4 Hal Penting yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan Selama Ramadan

menggenggam-tangan

Hai Sobat ICampus! Sebagi bulan yang penuh berkah, bulan Ramadan memang memiliki banyak keutamaan. Bahkan setiap amalan yang dilakukan di bulan ini akan dilipatgandakan.

Tidak hanya itu, bulan Ramadan juga adalah bulan yang penuh dengan ampunan. Allah SWT menjadikan Ramadan waktu yang mustajab untuk setiap doa yang dipanjatkan.

Ada dua hal yang menjadikan Allah SWT ridho kepadamu dan dua hal yang sayang jika kamu lewatkan di bulan ini. Karenanya, jangan sampai kamu tidak berusaha untuk meraihnya.

Apa saja itu? Simak di bawah ini ulasannya.

Baca Juga : 5 Hikmah yang Bisa Diambil dari Hal Buruk yang Telah Menimpamu

1. Berdzikir kepada Allah SWT

Perbanyaklah dzikir dengan berucap lailahaillallah. Berucap bukan hanya sekedar lisan, artinya lidah berucap, pikiran hati dan langkah membenarkan. Jangan berucap sesuatu yang kamu tidak ketahui dan tidak ingin kamu amalkan.

Jadikan momen Ramadan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

2. Mohon ampunan Allah SWT

Tidak ada manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan. Maka, mohon ampunanlah kepada Allah SWT, ingat-ingat apa dosa-dosamu. Jika tidak semua kamu ingat, bermohon ampunilah secara umum.

Sebagai bulan penuh ampunan, ini saat yang tepat untuk bertobat atas semua kesalahan yang pernah dilakukan.

Kedua hal inilah yang menjadikan Allah SWT ridho kepadamu.

3. Meminta surga Allah SWT

Mintalah diberikan rakhmat oleh Allah SWT untuk mendapatkan surga-Nya. Tetapi, permintaan yang diajukan kepada Allah SWT diperlukan usaha dan keterlibatan hamba-Nya. Seperti saat kamu ingin lulus ujian dan memohon agar diluluskan, maka kamu tetap harus belajar sebagai ikhtiar.

Karena itu, untuk mendapatkan rakhmat-Nya kamu perlu menjalankan semua kewajibanmu sebagai muslim dan menjauhkan diri dari larangan Allah SWT.

Baca Juga : 5 Keluhan yang Biasanya Kamu Rasakan Ketika Menulis di Media Online

4. Minta dihindarkan dari neraka

Nabi telah mengajarkan dalam bentuk doa agar dihindarkan dari neraka dan dirahmati masuk surga. Jangan lupa untuk selalu membaca doa ini setiap selesai sholat.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

Selain itu berucap, berbuat, dan berbuatlah yang baik supaya kamu bisa mendapatkan surga-Nya.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan saat Ramadan. Jangan sampai bulan ini berlalu tanpa adanya usaha untuk kamu memperbaiki diri ya! Semangat!

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar