Buat Mahasiswa Baru, 5 Hal Ini Perlu Kamu Sadari sebelum Mulai Kuliah

img_3558-web-ppa

Hai Sobat ICampus! Memasuki dunia perkuliahan, pasti pada excited kan? Selain semangat menggebu-gebu, pasti juga muncul sedikit rasa khawatir karena akan berada di dunia baru dengan sedikit perbedaan dari sebelumnya.

Gak usah was-was guys, ada beberapa persiapan nih yang perlu dilakukan demi bisa beradaptasi dengan cepat di bangku kuliah.

Salah satunya adalah persiapan mental. Lima poin berikut ini perlu kamu tanamkan dalam benakmu agar gak kaget waktu berkuliah nanti.

Baca Juga : 4 Cara Simpel Menghadapi Homesick untuk Mahasiswa Rantau 

1. Kuliah bukan lagi seperti masa SMA di mana segalanya diatur oleh guru, seperti jadwal, kelompok, tugas, dan lainnya

Saat SMA, kamu yang terbiasa bersantai dan begitu masuk sekolah hanya pusing memikirkan rebutan kursi, sekarang di kampus kamu harus mengurus segalanya sendiri. Mulai dari pembayaran, jadwal, dosen yang dipilih, teman sekelas yang diinginkan, dan lainnya. Sehingga, kamu akan diarahkan untuk gak lagi menjadi manja dan terima jadi. Gak usah dipikirin sampe pusing, lama kelamaan kamu akan terbiasa kok.

2. Memilih teman itu perlu, karena gak semua orang mengarahkan kita pada kebaikan

Sejak SMA kita juga pasti sudah tau bahwa teman bisa mengarahkan kita pada hal yang gak baik. Nah, di bangku kuliah, cakupan temanmu akan semakin luas. Kamu akan berkenalan gak cuma dengan teman sekelas, tapi ada kemungkinan juga dengan seluruh anak di kampus tersebut.

Ini nih waktu yang tepat bagimu untuk memilih teman yang bisa mengarahkanmu menuju orang yang lebih baik.

3. Mulailah temukan passionmu dengan gak takut mencoba banyak hal baru yang bermanfaat

Menjadi mahasiswa juga merupakan momen yang tepat untuk mencoba berbagai kegiatan dan bergabung dengan komunitas yang memberi manfaat. Dari kegiatan itu, kamu akan punya banyak pengalaman dan teman-teman yang bisa semakin mengarahkanmu kepada passionmu yang sesungguhnya. Gak ada salahnya untuk mencoba kok, selama gak bersifat merusak ya.

Baca Juga : 4 Ritual Pagi yang Bikin Harimu Makin Aktif dan Produktif

4. Bersenang-senang itu boleh, tapi jangan lupa dengan kewajiban

Menghabiskan waktu dengan teman-teman, hang out , nongkrong, dan lainnya memang merupakan aktivitas khas para mahasiswa. Belum adanya tuntutan untuk menghasilkan uang membuat sebagian mahasiswa memang suka membuang waktu dengan kegiatan bersenang-senang seperti ini. Gak salah sih, tapi jangan sampai lupa dengan kewajiban untuk menyelesaikan kuliah dengan baik ya.

5. Intinya, menjadi mahasiswa adalah juga momen yang tepat untuk belajar soal tanggung jawab

Meski tidak ada aturan tertulis, namun menjadi mahasiswa adalah pembelajaran kehidupan soal tanggung jawab. Baik tanggung jawab terhadap diri sendiri, terhadap pilihan untuk berkuliah yang sedang diambil, dan juga lainnya. Jadi, harus lebih pandai menjaga sikap dan memilih lingkungan pertemanan ya.

Selamat datang di dunia baru yang penuh tantangan buat kamu para mahasiswa baru. Salam sukses.

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar