5 Manfaat Membaca Frasa bagi Diri Sendiri yang Gak Pernah Kamu Duga

reading

Hai Sobat ICampus! Dalam kehidupan sehari-hari tentulah kita tidak akan terlepas dari membaca. Karena membaca merupakan jendela ilmu. Dengan membaca kita bisa mengetahui dunia luar. Kita dapat membuktikan kepada diri sendiri betapa pentingnya membaca frasa dengan memperhatikan pola pidato atau pembicaraan seseorang yang muda diikuti. Fungsi membaca frasa akan lebih luas lagi jika diterapkan untuk membaca di dalam hati.

Membaca frasa sendiri berarti membaca satan-satuan frasa atau membaca ide-ide frasa dalam bacaan. Membaca frasa adalah kunci keberhasilan membaca nyaring dan membaca dalam hati yang efektif.

Baca Juga : Mau Jadi Influencer di Media Sosial? Ini 5 Tips Memulainya! 

1. Dapat memperkuat daya pemahaman isi bacaan

Membaca frasa sangat ampuh dalam memperkuat daya pemahaman kita. Dengan membaca frasa , kita akan dapat memahami dengan penuh seluruh makna isi dari buku tersebut. Karena dengan membaca frasa otak kita akan lebih fokus.

2. Dapat mempertinggi kecepatan membaca dengan cara membaca ide-ide/menangkap makna

Dengan cara metode membaca mekanis. Kamu dapat Membaca frasa supaya mempertinggi kecepatan membacamu dengan cara membaca ide-ide/makna. Dengan metode ini, mata didorong untuk bergerak lebih cepat dengan jalan melihat kelompok-kelompok kata yang disebut frasa.

3. Dapat mepercepat ayunan pandangan mata dari frasa yang satu ke frasa berikutnya

Pada tahap ini mencakup penggunaan retang pandang yang lebih besar. Sehingga kamu mampuh menangkap kelompok kata yang lebih besar yang berbentuk frasa-frasa. Melalui latihan yang intensif kamu akan mampuh mengikuti kelompok kata-kata yang berbentuk kalimat mengikuti kelompok kata-kata yang berbentuk kalimat dalam sekali pandang.

4. Dapat membuang kebiasaan membaca kata demi kata

Efisiensi pada tahap mekanis dapat member sumbangan terhadap pemahaman makna secara lebih efektif. Kamu mulai mengangkati frasa secara tidak disadari dan akan menggunakan energi yang kamu miliki untuk menginterpretasikan kegunaan ide-ide dan informasi yang telah kamu baca.

Pada tahap ini mencakup penggunaan retang pandang yang lebih besar. Sehingga kamu mampuh menangkap kelompok kata yang lebih besar yang berbentuk frasa-frasa. Melalui latihan yang intensif, kamu akan mampuh mengikuti kelompok kata-kata yang berbentuk kalimat mengikuti kelompok kata-kata yang berbentuk kalimat dalam sekali pandang. Pada tahap ini, kamu tidak lagi akan terbebani oleh cara membaca kata-demi kata yang sangat mengganggu kecepatan membaca.

Baca Juga : 7 Alasan Fresh Graduate adalah Karyawan Sekaligus Rekan Kerja Terbaik 

5. Dapat menambah kecepatan membaca melebihi kecepatan membaca yang dicapai pada membaca kata demi kata

Dengan membaca frasa kita akan menambah potensi kita dalam membaca melebihi kecepatan membaca yang dicapai. Pada membaca kata-demi kata dalam membaca frasa kita akan dilatih untuk menemukan fokus kata yang sama, fokus frasa yang sama dan dapat melebarkan jangkauan mata. Namun, untuk memncapai kemampuan ini, diperlukan adanya latihan-latihan yang terus menerus.

Adapun metode membaca frasa dapat dikembangkan melalui dua tahap, yaitu tahap mekanis, dan tahap konseptual. Untuk tahap mekanis mata didorong untuk bergerak lebih cepat dengan jalan melihat kelompok-kelompok kata yang disebut frasa. Tahap ini mencakup penggunaan rentang pandang yang lebih besar, sehingga kamu mampuh menangkap kelompok kata yang lebih besar yang berbentuk frasa-frasa.

Sedangkan frasa tingkat konseptual adalah latihan membaca frasa demi frasa yang diimbangi dengan memperhatikan aspek-aspek penalaran atau pemahaman makna frasa. Selain memperhatikan makna, tanda baca dan tanda kalimat juga sangat membantu untuk menentukan ide-ide dalam frasa.

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar