5 Hal yang Bisa Dilakukan Oleh Siswa Lulusan SMK

organisasi

Hai Sobat ICampus! Banyak mereka yang bingung ketika lulus SMK, jika kamu salah satunya, mungkin artikel ini pas untuk buka pikiran kamu.

Mungkin aja kamu salah jurusan sejak awal? Atau mungkin jurusannya kamu suka tapi sejatinya bukan yang menjadi passion kamu? Santai, bukan kamu aja yang seperti itu. Menurut saya, pendidikan di SMK bukanlah hanya sekedar jurusan. Pendidikan di SMK lebih dari itu. Kedisiplinan, kepemimpinan, keberanian, tanggung jawab dan solidaritas merupakan hal yang diutamakannya. Selain itu, keagamaan dan tingkah laku pun jadi sorotan.

Tenang, kamu punya modal kok sebagai lulusan SMK untuk menghadapi bukan dunia sekolah, 5 hal ini bisa kamu lakukan.

Baca Juga : 5 Alasan Dengarkan Musik dapat Membantumu Berpikir Kreatif 

1. Langsung bekerja full-time di perusahaan maupun instansi

Tidak sedikit perusahaan yang membuka lowongan kerja kepada siswa/siswi lulusan SMK. Pertanyaannya, apa yang mereka cari dari siswa SMK? Ternyata, menurut riset, semangat anak menggebu-gebu setelah mereka lulus, anak akan berusaha mengejar mimpi-mimpi mereka, tidak ada lagi tugas yang melelahkan dari guru, sebaliknya merekalah yang ingin dibayar jika selesai mengerjakan tugas. Itulah yang dicari oleh perusahaan.

Biasanya SMK bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan terkait jurusan yang ada di sekolah itu. Kamu bisa mencoba untuk mencari lowongan kerja di sekolahmu. Bertanyalah kepada guru yang bersangkutan dan ajak temanmu supaya kamu gak sendirian.

2. Jangan terlalu mengejar mimpi, jadilah apa adanya.

Mimpi membuat seseorang berangan-angan. Tidak semua orang Allah izinkan mimpinya menjadi kenyataan. Terkadang kamu harus menunda mimpi kamu karena alasan finansial yang kamu butuhkan. Cukup menjadi diri kamu yang apa adanya, syukuri, jalani, nanti juga rezeki datang sendiri.

Bintang-bintang mungkin akan menangkapmu saat kamu jatuh, tapi tidak semua bintang disana cocok dengan hatimu saat mimpimu tidak tercapai.

3. Mengembangkan basic skills yang sudah dikuasai

Apa itu pemrograman? pemasaran? casting? arsitektur? Coba buka lagi pelajaran kelas 10 dahulu, ingat-ingat lagi dan perdalam gerbang ilmu yang sudah dibuka oleh guru. Lanjutkan jika kamu melihat celah keyakinan diri dalam basic di kompetensimu saat SMK, tetapi jika kamu tidak menyukainya, kamu bisa skip poin ini dan lanjut ke poin selanjutnya.

4. Berani bekerja dengan pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan kamu, ilmu gak berat dibawa kok

Mental anak SMK sudah terlatih, gak apa-apa kalo kamu kerja tapi gak sesuai dengan jurusan kamu. Jangan jadi orang yang gengsian, kalo itu adalah yang kamu suka atau kamu butuhkan, maka lakukanlah. Jangan mengambil komentar orang, tapi ambil gaji mereka dengan kemudahanmu dalam menerima pekerjaan.

Baca Juga : 7 Cara Ampuh Lanjut Kuliah S2 Tanpa Membobol Tabungan Orangtua!

5. Melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, jangan mau kalah sama anak SMA

Kamu bisa bersaing dalam bidang akademik, memang butuh waktu untuk mengejar materi, tapi jika kamu benar-benar yakin, itu akan menghancurkan dinding penghalang anak SMK untuk masuk ke jenjang perkuliahan. Soal seleksi ujian masuk ke perguruan tinggi memang menggunakan soal standar SMA, tapi santai, sudah banyak buku yang berisi ringkasan materi dan soal-soal seputar seleksi ujian masuk perguruan tinggi yang bisa dimengerti oleh anak lulusan SMK.

Jadi, lulusan SMK itu relasinya banyak, tips ini gak akan berguna kalo kamu diem aja. Semua juga butuh effort butuh usaha. Kan ada rumusnya,

s (waktu) = W (usaha) / F (gaya)

Keterangan : Waktu yang terbuang tergantung usaha meraih materi dibagi banyaknya gaya hidup yang dikeluarkan.

So, untuk memaksimalkan penggunaan waktu hidupmu, banyakin usaha, kurangin gaya. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar