6 Cara Meningkatkan Kualitas Diri dan Mencapai Tujuan Hidup

malcolm_forbes

Hai Sobat ICampus! Seseorang yang hebat pasti akan mencoba untuk terus meningkatkan kualitas dan perkembangan pribadi. Meskipun sudah berada di puncak karir, orang yang sukses tidak akan berpuas diri dengan mudah. Mereka akan terus menjalani pekerjaannya dengan konsisten dan semangat. Jadi, apa artinya peningkatan kulitas diri? Ini adalah proses perkembangan psikologis, fisik, sosial dan spiritual seumur hidup dimana seseorang mengembangkan pembelajaran di bidang yang mereka sukai.

Dan dengan terus tumbuh dan belajar, seseorang akan memiliki kualitas yang hebat dalam hidup dan kepribadiannya. Namun, mengambil langkah pertama untuk memulai sesuatu memang sebuah bagian tersulit dalam hal iini, tetapi bertahan adalah hal yang lebih sulit. Nah, berikut adalah 6 tips bagi kalian untuk tetap konsisten dan mengembangkan kualitas diri menjadi lebih baik. Yuk simak!

Baca Juga : 4 Cara Simpel Menghadapi Homesick untuk Mahasiswa Rantau 

1. Mulailah mengembangkan suatu skill atau usaha dari apa yang kamu sukai

Untuk memulai meningkatkan kualitas diri, pikirkanlah minat dan passion yang selama ini ingin kamu kembangkan. Cobalah untuk mengingat suatu bidang apa yang kamu sukai dari dulu hingga kini. Jika kamu masih tidak tahu apa passionmu, pikirkanlah apa yang memicu kebahagiaan dalam hidupmu hingga menyita banyak waktumu tanpa kamu sadari? Dari hal yang kamu sukai inilah semua akan mudah karena kamu berproses dengan hati dan tentu akan termotivasi untuk mengembangkan diri lebih.

2. Pribadi yang berkualitas bukan berarti harus menjadi perfeksionis

Tentu saja, menjadi perfeksionis bukanlah hal buruk, tetapi jika kamu melakukannya secara berlebihan mungkin ini akan merugikan dirimu sendiri. Karena kamu akan terganggu oleh upaya untuk jadi sempurna hingga kamu tidak mentoleril lagi sedikit kesalahan. Padahal, dalam setiap proses hidup, kesalahan adalah hal wajar.

Lebih baik alihkanlah fokusmu pada kemajuan yang telah kamu lakukan daripada memikirkan kesalahan lalu. Mencoba menerima kesalahan dan bersedia belajar dari itu merupakan inti dari perkembangan diri menjadi pribadi yang lebih menghargai proses.

3. Konsisten adalah kunci dari segalanya

Kekuatan dari habit dan konsistensi adalah hal yang tak terbantahkan efeknya. Maka dari itu, investasikanlah waktumu dalam pengembangan diri setiap hari dengan konsisten. Jangan pernah menjadi moody dalam mencapai tujuan, karena proses yang setengah-setengah tak akan menghasilkan apa-apa.

Dengan cara inilah kamu bisa meningkatkan kekuatanmu dan mengalahkan rasa malas. Tentu , apapun tujuanmu,  kamu dapat mencapai tingkat kesuksesan yang sangat besar hanya dimulai dari konsisten saja.

4. Buatlah goal planningmu dengan tak segan belajar dari berbagai buku

Pertumbuhan dan perkembangan diri adalah perjalanan seumur hidup, tentu dalam proses dan mencapai tujuan, semua orang ingin membuat rencananya tertata dengan baik. Namun, satu hal pasti bahwa apapun tujuan dan skill yang kamu tekuni sekarang, buatlah strategi untuk memperkuat pengetahuanmu akan itu dan jangan pernah menyepelakan kekuatan sebuah buku.

Mulailah menata cara yang harus kamu siapkan untuk bisa memperdalam ilmu dan skill yang ingin kamu kembangkan. Karena pada dasarnya, belajar adalah proses seumur hidup yang tidak akan pernah cukup.

Baca Juga : Ini 5 Keuntungan yang Akan Kamu Dapatkan Jika Terbiasa Menulis 

5. Dapatkan dukungan sosial yang positif dan hindari toxic friends di lingkungan sosialmu

Orang-orang di sekitar kita memainkan peran besar dalam perjalanan kita untuk mencapai pertumbuhan diri, baik pengaruh secara sikap dan emosi. Orang-orang yang memberikan energi positif dapat menjadikan kita secara emosional semakin yakin akan semua tujuan kita.

Sebaliknya, jika kamu dikelilingi oleh orang yang pesimis dan tukang ngeluh, tentu kita akan terbawa menjadi pesimis menghadapi suatu masalah. Intinya, kelilingilah dirimu dengan orang-orang yang sukses dan bersemangat dan hindari toxic friends yang mengganggu mimpimu.

6. Jangan terlalu keras pada diri sendiri, sekali-kali berilah dirimu ‘reward’ untuk sebuah pencapaian sederhana

Saat kamu dalam upaya untuk pertumbuhan diri, jangan lupa untuk merayakan kemenangan kecil dengan memperlakukan diri sendiri dengan baik. Simple saja, berilah rewards pada dirimu sendiri dengan melakukan sesuatu yang kamu inginkan saat berhasil mencapai goal-goal kecil sekalipun.

Penghargaan diri ini tentu dapat mempengaruhi emosi kita menjadi lebih bahagia. Pada dasarnya merasa untuk selalu bangga pada diri sendiri dalam berproses adalah hal kecil yang akan mempengaruhi emosi diri menjadi stabil dan kembali positif.

Melakukan pertumbuhan dan perkembangan diri dapat menjadi salah satu hal paling penting yang semua orang jalani dalam hidup. Maka dari itu, terapkanlah trik-trik sederhana seperti menjalani passion, menetapkan tujuan, membuat rencana, konsisten dan lain sebagainya untuk mencapai pengembangan diri demi tujuan yang berhasil di masa depan.

 

Komentar