5 Tips Ampuh Biar Gak Nervous Saat Presentasi di Kelas

classroom

Hai Sobat ICampus! Kalau lagi presentasi, beberapa dari kita pasti ada yang merasa nervous. Apalagi kalau kita presentasi di depan dosen dan teman-teman di kampus. Perasaan nervous bisa membuat konsentrasi kita hilang dan presentasi berjalan tidak lancar. Bisa jadi dosen malah memberi nilai buruk karena presentasimu kurang maksimal. Supaya presentasimu berjalan dengan lancar cobalah beberapa tips berikut ini.

Baca Juga : Yuk Cek 5 Jurus Jitu Menjadi Pribadi Inovatif 

1. Pahami materi presentasi yang akan dibawakan

Hasil gambar untuk memahami isi presentasi

Memahami materi presentasi merupakan hal paling utama yang harus dilakukan. Setelah semua bahan presentasi sudah di buat, pelajari terlebih dahulu. Jangan belajar saat sudah dekat dengan waktu presentasi, karena akan membuat kamu semakin tidak percaya diri.

2. Berlatihlah membawakan presentasi di depan temanmu

Hasil gambar untuk memahami isi presentasi

Agar semakin terbiasa membawakan presentasi dengan materi yang ada, berlatihlah di depan teman-temanmu. Hal ini juga akan melatih kepercayaan dirimu dalam presentasi.

3. Mintalah evaluasi dari temanmu setelah mereka melihat kamu presentasi

Hasil gambar untuk memahami isi presentasi

Setelah latihan presentasi di depan temanmu, tanyalah apa yang kurang dari presentasimu. Kalau sudah tahu di mana kekuranganmu berusahalah untuk memperbaikinya.

4. Fokus pada materi yang dibawakan pada saat presentasi berlangsung

Hasil gambar untuk memahami isi presentasi

Pada saat presentasi jangan memikirkan hal lain yang dapat memecah konsentrasimu. Fokuslah pada materi yang kamu bawakan. Jangan hiraukan hal yang dapat memecah konsentrasimu.

Baca Juga : 6 Tips yang Harus Dilakukan Agar Pagi Harimu Anti Ribet

5. Biar ga kaku, gunain bahasa tubuh saat presentasi

Gambar terkait

Melakukan gerakan tubuh saat presentasi dapat mengurangi rasa nervous saat presentasi. Selain itu presentasimu tidak terlihat kaku.

Nah, itulah 5 tips yang dapat kamu lakukan saat presentasi agar tidak nervous lagi. Jangan lupa persiapkan dan pahami materi presentasi dari jauh-jauh hari agar presentasimu dapat menarik perhatian dosen dan teman sekelasmu.

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar