Biar Tetap Fokus, Simak 5 Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

1747384thinkstockphotos-495923566780x390

Hai Sobat ICampus! Menjalani puasa harus dilakukan dengan perubahan pola hidup yang benar. Selain asupan gizi yang cukup, kamu juga perlu jaga kesehatan tubuh. Tidur yang cukup diperlukan agar kamu tetap bugar dan sehat saat berpuasa.

Biasanya saat berpuasa jam tidurmu menjadi berkurang. Kamu harus bangun ketika sahur karena ini sangat dianjurkan. Jepang negara dengan harapan hidup terpanjang memiliki kebiasaan tidur siang untuk karyawannya yang dinamakan inemuri. Kebiasaan tidur di tempat kerja di sana sangat lazim karena manfaatnya untuk mengembalikan fokus.

Tidur siang baik untuk mengistirahatkan tubuhmu agar tidak lemas. Meluangkan waktu walau hanya 30 menit untuk tidur siang akan memberikan manfaat untukmu. Apa saja manfaat yang kamu dapatkan saat tidur siang? Simak, yuk!

Baca Juga : 5 Tips Jitu Menjauhi Diri dari Perilaku Buruk Selama Bulan Puasa 

1. Mengembalikan konsentrasi saat lelah

Saat kita berpuasa membutuhkan istirahat untuk tubuh agar tidak kelelahan. Tidur siang meskipun hanya sebentar akan memulihkan konsentrasi pada pikiran. Apalagi untuk karyawan yang sedang bekerja saat puasa.

Kamu bisa menyiasati ini dengan menggunakan jatah waktu makan siangmu untuk tidur siang sejenak. Tidur siang tak perlu lama, hanya butuh beberapa saat agar otak bisa istirahat sehingga memulihkan konsentrasi dan mengatasi kelelahan saat berpuasa.

2. Membantu tubuh kembali segar

Saat kekurangan cairan, asupan nutrisi ke otak akan menyesuaikan diri dengan kekuatan tubuh. Sesekali tubuh perlu diistirahatkan agar bisa segar kembali. Meluangkan waktu sebentar untuk tidur siang akan mengembalikan kesegaran tubuhmu.

Jangan terlalu lama tidur karena justru akan membuat tubuh lemas. Untuk kamu yang harus bekerja, beri waktu maksimal satu jam saja sudah cukup memberikan tubuhmu istirahat agar lebih segar.

3. Menghilangkan stres dan jenuh

Kejenuhan dan stres dapat diatasi dengan manfaat tidur siang. Aktivitas kantor yang padat memenuhi beban otakmu. Apalagi jika menjalaninya saat puasa. Berikan kesempatan otak untuk lebih rileks dengan tidur siang. Tidur siang menghilangkan kejenuhan akibat tugas yang menumpuk. Tapi ingat, jangan terlalu lama karena kamu memiliki tanggung jawab untuk mengerjakan semua tugas kantormu.

4. Membuat kinerja otak semakin baik

Otak yang bekerja terus menerus membutuhkan asupan energi yang cukup. Saat puasa kamu menahan dari lapar dan haus sehingga energimu berkurang. Tidur siang dapat memperbaiki kinerja otak agar dapat mengistirahatkan dari beban pikiran yang menempel. Setelah bangun, kondisi tubuhmu akan lebih bugar kembali dan siap untuk bekerja kembali.

Baca Juga : 5 Tips Ampuh Biar Gak Nervous Saat Presentasi di Kelas

5. Meningkatkan produktivitas dan kreativitas

Penelitian otak manusia yang dilakukan di University College London membuktikan bahwa manusia hanya melakukan tidur saat malam sejak revolusi industri, ini membuat kreativitas menurun. Tidur siang selama 30 – 90 menit akan membuat seorang karyawan lebih kreatif. Perusahaan harus mempertimbangkan manfaat tidur siang ini karena dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas para karyawan.

Manfaat ini diperlukan sekali untuk kamu yang membutuhkan tidur siang saat puasa. Biar tetap fokus, luangkan waktu makan siang untuk sekedar tidur. Waktu untuk tidur siang yang baik dibutuhkan 30 – 90 menit.

Namun tetap kondisikan dengan kewajiban tugasmu sehari-hari dan tidak boleh tidur terlalu lama. Selamat melaksanakan ibadah puasa dengan lancar dan sehat,ya.

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar