5 Hal Penting Sebelum Masuk Organisasi Ini Wajib Kamu Lakukan

1096114-1437679280-92ecccec103acb58a6c5600d72b8b333

Hai Sobat ICampus! Manusia merupakan makhluk sosial sehingga membutuhkan manusia lainnya dalam memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, tak jarang berbagai organisasi dibentuk untuk mencapai tujuan para anggotanya.

Masuk dalam sebuah organisasi merupakan sebuah hal yang harusnya kamu lakukan di usia yang yang masih muda. Beragam manfaat dapat kamu peroleh misalnya melatih mental dan emosi, manajemen waktu serta kepemimpinan.

Nah, sebelum kamu memutuskan masuk di sebuah organisasi, sebaiknya kamu melakukan 5 hal penting berikut ini. Biar gak nyesal nantinya, let’s check it out !

Baca Juga : 5 Alasan Kamu Harus Percaya Diri dalam Menghadapi Masalah

1. Kenali tujuan organisasi yang ingin kamu masuki

Setiap organisasi pasti dibangun dengan visi dan misi yang berbeda dengan organisasi lainnya dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pastikan kamu telah mengetahui apa tujuan organisasi yang ingin kamu masuki sebelum bergabung.

Hal ini juga berguna untuk menentukan seberapa besar peluang kamu diterima di organisasi tersebut. Tentunya, kamu akan mendapatkan poin lebih jika dapat memahami dengan baik tujuan organisasi yang sedang kamu incar.

2. Sesuaikan dengan minat, bakat dan idealismemu

Agar ketika di organisasi nantinya kamu tidak gampang merasa bosan atau malah merasa tidak berguna, sebaiknya pilih organisasi yang merupakan wadah bagi kamu untuk mengembangkan hal-hal yang kamu sukai.

Tentunya, bergabung di organisasi pergerakan adalah pilihan yang tepat jika kamu memiliki idealisme mengawal kebijakan pemerintah atau masuk di organisasi pengkajian jika kamu memiliki minat bernalar dan berdiskusi.

3. Pantau setiap kegiatannya

Kepoin setiap aktivitas media sosial organisasi yang ingin kamu masuki agar kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai hal-hal yang akan kamu jalani nantinya di dalam. Kamu bisa memantaunya lewat akun media sosial, lewat teman yang sudah terlebih dahulu bergabung atau melihatnya secara langsung.

4. Amati gaya berorganisasi para anggotanya

Agar kamu tidak merasa canggung atau salah tingkah laku ketika masuk nantinya, perhatikan cara berorganisasi setiap anggotanya. Jangan sampai melakukan sesuatu hal yang sama sekali tidak disukai oleh orang-orang yang ada di organisasi tersebut.

Dengan demikian, kamu akan lebih mudah berbaur nantinya dengan mereka ketika dinyatakan lulus perekrutan anggota baru.

Baca Juga : 6 Manfaat Luar Biasa yang Bisa Kamu Dapat Saat Memutuskan Gap Year

5. Pahami budaya organisasi tersebut

Setiap organisasi pasti memiliki tradisi atau budaya masing-masing dalam menjalankan aktivitasnya. Karenanya, pastikan kamu telah paham bagaimana cara organisasi incaranmu dalam merekrut anggota baru maupun dalam melaksanakan kerja-kerja organisasi.

Dengan demikian, kamu tidak perlu mengeluh nantinya ketika menjalani proses perekrutan atau ketika diberi tanggung jawab dalam melaksanakan sebuah tugas yang diamanahkan kepadamu.

Nah, itu 5 hal penting yang wajib kamu lakukan sebelum masuk organisasi. Udah siap belum?

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar