun yang sulit ditemukan. Perlu proses yang tidak sebentar dan jatuh bangun berkali-kali. Lewat self-reflection, evaluasi yang kamu lakukan terhadap dirimu bisa menjadi jalan untukmu lebih mudah menemukan apa sebenarnya potensi dirimu.

3. Menjadi lebih peduli dan tidak egois

Lewat self-reflection kamu akan sadar bahwa dunia ini tidak disediakan hanya untukmu saja. Masih ada orang lain yang sama denganmu. Lalu dengan refleksi diri kamu akan paham bahwa hidup tidak memerlukan sebuah keegoisan tetapi dunia lebih memerlukan sebuah kepedulian.

4. Bahwa waktu adalah lawan yang tersulit

Seberapapun hebatnya kamu dan seberapa berkuasanya dirimu di dunia ini. Lawan tersulit manusia adalah waktu. Sulit membuat diri ini abadi dengan kebahagiaan dan berbagai kesenangan dunia. Maka dari itu, kamu perlu self-reflection sebagai ajang untuk memahami arti menghargai waktu. Jangan menyia-nyiakan waktu untuk bermalas-malasan. Manfaatkanlah waktumu sebaik mungkin.

Baca Juga : Mau Kuliah S2 di Luar Negeri dengan Beasiswa? Persiapkan 10 Hal Ini! 

5. Kamu akan lebih bersemangat menghadapi kehidupan

Hal terakhir mengapa kamu harus melakukan self-reflection adalah income yang akan kamu dapat terhadap pola pikir dan bagaimana langkah kamu selanjutnya dalam hidup. Melalui self-reflection kamu akan menemukan potensi, evaluasi diri terbaik hingga tujuanmu dalam hidup. Dan akhirnya kamu akan siap dan lebih bersemangat menghadapi semua tantangan hidup.

Dengan self-reflection bukan berarti kamu akan menjadi pribadi yang hebat. Namun dengan self-reflection kamu akan sadar bahwa dirimu tidak akan pernah sempurna dan harus terus belajar dan berkembang.

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar