5 Ganjaran yang Diterima Orang Berpuasa, Bikin Semangat!

new

Hai Sobat ICampus! Sebagai manusia kita memang diciptakan sebagai makhluk yang memiliki iman naik dan turun. Dalam menjalankan ibadah puasa pun demikian, banyak dari kita yang semangat melaksanakan ibadah puasanya kian hari kian surut, tidak begitu semangat seperti di awal Ramadan.

Padahal di bulan yang penuh berkah ini sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memperbanyak ibadah dan mencari rahmat Allah SWT. Nah, biar iman gak kendor, yuk kita cari tahu ganjaran apa sih yang akan kita dapat saat ikhlas melaksanakan ibadah puasa.

Baca Juga : Selain Belajar, 5 Hal Ini Pernah Kamu Lakukan Waktu Masa Kuliah Gak?

1. Diampuni dosa-dosa yang telah lalu

Menurut hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim

“Barangsiapa melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dengan keimanan dan penuh pengharapan, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu “

Siapa coba yang tidak gembira dan termotivasi untuk semakin rajin berpuasa setelah mendengar cuplikan hadist tersebut? Sebagai makhluk yang tidak luput dari kesalahan dan juga dosa, sudah sepantasnya kita senantiasa memohon ampunan atas dosa-dosa yang makin hari makin menggunung.

Kita patut bergembira, karena puasa merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan agar Allah SWT mengampuni dosa-dosa yang pernah kita perbuat. Jadi, jalanilah ibadah puasa ini dengan penuh keikhlasan dan juga pengharapan agar dosa-dosa kita diampuni.

2. Bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi daripada aroma minyak kasturi

“ sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah SWT daripada wangi minyak kasturi” (HR Bukhori)

Terdapat faedah luar biasa dibalik hadist tersebut, kenapa? Menurut beberapa sumber, hal ini membuktikan bahwa hal apapun yang berkaitan dengan ibadah puasa, sekecil apapun itu maka akan mendapatkan penghargaan dari Allah SWT.

Tahu sendiri kan bagaimana bau nafas orang yang berpuasa? Nah, hal sekecil ini saja diberikan penghargaan yang luar biasa di sisi Allah SWT. Apalagi hal lain seperti rasa lelah, sabar, ikhlas, dan ibadahnya orang berpuasa.

3. Memberi syafaat di hari akhir kelak

Sama seperti kalau kita rajin membaca Al-Quran, puasa juga merupakan salah satu ibadah yang mampu memberikan kita syafaat di akhirat kelak. Maksudnya, ibadah puasa yang dulunya kita jalani semasa hidup di dunia akan memberikan pembelaan atas dosa-dosa ataupun ibadah lain yang belum sempurna agar kita terhindar dari siksaan api neraka. Siapa sih yang gak mau mendapatkan syafaat seperti ini di akhirat nanti?

4. Masuk surga lewat pintu khusus

Allah SWT telah memberikan kedudukan khusus bagi hambanya yang mau menjalankan perintah untuk berpuasa. Bahkan di surga telah disediakan pintu khusus bernama Arroyan yang dikhususkan untuk hamba yang senantiasa mematuhi perintahnya dengan melaksanakan ibadah puasa dengan baik semasa di dunia.

Nantinya, semua hamba yang menjalankan ibadah puasa akan memasuki surga lewat pintu tersebut. Setelah tahu akan diberi kedudukan yang istimewa seperti ini, masa kita gak makin termotivasi buat rajin berpuasa?

Baca Juga : 5 Tips Hadapi Pertanyaan ‘Horor’ Saat Lebaran Tiba

5. Bertemu dengan Allah SWT

Satu hal besar yang dicita-citakan dan memberikan kegembiraan bagi setiap umat muslim adalah bertemu dengan Sang Pencipta. Untuk hamba Allah yang rajin berpuasa, sudah sepatutnya mereka berbahagia, sebab Allah SWT telah menjanjikan keistimewaan untuk dapat bertemu dengan-Nya.

Itu tadi beberapa pahala besar yang akan didapatkan oleh orang-orang yang berpuasa. Luar biasa sekali ya, ternyata rasa lapar dan dahaga kala menjalani ibadah puasa merupakan sebuah tiket yang bisa membawa kita menuju kemuliaan. Untuk itu, yuk lebih semangat lagi dalam menjalani ibadah puasa ini serta tingkatkan amal baik agar bisa mendapatkan pahala yang lebih besar lagi.

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar