5 Manfaat yang Kamu Dapatkan Ketika Berhasil Jujur Pada Diri Sendiri

membaca

Hai Sobat ICampus! Salah satu sifat yang masih sulit dilakukan adalah jujur. Apalagi jika kejujuran itu adalah sebuah kenyataan yang pahit dan sulit diterima. Kebanyakan lebih memilih kebohongan yang terasa lebih aman walaupun jauh dari kebenaran yang sesungguhnya.

Walau terasa menyakitkan, bersikap jujur lebih mulia dibandingkan kebohongan yang terasa nikmat tapi semu. Makanya, penting sekali menghargai nilai kejujuran baik pada orang lain ataupun diri sendiri. Kamu gak akan bisa bahagia jika tidak jujur pada diri sendiri karena selalu diliputi rasa cemas dan takut yang berlebihan. Berikut ini, lima manfaat nyata yang akan kamu rasakan saat bisa jujur pada diri sendiri.

Baca Juga : 4 Hal Penting yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan Selama Ramadan 

1. Berhasil menang melawan rasa takutmu

Jika diibaratkan, kejujuran adalah putih dan kebohongan adalah hitam. Mereka tak bisa dicampur karena keduanya punya arti yang sangat berbeda. Berani jujur pada diri sendiri tandanya kamu berhasil melawan rasa takutmu.

Walaupun kejujuran yang kamu terima begitu menyakitkan, setidaknya kamu menerimanya dengan hati yang lapang. Rasa takut mampu kamu atasi dengan baik. Karena kamu tahu, kebenaran akan selalu menang apapun yang terjadi.

2. Lebih menerima dan mencintai diri sendiri

Ketika berhasil jujur pada diri sendiri, saat itu juga kamu mampu menaklukkan ego. Selamat, kamu jadi lebih mencintai dan menerima diri sendiri. Bukankah hatimu jadi lega saat tak lagi berkamuflase menjadi orang lain? Saat mau menerima kekurangan dirimu, kamu telah berhasil mencintai diri apa adanya. Ke depannya, kamu lebih percaya diri lagi.

3. Berjalan menuju masa depan tanpa dibayangi masa lalu

Lalu, kamu akan berjalan menuju masa depan tanpa dibayangi masa lalu. Kamu telah memaafkan dirimu yang lama dan siap melangkah dengan harapan yang baru. Apa yang terjadi dulu adalah sebuah pembelajaran. Fokusmu sekarang hanyalah menata masa depan dengan perencanaan yang matang dan pasti. Lagi, kamu berhasil berdamai dengan dirimu karena mau jujur.

4. Berhasil mengendalikan diri sendiri

Jujur pada diri sendiri tandanya kamu berhasil mengendalikan dirimu, yakni tidak lagi mengucapkan kebohongan. Karena kamu sadar, saat pertama kali berbohong, kamu akan selalu berbohong sampai seterusnya. Tapi ketika mau jujur pada diri sendiri, kamu berhasil mengendalikan ego, mampu menguasai diri untuk menghargai kejujuran. Arti kejujuran sangatlah bernilai karena tak semua orang bisa melakukannya.

Baca Juga : 5 Pengingat Sederhana Pada Diri Sendiri agar Hidup Lebih Bahagia

5. Berikan dampak yang positif bagi diri sendiri

Jujur pada diri sendiri akan membawa nilai yang positif bagi diri sendiri dan orang lain. Kamu memegang teguh nilai kebenaran karena tak suka berbohong. Lalu, kamu akan hidup apa adanya. Tak lagi memusingkan bagaimana pandangan orang lain atau bisik-bisik mereka di belakang. Hidup menurut standar orang lain itu melelahkan, tapi sejak jujur pada diri sendiri, hati akan lega tanpa menekan perasaanmu lagi dengan kebohongan.

Tak semua orang bisa jujur pada dirinya. Tapi saat kamu mencobanya, kamu telah menang dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar