Ingat 5 Hal Ini untuk Menjaga Semangat Menulismu Agar Gak Kendur

new

Hai Sobat ICampus! Terkadang dalam menulis, seseorang kerap merasakan fase gak semangat alias malas untuk menuangkan kata demi kata. Perilaku seperti ini tentu gak baik dipelihara, sebab akan mematikan kreativitas menulismu. Malas harus dilawan oleh diri sendiri. Jangan biarkan rasa malas membuatmu terperdaya untuk membiarkan diri gak mau menulis lagi.

Ketahuilah, dalam menulis, modal semangat sangat penting dan vital. Sebab tanpa semangat tinggi, tulisan pun tak akan selesai, malah kamu akan berhenti untuk menulis lagi. Untuk itu ada banyak cara agar semangatmu tetap terjaga dalam menulis. Seperti mengingat 5 hal Ini untuk menjaga semangat menulismu agar gak kendur.

Baca Juga : Ini 5 Keuntungan yang Akan Kamu Dapatkan Jika Terbiasa Menulis

1. Selalu tanamkan dalam diri bahwa menulis adalah sarana mengasah potensimu

Penulis-penulis hebat yang kita kenal hari ini tentu bukan dalam waktu sekejap bisa menghasilkan banyak karya, semua butuh proses yang tidak sebentar. Ketika kamu memiliki bakat menulis, maka jangan disia-siakan potensi tersebut. Butuh daya juang tinggi untuk bisa terus menulis, maka dari itu tanamkan dalam diri bahwa menulis merupakan sarana mengasah bakatmu. Yakinlah, dengan selalu menulis, kamu berupaya melatih kemampuanmu setiap harinya. Cobalah untuk menulis dengan mengangkat tema-tema yang akrab denganmu dan bisa kamu kuasai. Dengan rajin menulis, kamu menjadi termotivasi untuk terus memperbaiki tulisanmu, seperti memperhatikan kaidah bahasa dan penggunaan diksi yang tepat.

2. Menulis untuk menjadi bermanfaat bagi orang lain

Ingatlah bahwa menulis akan jadi ladang amal bagimu jika disalurkan lewat koridor yang benar. Jadikan tulisanmu menjadi bermanfaat bagi orang lain. Jangan jadikan menulis sebagai media untuk mencari penghargaan atau pengakuan dari orang lain, sebab inti dari menulis bukan untuk tujuan tersebut, melainkan menjadikan tulisanmu bisa bermanfaat bagi pembaca. Tuangkan tulisan yang bermakna, semoga dengan adanya tulisan yang kamu buat dapat memotivasi orang lain untuk bangkit dari keterpurukan.

3. Menulis membuatmu memperoleh penghasilan tambahan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan hidupmu

Gak bisa dipungkiri menulis membuatmu mendapatkan honor atau fee dari penerbit atau media tertentu yang telah berhasil menerbitkan tulisanmu. Hal ini tentu bermanfaat bagimu, sebab honor tersebut bisa membantumu untuk memenuhi kebutuhan hidup. Rasanya tidak masalah menjadikan honor tulisan sebagai motivasimu untuk menulis, dengan begitu kamu bisa membantu meringankan kebutuhan hidup keluargamu. Intinya tanamkan niat yang baik dalam memulai menulis.

Namun begitu, jangan sampai uang menjadi motivasi utamamu dalam menulis, sebab hal itu secara tidak langsung bisa membuatmu kehilangan esensi dalam menulis, bisa jadi tulisan yang kamu buat berasal dari saduran milik orang lain lantaran ingin tulisan-tulisanmu bisa terbit secara instan atau cepat. Jangan sampai kamu menghalalkan cara-cara seperti ini ya.

4. Lewat menulis, suaramu bisa didengar oleh publik

Era teknologi yang serba canggih seperti sekarang ini semakin memudahkan seseorang untuk bersuara dan didengar di ruang-ruang publik. Salah satunya dengan menulis di media online. Kamu bisa menulis opini berupa solusi atas kekhawatiranmu terhadap  beberapa permasalahan yang terjadi baru-baru ini.

Misalnya mengangkat tulisan bertemakan isu nasional seperti masalah rencana perpindahan ibu kota negara ke luar Jawa, atau masalah dampak kegiatan tambang di daerah yang banyak menelan korban. Semoga dengan suaramu lewat tulisan, dapat dibaca dan didengar oleh para pemangku kepentingan, semoga saja para elit bisa  menjadikan tulisanmu sebagai salah satu solusi menyelesaikan permasalahan yang ada.

Baca Juga : 7 Alasan Fresh Graduate adalah Karyawan Sekaligus Rekan Kerja Terbaik 

5. Menulis melatih daya ingat dan konsentrasimu

Ketika kamu rajin dan selalu komitmen untuk menulis, hal ini tentu berdampak positif untuk melatih daya ingat dan pikiranmu. teruslah menulis dan tuangkan Ide-ide cemerlangmu. Menulis juga melatih konsentrasimu untuk fokus terhadap konten tulisan yang kamu garap.

Demikian 5 hal yang perlu kamu ingat agar semangat menulismu gak kendur. Teruslah berkarya lewat karya-karya tulisanmu. Jangan sampai menyerah dalam menulis hanya karena didera rasa malas dan masalah lainnya. Berupayalah untuk berkomitmen dalam menulis, dengan begitu kamu pun punya kebiasaan yang positif.

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar