Tetap Semangat, Terapkan 5 Tips Ini Agar Tak Mudah Lelah Saat Puasa!

membaca

Hai Sobat ICampus! Saat berpuasa terkadang tubuh memang terasa mudah lelah. Apalagi bila aktivitas tetap padat sehari-hari. Oleh sebab itu aktivitas saat bulan puasa dan hari biasa harus dibedakan karena saat berpuasa energi cenderung sedikit.

Tetaplah semangat, lakukan 5 tips di bawah ini saat puasa agar tetap energik dan tak cepat lelah!

Baca Juga : Ngabuburit Sambil Nulis? Ini 7 Manfaat Positif Bagi Kehidupanmu 

1. Konsumsi karbohidrat yang kompleks

Saat sahur lebih baik konsumsi karbohidrat kompleks agar saat siang hari kamu tak mudah kelelahan. Hal ini dikarenakan karbohidrat kompleks memiliki energi yang lebih banyak daripada karbohidrat biasa oleh sebab itu agar tak mudah lelah ada baiknya saat sahur konsumsi karbohidrat kompleks.

Lebih baik hindari makanan yang mengandung lemak jenuh juga seperti gorengan agar puasa tak mudah lelah.

2. Tidur teratur

Salah satu penyebab puasa mudah lelah bisa saja karena kurangnya tidur atau waktu tidur tidak teratur. Saat puasa waktu tidur memang cenderung menjadi lebih sedikit namun bukan berarti kamu tak bisa istirahat.

Usahakan tetap tidur secara cukup dan teratur saat puasa agar tubuh tetap bisa beraktivitas tanpa lemas dan mudah lelah apalagi aktivitas sehari-hari sangatlah padat.

3. Saat sahur konsumsi madu

Madu merupakan gula tak jenuh atau fruktosa. Dalam madu tersimpan energi yang bisa menguatkan saat kamu berpuasa. Oleh sebab itu lebih baik konsumsi madu saat sahur agar siang hari kamu tak lemas dan mudah lelah karena adanya energi lebih dari madu yang kamu konsumsi saat sahur.

Selain itu, madu pun mempunyai banyak manfaat seperti meningkatkan daya tahan tubuh agar tak mudah sakit. Nah oleh sebab itu jangan lupa untuk konsumsi madu setiap hari ya!

4. Banyak minum air putih saat berbuka dan sahur

Karena kurang konsumsi air putih pun bisa saja membuat tubuh menjadi mudah lelah. Oleh sebab itu saat buka puasa dan sahur minumlah air putih yang banyak agar saat siang hari kita tetap semangat dan tak mudah lelah dalam berpuasa. Apalagi bila cuaca sedang panas, otomatis kita harus rajin minum air putih saat berbuka dan sahur sebagai cadangan air di saat kita puasa.

Baca Juga : Simak 5 Tips Ini Jika Kamu Baru Pertama Kali Puasa di Perantauan

5. Jangan beraktivitas di bawah matahari langsung

Saat berpuasa hindari sebisa mungkin beraktivitas di bawah sinar matahari langsung. Hal ini karena cahaya matahari akan membuat kita berkeringat dan mudah lelah pada akhirnya karena banyak cairan yang keluar akibat panasnya cahaya matahari.

Oleh sebab itu sebaiknya tidak beraktivitas di bawah sinar matahari langsung agar kamu tak mudah lelah dan puasa bisa dijalani dengan baik.

Yuk terapkan!

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar