5 Pelajaran Hidup dari Puasa di Bulan Ramadan

jo-npr-04b9b7f708f4e82ef95003033acc5276_850x350

Hai Sobat ICampus! Puasa di bulan Ramadan merupakan waktu yang sangat dinantikan semua umat Islam. Hal ini dikarenakan sepanjang bulan Ramadan menjadi bulan penuh berkah dan bertabur pahala atas setiap kebaikan yang kita lakukan. Memang benar secara harafiah berpuasa dilakukan dengan cara menahan lapar dan haus. Namun sebenarnya kebaikan puasa Ramadan bukan hanya itu.

Lebih dari sekadar menahan lapar dan haus, ada banyak nilai-nilai kebaikan yang dapat kita pelajari selama menjalankan ibadah puasa. Berikut beberapa pelajaran hidup yang kita peroleh dari puasa Ramadan.

Baca Juga : Biar Tetap Fokus, Simak 5 Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

1. Kedisiplinan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari

Berbuka dan makan sahur merupakan rutinitas yang kita lakukan di bulan Ramadan. Tanpa kita sadari, ketepatan waktu menjadi inti kedua hal ini. Bukan hanya itu, saat Ramadan kita cenderung menjalankan sholat tepat waktu.

Ketika terbiasa menjalankan rutinitas ini setiap hari, secara tidak langsung kita melatih tubuh dan pikiran untuk lebih disiplin. Berbekal kedisiplinan saat Ramadan, diharapkan tetap dijalankan juga setelah Ramadan berakhir.

2. Belajar mengendalikan diri

Lapar dan haus menjadi hal yang lumrah untuk ditahan sepanjang puasa Ramadan. Akan tetapi, puasa tidak hanya tentang menahan kedua hal ini. Alih-alih menahan keinginan makan dan minum, kita juga harus belajar mengendalikan diri.

 Seolah kesabaran sedang diuji, kecenderungan cepat tersulut emosi memang akan jadi lebih besar saat kita lapar karena berpuasa. Namun, emosi dalam diri harus benar-benar mampu dikendalikan agar ibadah puasa kita lebih sempurna.

3. Belajar saling menghargai

Meski Ramadan datang, tidak semua orang menjalankan ibadah puasa. Selain karena perbedaan keyakinan, orang Muslim pun juga ada yang tidak bisa menjalankan puasa, seperti karena sakit atau berhalangan bagi wanita. Di sinilah kesempatan yang baik bagi kita untuk lebih menghargai setiap alasan yang ada. Sebab, berpuasa adalah ibadah rahasia kita dengan Tuhan, maka apa pun yang melatarbelakangi alasan tersebut biarkan dia dan Tuhan saja yang tahu.

4. Membiasakan diri untuk berbagi

Seringkali saat Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk lebih banyak berbagi. Entah itu berbagi kebaikan lewat makanan ataupun bersedekah di beberapa tempat tertentu, setiap kebaikan ini akan melatih kepekaan sosial kita. Seolah level empati kita dapat meningkat tajam, kebaikan yang ditebar saat Ramadan akan semakin melatih kita untuk terbiasa berbagi dengan orang lain.

Baca Juga : 6 Cara Meningkatkan Kualitas Diri dan Mencapai Tujuan Hidup

5. Belajar mensyukuri semua yang dimiliki

Inti dari puasa adalah mengajarkan tentang rasa syukur. Bahwa di dunia ini tidak semua orang mampu menikmati makanan setiap hari. Lewat berpuasa, kita diajarkan untuk ikut merasakan kekurangan yang sebagian orang alami. Dengan begitu, kita akan lebih bersyukur atas nikmat yang sudah dimiliki selama ini. Semakin besar kemampuan kita untuk bersyukur, akan semakin besar pula nikmat dan kebahagiaan dalam menjalani kehidupan.

Nah, itu tadi beberapa pelajaran hidup yang kita peroleh selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Semoga kita semua mendapatkan hikmah dan nikmat puasa Ramadan ini.

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar