5 Cara Ampuh Kembalikan Semangat Kerja Saat Suasana Hati Tidak Menentu

pria-yang-miliki-anak-di-usia-muda-lebih-rentan-alami-depresi

Hai Sobat ICampus! Suasana hati seseorang cenderung tidak tetap. Sering mengalami perubahan emosi bisa disebabkan karena berbagai macam alasan dan kondisi. Terkadang kamu akan merasa senang, kemudian perasaan tersebut tiba-tiba bisa berubah menjadi kesedihan. Hal tersebut kerap dialami oleh setiap orang dan merupakan sesuatu yang wajar terjadi.

Bagi kamu yang sudah bekerja lebih rentan mengalami perubahan emosi. Sebab di dalam dunia pekerjaan kamu berhadapan dengan deadline tugas, membuat banyak laporan pekerjaan, belum lagi menghadapi atasan dan teman kantor yang terkadang bisa berubah menyebalkan. Hal semacam itu tentu membuatmu jengkel hingga bisa kehilangan semangat kerja.

Agar semangat kerjamu bisa kembali meski suasana hatimu tidak menentu ada baiknya kamu melakukan 5 cara berikut yang dijamin ampuh.

Baca Juga : Merasa Diri Rapuh, Tanamkan 6 Hal Ini untuk Menguatkanmu

1. Berbagi keluh kesah dengan orang terdekatmu

Saat kamu merasakan perubahan suasana hati, maka cara yang paling tepat agar kamu tetap semangat bekerja yaitu berbagi keluh kesah dengan temanmu. Karena dengan bercerita, kamu bisa mendapat dukungan dari teman dan mendapat beberapa saran yang bisa membuka pola pikirmu agar segera semangat untuk melakukan pekerjaan kembali. Tak hanya itu saja, bercerita tentang keluh kesahmu dengan teman pun bisa menjadi hiburan tersendiri bagimu.

2. Istirahat sejenak untuk melakukan apa yang kamu suka kemudian melanjutkan pekerjaan

Perubahan suasana hati yang buruk bisa disebabkan karena rasa jengkel pada suatu hal. Itu artinya kamu perlu menyingkir sejenak dari pekerjaanmu agar tak terus-terusan berada di lingkungan yang malah bisa membuatmu semakin merasa bad mood. Gunakanlah jeda waktu tersebut untuk melakukan hal yang kamu suka agar pikiranmu kembali segar. Jika sudah lebih tenang, kamu boleh melanjutkan pekerjaanmu kembali.

3. Ingat kembali impianmu dan semua target-target yang kamu buat

Saat suasana hatimu kerap berubah tak menentu ingatlah kembali impianmu dan target yang telah kamu buat. Jangan sampai bad mood menghalangimu untuk melanjutkan pekerjaan. Jika kamu tak segera menyelesaikan pekerjaan, bagaimana bisa kamu mencapai target yang selama ini kamu impikan? Maka temukan motivasi kembali dengan memikirkan tujuanmu bekerja yang sebenarnya.

4. Berusaha berdamai dengan suasana hatimu

Suasana hati yang tak baik kerap membuatmu tidak maksimal dalam bekerja. Namun hal tersebut tidak boleh jika dilakukan terus-menerus. Sebab kamu perlu kembalikan semangat agar pekerjaanmu cepat selesai dengan hasil yang terbaik. Maka berdamailah dengan suasana hatimu dan lingkungan yang membuat mood -mu berantakan. Jika kamu tak segera berdamai, kamu akan merasa capek dan rugi sendiri.

Baca Juga : 5 Alasan Nyata Menyerah Bukanlah Pilihan Hidup, Kamu Harus Bangkit!

5. Tenangkan diri dan lebih baik diam sejenak

Jika tak ada kesempatan untuk bercerita dengan teman saat kamu merasa bad mood, lebih baik diam sejenak dan tenangkan dirimu. Jangan sampai karena suasana hati yang buruk membuatmu marah-marah sendiri sebagai bentuk pelampiasan. Sebab diam bisa membantumu untuk meredam emosi. Setelah merasa cukup tenang, dengan sendirinya semangat bekerja akan muncul.

Itulah 5 cara ampuh kembalikan semangat kerja saat suasana hatimu tidak menentu. Jangan patah semangat dalam melakukan semua pekerjaanmu meski perubahan emosi kerap mengganggu. Sebab saat kamu sudah tak berminat mengerjakan sesuatu maka hal itu bisa memengaruhi pekerjaanmu selanjutnya. Jadi tetap semangat dan kalahkan suasana hatimu yang kerap berubah-ubah. Semoga berhasil!

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar