5 Cara Atasi Masalah Hidup yang Termudah, Kamu Harus Kuat!

pria-yang-miliki-anak-di-usia-muda-lebih-rentan-alami-depresi

Hai Sobat ICampus! Masalah dalam hidup kerap kali datang tanpa diundang dan terjadi secara terus-menerus selama kita masih ada di dunia. Tidak sedikit dari kita yang mengandalkan air mata saat menyelesaikan masalah. Boleh menangis, tapi masih ada banyak cara untuk menyelesaikan suatu masalah. Beberapa di antaranya akan dibahas di bawah ini. Mari disimak!

Baca Juga : 5 Hikmah yang Bisa Diambil dari Hal Buruk yang Telah Menimpamu

1. Ingat kembali apa yang menjadi masalahmu

Masalah apa yang membuatmu sedih dan tidak mood hari ini? Coba ingat-ingat kembali sebelum hal ini benar-benar menyiksamu selama seharian. Tenangkan diri dan pikiran, lalu bertanyalah pada diri sendiri agar kamu segera menemukan jawabannya.

2. Pilah sebab-akibat terjadinya masalah

Setiap masalah dipicu oleh hal-hal tertentu. Cari tahu apa yang memicu masalah tersebut. Gunakan sistem sebab-akibat untuk memudahkanmu dalam proses pencarian. Tentunya, kamu harus fokus dan serius kalau ingin masalahmu cepat terselesaikan.

3. Temukan beberapa solusi terbaik

Setelah menemukan akar penyebab masalah, sekarang saatnya untuk menemukan solusi. Buatkan beberapa solusi lalu ketahui dampak yang akan timbul dari setiap solusi yang diambil. Cara ini akan membantumu untuk meminimalisir dampak negatif dari proses menyelesaikan masalah, sehingga hidupmu bisa lebih tenang.

4. Bila perlu, kamu bisa menyendiri dulu

Mencari solusi dalam situasi yang crowded alias ramai sama saja dengan membuang waktu. Tidak akan ada hasil yang bisa dicapai. Maka dari itu, penting bagimu untuk menyendiri terlebih dahulu. Pergilah ke suatu tempat yang sunyi, tenang, dan minim gangguan. Bila perlu, singkirkan gadget untuk sementara waktu.

Baca Juga : 5 Pengingat Sederhana Pada Diri Sendiri agar Hidup Lebih Bahagia 

5. Libatkan orang-orang kepercayaanmu

Mungkin kamu belum terlalu yakin atas solusi yang kamu buat. Daripada karena nila setitik rusak susu sebelanga, lebih baik libatkan orang-orang kepercayaan untuk menilai apakah solusi tersebut sudah tepat atau belum. Misalnya keluarga atau sahabat. Siapapun orangnya, yang pasti mereka harus bisa bersikap bijak dan dewasa, ya!

Pastikan sebelum menyelesaikan masalah hidup, hati dan pikiranmu dalam kondisi tenang. Dengan demikian, prosesnya pun akan jauh lebih mudah.

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar