Catat! 5 Hal Ini Harus Kamu Miliki Saat Beranjak Dewasa

screenshot_4

Hai Sobat ICampus! Saat kita masih kecil, gagasan jadi orang dewasa terdengar menyenangkan. Bagaimana tidak, setelah dewasa kamu tidak perlu lagi pergi sekolah, mengerjakan PR, tidak ada larangan ini itu, dan kamu bisa membeli apa pun dengan uang yang kamu miliki.

Tapi setelah dewasa, kamu pasti sadar di balik longgarnya peraturan jadi orang dewasa itu tidak semenyenangkan seperti yang kita bayangkan. Di balik kebebasan, kamu justru memiliki setumpuk tanggung jawab yang harus dipikul sendiri. Well, jadi orang dewasa memang kadang sulit tapi kamu tetap bisa melewatinya lebih baik jika memiliki 5 hal di bawah ini.

Baca Juga : 5 Alasan Paling Logis Kamu Tak Perlu Takut Gagal, Percayalah! 

1. Beberapa teman sejati yang bisa kamu percaya

Saat masih kecil, berteman dengan banyak orang menjadi hal yang menyenangkan. Hal yang berbeda justru akan kamu rasakan setelah melewati usia 20 tahun. Lambat laun, kamu akan sadar bahwa persahabatan tidak bisa dinilai dari berapa banyak teman yang kamu miliki tapi seberapa erat hubungan persahabatan kalian.

Salah satu alasannya karena kehidupan kamu juga sudah berbeda. Saat dewasa tidak jarang kita mengalami banyak masalah serius, dan untuk menghadapinya yang kamu butuhkan bukanlah ratusan teman melainkan beberapa teman sejati yang bukan hanya memberikan support-nya tapi juga tidak pernah ragu untuk membantumu.

2. Sebuah mimpi untuk dikejar

Saat masih kecil memiliki sebuah impian atau cita-cita adalah sesuatu yang mudah. Tapi setelah dewasa, kamu akan sadar bahwa mengubah mimpi jadi kenyataan tidak semudah seperti saat mengucapkannya. Jangankan memiliki sebuah cita-cita, tidak sedikit orang yang bahkan bingung mau jadi apa setelah mereka dewasa.

Mereka tidak mengenal dirinya sendiri, tidak tahu apa yang ia suka. Kalau kamu mengalami ini, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mencoba banyak hal untuk mengetahui dimana passion kamu dan ingin jadi apa dirimu hari ini, besok, dan puluhan tahun ke depan. Jangan putus asa apalagi sampai menyerah, karena itu hanya akan membuat kamu terpuruk semakin dalam.

3. Pekerjaan

Semakin dewasa kita, kebutuhan kita juga akan makin banyak. Di sisi lain, semakin dewasa kita, semakin besar perasaan malu yang kita rasakan untuk minta uang ke orang tua. Oke, kamu mungkin masih kuliah, dan pendidikan kamu masih merupakan tanggung jawab orang tua.

Tapi tidak ada salahnya di usia 20 tahun kamu bisa mulai mencari pekerjaan sampingan. Mungkin gaji yang diterima tidak besar, dan tidak bisa menutupi biaya kuliah. Tapi paling tidak kamu bisa mencukupi kebutuhan kamu sekaligus meringankan beban orang tua. Kamu bisa mencoba berbagai pekerjaan sampingan, jadi salah satu community writer di IDN TIMES misalnya.

4. Tabungan

Hanya karena kamu masih muda, tidak berarti kamu harus foya-foya dengan semua uang yang kamu miliki. Usia muda justru jadi waktu yang tepat untuk mulai menabung bahkan belajar berinvestasi untuk masa depan.

Hari ini mungkin kamu memiliki banyak pekerjaan dan uang, tapi toh kita juga tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Untuk mengantisipasi ini, kamu wajib mulai menyisihkan uangmu mulai sekarang. Tidak perlu menabung dengan besar, yang penting rutin.

Baca Juga : Kreatif Gunakan Internet, 5 Keuntungan Ini Akan Kamu Rasakan Lho

5. Semangat juang yang tinggi

Bukan cuma sekedar punya mimpi, kamu juga harus punya semangat juang yang tinggi. Ingat kalau hanya bermimpi, memang mudah tapi merubah semuanya jadi kenyataan, nah itu yang susah! Bukan hanya sekedar hambatan, kamu juga akan gagal berkali-kali.

Mereka yang tidak punya semangat akan memilih tumbang di kegagalan pertama. Tapi kalau kamu memiliki semangat, jangankan satu kegagalan, seribu kegagalan pun gak akan sanggup membuat kamu menyerah.

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar