Jangan Khawatir, 5 Hal Buruk Ini Justru Membuat Kamu Lebih Dewasa

work-for-it

Hai Sobat ICampus! Kita sering mengalami hal buruk dalam hidup yang terkadang membuat kita menyerah dan hampir putus asa. Namun entah seburuk apa pun itu, pasti setiap hal ada hikmahnya. Karena hal buruk justru dapat membuat kita jauh lebih dewasa dan menjadikan kita manusia yang lebih baik lagi. Dan ini dia lima ulasan hal buruk yang justru dapat membuat kamu lebih dewasa.

Baca Juga : Sebelum Lulus Kuliah, Mahasiswa Setidaknya Harus Dapat 6 Hal Ini

1. Kegagalan akan suatu hal memacu kamu agar berusaha lebih keras lagi

Kegagalan memang tidak menyenangkan. Gagal adalah hal buruk yang dapat membuat kita merasa tak berguna. Namun kamu jangan khawatir, kegagalan justru dapat memacu kamu agar berusaha lebih keras lagi. Karena menuju sebuah keberhasilan tentu butuh proses dan perjuangan yang tidak mudah.

2. Ketika mendapat penolakan, berarti kamu harus memperbaiki diri

Ditolak akan suatu hal tentu menimbulkan rasa kecewa. Membuat kita rapuh dan merasa segalanya tidak adil. Misalnya saja ketika kamu mendaftar kuliah, melamar pekerjaan, melamar seorang gadis, atau pun dalam hal lainnya, terkadang suka mendapat penolakan. Meski ditolak dengan baik-baik tetap saja rasa kecewa akan mampir ke dalam hati kita.

Namun hal tersebut jangan dijadikan sebagai alasan untuk putus asa. Jadikan penolakan yang kamu terima sebagai alasan untuk memperbaiki diri ke arah yang lebih baik lagi.

3. Putus cinta adalah hal terbaik untuk belajar merelakan

Apakah kamu pernah putus cinta? Tak peduli siapa yang memutuskan hubungan, tetap saja putus cinta menimbulkan sakit hati. Apalagi jika orang itu sangat kita sayangi, pasti rasanya jauh lebih pahit.

Namun dari hal buruk tersebut kamu bisa lebih dewasa dengan belajar merelakan seseorang yang bukan jodoh kamu. Jika memang jodoh, pasti dia akan menemukan jalan untuk kembali.

4. Ditinggalkan oleh orangtua akan menumbuhkan rasa mandiri

Orangtua adalah teman kita sedari lahir hingga kita beranjak dewasa. Setiap hari bersama dalam satu atap, rasanya pasti akan ada yang kurang jika mereka pergi meninggalkan kita. Ditinggal pergi ke luar kota sebentar saja pasti kangen. Apalagi kalau ditinggal untuk selama-lamanya, pasti akan merasakan kehilangan yang mendalam.

Tapi kamu jangan larut dalam kesedihan dan terlalu khawatir. Karena ditinggalkan oleh orang tua akan menumbuhkan rasa kemandirian dalam diri kamu. Meski pahit tapi tetap ada hikmahnya untuk membuat kamu lebih dewasa.

Baca Juga : 5 Hikmah yang Bisa Diambil dari Hal Buruk yang Telah Menimpamu

5. Penyesalan akan hal yang pernah dilakukan bisa menuntun kamu ke arah yang lebih baik

Terkadang kita keliru dan melakukan sesuatu yang tidak baik. Namun waktu tidak bisa diputar dan yang tersisa hanyalah penyesalan. Tetapi kamu jangan sedih, karena di balik buruknya penyesalan ada hikmah yang bisa kita ambil.

Sebuah penyesalan bisa menuntun kamu ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Karena tidak ingin menyesal untuk kedua kalinya, maka kamu akan berusaha untuk tidak melakukan kesalahan yang sama lagi.

Jadi setiap hal yang tampak buruk sekalipun di dalamnya masih ada kebaikan yang bisa kita petik.

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar