5 Alasan Dengarkan Musik dapat Membantumu Berpikir Kreatif

listening-music

Hai Sobat ICampus! Hampir semua orang menyukai musik, sesuai dengan genre kesukaannya masing-masing. Kegiatan mendengarkan musik pun hampir setiap hari kita lihat atau bahkan kita lakukan.

Tidak hanya untuk dinikmati saja, ternyata dengan mendengarkan musik juga dapat membantu kita berpikir lebih kreatif. Mau tahu alasannya? Yuk simak lima alasannya!

Baca Juga : Simak 5 Tips Ini Jika Kamu Baru Pertama Kali Puasa di Perantauan 

1. Memberi inspirasi

Semua lagu memiliki makna tersendiri. Baik dari melodi, irama, suara instrumen musiknya dan yang paling utama lirik lagunya, menggambarkan suasana atau perasaan dari musik itu sendiri. Setiap elemen musik tersebut dapat memberikan inspirasi, seperti untuk menciptakan sebuah lagu, tarian, cerita atau puisi bahkan juga film.

2. Meningkatkan kemampuan imajinasi

Saat mendengarkan lagu yang sesuai dengan perasaan yang sedang kamu rasakan, kamu akan merasa bahwa tokoh utama dalam lagu tersebut adalah dirimu. Lalu kamu akan mulai membayangkan kejadian dan cerita yang dapat terjadi padamu melalui lagu tersebut. Dari sini kamu bisa mengembangkan imajinasi kamu lho.

3. Memberikan semangat baru

Saat mendengarkan musik yang ceria akan membuat perasaanmu juga ikut ceria. Ditambah dengan lirik lagu yang menggambarkan rasa semangat. Dengan begitu kamu akan lebih bersemangat untuk mencari ide-ide kreatif. Kamu juga akan semakin bersemangat untuk melakukan sesuatu, tentunya untuk mewujudkan ide-ide kreatifmu.

4. Memperkuat daya ingat

Melodi serta irama musik yang kamu dengarkan biasanya akan sangat mudah ditangkap oleh otak. Dan tanpa sadar hal inilah yang membuat daya ingat kamu semakin kuat. Bahkan beberapa orang lebih senang belajar sambil mendengarkan musik, untuk membantu mereka dalam mengingat isi pelajaran. Atau ada juga yang belajar sambil menyanyikan materi pelajarannya.

Baca Juga : 6 Cara Meningkatkan Kualitas Diri dan Mencapai Tujuan Hidup 

5. Menambah pembendaharaan bahasa dan kata

Cobalah dengarkan lagu berbahasa asing, dan kamu pun dapat mempelajari bahasa baru melalui lagu tersebut. Tak hanya itu, kamu dapat menambah kata-kata baru dalam perbendaharaan katamu. Karena terkadang terdapat beberapa lagu yang memiliki lirik dengan diksi yang tidak biasa. Hal ini dapat membantu kamu lebih kreatif dalam menulis lho.

Walaupun begitu, mendengarkan musik juga ada batasannya. Di antaranya jangan mendengarkannya dengan volume yang terlalu kencang. Dan juga ingat waktu ya, jangan terlalu lama mendengarkan musik apalagi jika kamu memakai headphone atau earphone.

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar