5 Tips Jitu Menjauhi Diri dari Perilaku Buruk Selama Bulan Puasa

membaca

Hai Sobat ICampus! Bulan Suci Ramadan akan tiba sebentar lagi dan artinya tiba waktu di mana setiap perilaku bisa membawa berkah berlipat ganda. Bulan suci ini membuat ibadah semakin bermakna karena kita melaksanakannya secara serentak dan dikelilingi suasana yang mendukung.

Selain menahan lapar dan haus kita juga diuji untuk menahan emosi, hawa nafsu dan segala sesuatu yang buruk agar tetap beribadah khusyu. 

Perilaku buruk yang biasanya dianggap enteng oleh kita sehari-hari bisa berasal dari pembicaraan mengenai orang lain hingga menebar kebencian karena beda pendapat atau selera. Maka dari itu yuk kita sama-sama hindari perilaku seperti itu di bulan suci ini dengan beberapa tips di bawah ini!

Baca Juga : 5 Tips Ampuh Biar Gak Nervous Saat Presentasi di Kelas

1. Perbanyak kegiatan positif di lingkaran pertemanan

Gak bisa kita pungkiri bahwa pertemanan adalah lingkaran yang paling melekat dengan kehidupan sehari-hari. Kamu harus bisa mengajak atau menciptakan suasana positif agar lingkunganmu bisa menjadi wadah berkumpul yang bisa membawa pahala.

Di bulan penuh kesucian ini ajak teman-teman kalian untuk menyisihkan waktu sebentar pergi ke kajian religi yang bisa mengetuk pintu hati. Berawal dari ajakan bisa jadi kegiatan ini jadi rutinitas yang akan jadi pengaruh baik buat kalian di masa mendatang.

2. Buat self reminder yang harus kamu patuhi

Selain dari faktor ekstrenal, pastikan juga dirimu dibekali pegangan yang kuat. Jangan ragu untuk membuat self reminder agar ibadahmu di bulan suci terasa lebih hikmat. Beri batasan khusus agar tidak ada perilaku yang terlalu berlebihan dan menjadi noda di keseharianmu. Penting juga untuk memiliki komitmen kuat agar apa yang telah dibuat bisa dipatuhi dengan tegas.

3. Gunakan banyak waktu untuk beribadah

Cara lain yang paling tepat dan bijak dalam menjauhi dari perilaku buruk ialah menggunakan waktu itu sendiri dengan banyak beribadah.

Yap, semakin sedikit waktu senggang yang kamu miliki maka semakin kecil pula kemungkinan perilaku buruk yang akan terjadi. Berdiam diri di rumah dan fokus beribadah tentunya bisa menjadi penyelamat kalian dari dosa selama bulan puasa.

4. Luruskan niat dan tekad untuk menjalani bulan puasa semaksimal mungkin

Sekuat dan sebaik apapun lingkungan yang ada di sekitarmu, semua akan terasa sia-sia bila tak ada niat baik yang tertanam dalam hatimu. Poin ini wajib kamu atur sejak awal kamu berniat untuk menjalankan ibadah puasa dengan sungguh-sungguh.

Jika kamu sudah berniat dan membulatkan tekad, semua jalan yang akan ditempuh akan terbuka dan terlihat dengan sendirinya.

Baca Juga : Ingat 5 Hal Ini untuk Menjaga Semangat Menulismu Agar Gak Kendur

5. Ikut komunitas religi untuk memantapkan serta menenangkan hati

Mengikuti komunitas religi bisa jadi alternatif agar dirimu terjauhi dari hal-hal buruk yang tidak diinginkan. Kalau lingkungan pertemananmu tak bisa dibentuk dan membuat kalian menjadi lebih baik lagi, cari cara lain untuk mewujudkannya. Selain mendapat banyak wawasan baru kamu juga akan merasakan kesejukan hati berkat kajian yang diadakan lho.

Menjadi lebih baik di bulan penuh berkah seperti ini merupakan suatu perubahan yang wajib dimiliki setiap orang. Karena kita semua yang berhasil menikmati bulan suci tahun ini merupakan orang-orang beruntung yang terpilih sebab tidak semua orang bisa kembali merasakannya.

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar