Ngabuburit Sambil Nulis? Ini 7 Manfaat Positif Bagi Kehidupanmu

person-reading-on-ipad

Hai Sobat ICampus! Saat Ramadan, kamu pasti sering mendengar istilah ‘ngabuburit’ yang diucapkan beberapa teman kamu di lingkungan tertentu. Istilah ‘ngabuburit’ sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Sunda yang artinya menunggu waktu berbuka dengan melakukan kegiatan santai sebagai perintang waktu. Tak mesti dengan bersantai ria, menghabiskan waktu ngabuburit dengan menulis juga merupakan pilihan tepat yang bisa dilakukan generasi millennial.

Beberapa manfaat positif di bawah ini mungkin bisa kamu jadikan alasan agar tetap giat menulis saat menunggu waktu buka puasa tiba, simak ya?

Baca Juga : 6 Cara Meningkatkan Kualitas Diri dan Mencapai Tujuan Hidup

1. Tulisanmu akan bermanfaat bagi banyak orang

Tentu saja, tulisan-tulisan yang kamu buat mengenai hal-hal positif yang berkaitan dengan bulan puasa akan bermanfaat bagi banyak orang. Lawan gempuran berita-berita hoax dan kebencian dengan tulisan positif yang menginspirasi agar mendatangkan kemaslahatan bagi umat. Sebaik-baik tulisan adalah tulisan yang bisa menggugah banyak orang untuk terus melakukan kebaikan dan hal-hal positif dalam kehidupan.

2. Konsentrasi kamu terhadap suatu hal akan semakin kuat

Ketika menulis saat ngabuburit, maka konsentrasi kamu kepada tema tulisan akan lebih terfokus dan terjaga. Karena pikiran kamu lebih terfokus, maka sudah pasti kamu akan terhindar dari obrolan-obrolan tak bermutu yang menjurus ke ghibah. Dengan menulis, pikiran kamu akan tetap tertuju pada hal-hal positif yang bisa memberikan pesan kebaikan bagi banyak orang.

3. Lebih peka terhadap isu-isu sosial yang terjadi di masyarakat

Karena segala kebaikan dilipat gandakan saat bulan Ramadan, maka segala perbuatan positif yang kamu lakukan juga akan bernilai ibadah, termasuk menulis. Berkaitan dengan amalan dan nilai-nilai kebaikan dalam Ramadan, pikiran kamu akan lebih peka terhadap isu-isu sosial di masyarakat yang bisa dijadikan tema tulisan. Kamu bisa menulis tentang manfaat sedekah, kegunaan menyantuni anak yatim, berbuat baik kepada kaum dhuafa, dan tema-tema lainnya.

4. Kamu akan semakin produktif menghasilkan karya

Mungkin semua orang sudah tahu, puasa bukan menjadi alasan seseorang untuk terus berkegiatan, terutama menulis. Justru dengan berpuasa, kamu bisa lebih produktif menghasilkan karya terbaik dengan tujuan untuk menebar kebaikan dan pesan positif. Jadi, jangan biarkan waktu terlewat sedetik pun tanpa melakukan kegiatan apa-apa ya?

5. Kamu selalu mengambil sisi positif dari berita sehari-hari

Meski kamu sering mendengar berita-berita yang kurang enak didengar di media, kamu selalu bisa mengambil sisi positif darinya. Kamu bisa menuliskan tema tersebut dari sudut pandang yang memberikan nilai moral dan pesan kebaikan. Ingat, akan ada selalu hikmah dari setiap kejadian buruk apapun yang terjadi di dunia.

6. Nilai pahala kebaikanmu tak terputus selama masih banyak orang yang membaca tulisanmu

Selama tulisan kamu dibaca banyak orang, maka kebaikan atas nilai-nilai positif dalam tulisanmu tentu saja akan tetap bernilai pahala hingga waktu yang tak terbatas. Bahkan ketika kamu hanya tinggal nama sekalipun, nilai pahala akan terus-terusan kamu dapat. Kamu tentu tidak ingin hidup tanpa amalan dan pahala selama di dunia bukan?

Baca Juga : 5 Manfaat Membaca Frasa bagi Diri Sendiri yang Gak Pernah Kamu Duga 

7. Honor dari menulis bisa kamu gunakan untuk sedekah dan keperluan lebaran

Meski bukan menjadi tujuan utama, menulis di beberapa platform media daring tentu saja akan menghasilkan pundi-pundi rupiah yang cukup lumayan. Kamu bisa menggunakan honor tersebut untuk bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan. Bahkan, kamu bisa membelanjakan honor menulis untuk keperluan Lebaran dan membagikan angpao kepada keponakan-keponakanmu. Kamu tentu bangga kan bisa memberikan angpao dari hasil menulis selama ngabuburit di bulan puasa?

Daripada membuang waktu percuma saat ngabuburit, mendingan menulis yuk di samping melakukan ibadah-ibadah yang langsung berhubungan dengan Tuhan kan?

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar