Biar Lebih Produktif, Ini 5 Kegiatan Positif Saat di Kendaraan Umum

listening-music

Hai Sobat ICampus! Saat sedang di kendaraan umum seperti kereta atau bus, kegiatan yang bisa kita lakukan terbatas sehingga seringkali kita menghabiskan waktu hanya dengan berdiam diri saja. Jika kita membutuhkan berjam-jam di kendaraan umum dengan begitu saja, tentu rasanya akan sia-sia karena waktu yang sudah hilang tak bisa kita ambil kembali.

Oleh karena itu, ada baiknya kita mengisi waktu di kendaraan umum dengan lebih produktif dan efisien. Kira-kira kegiatan apa saja sih yang bisa kita lakukan? Berikut adalah ulasannya untuk kamu!

Baca Juga : 7 Masalah di Hari Pertama Kuliah & Cara Mengatasinya

1. Belajar bahasa baru

Siapa bilang belajar bahasa harus selalu duduk di depan meja? Belajar bahasa asing juga bisa dilakukan saat perjalanan dengan kendaraan umum, lho.

Kamu bisa membaca artikel berbahasa asing yang sedang kamu pelajari atau mendengarkan rekaman berbahasa asing untuk melatih kemampuan listening. Bahkan, jika kamu punya teman pulang bareng yang sedang belajar bahasa yang sama, kamu bisa mengajaknya latihan berdialog tapi pastikan tidak mengganggu penumpang lain ya!

2. Menghafal lagu favorit

Salah satu kegiatan favorit saat sedang di kendaraan umum adalah mendengarkam musik. Nah, daripada hanya sekadar mendengarkan musik saja, bagaimana kalau kamu sekalian menghafal lirik lagu tersebut? Hasil menghafal di kendaraan umum ini pasti akan membuatmu makin bersinar saat karaoke bareng teman.

3. Latih otak dengan bermain game

Ada banyak permainan di smartphone yang bisa kamu mainkan saat di kendaraan umum. Biar lebih bermanfaat, cobalah kamu bermain game yang melatih otak untuk berpikir seperti catur, sudoku, dan permainan sejenis lainnya. Permainan ini akan membantumu melatih otak untuk berpikir dan berkreativitas.

4. Perluas wawasan dengan membaca buku

Buku adalah jendela dunia, oleh karena itu membaca berarti membantu kita tahu lebih banyak tentang dunia ini. Kita sangat direkomendasikan lebih sering membaca buku, tetapi bagaimana jika tidak ada waktu luang? Tenang, kamu bisa melakukannya di kendaraan umum sambil menunggu hingga sampai tujuan.

Baca Juga : 5 Mitos dan Fakta Tentang Jurusan Hukum yang Perlu Kamu Tahu 

5. Menulis artikel

Satu lagi aktivitas yang sangat direkomendasikan adalah menulis. Dengan menulis, kita akan terus terpacu untuk belajar hal baru dan meningkatkan skill menulis. Kegiatan menulis juga mampu meningkatkan memilah informasi dan berpikir kritis yang pastinya akan sangat berguna untuk karir ataupun bisnis. Namun, pastikan kamu dalam posisi duduk agar tidak membahayakan diri ya!

Jika kamu bingung mau kemana menyalurkan hobi menulismu, kamu bisa menulis di IDN Times. Kini kamu bisa mendownload aplikasi IDN Times dan menulis dari smartphone, lho. Jadi meskipun sedang terjebak macet, kamu bisa tetap jadi produktif.

Itulah lima kegiatan produktif yang bisa kamu lakukan saat di kendaraan umum. Seperti kata pepatah “sekali dayung dua tiga pulau terlampaui”, jadi manfaatkanlah setiap waktu dengan efisien dan positif. Semoga artikel ini bisa menginspirasimu dan terima kasih sudah membaca.

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar