5 Alasan Kamu Harus Percaya Diri dalam Menghadapi Masalah

1417473shutterstock-153929321780x390

Hai Sobat ICampus! Kehidupan tak pernah lepas dari namanya masalah, setiap insan yang terlahir ke dunia ini mempunyai kisah yang beragam dalam hidupnya. Demikianlah, ujian hidup tak akan pernah berujung hingga kita mengalami kematian, untuk itu jangan sampai kamu nelangsa ketika dirundung masalah yang bertubi. Di balik semua itu, tentu ada hikmah yang bisa kamu petik.

Dalam menghadapi masalah, kepercayaan diri menjadi modal penting. Sekecil atau seberat apa pun masalah, jangan langsung memvonis diri tak berdaya. Berikut ini 5 alasan mengapa kamu harus percaya diri dalam menghadapi masalah di hidup ini.

Baca Juga : 6 Tips Jitu Mengatasi Kebiasaan Belanja Impulsif

1. Supaya kamu kuat dan tidak patah ketika cobaan hidup kian berat

Dirundung masalah kadang membuat kita sulit untuk bertahan, seolah sudah kehabisan daya menghadapi kemelutnya. Mungkin ada yang didera masalah lilitan hutang yang belum terselesaikan, kehilangan kerabat dekat secara tiba-tiba, atau kehilangan harta benda dan harus memulai hidup dari nol. Semua ujian itu dapat dilewati dengan tidak melepaskan kepercayaan diri.

Ketika kamu percaya diri menghadapi masalah hidupmu, maka langsung andalkan Tuhan untuk memohon petunjuk dalam mencari jalan keluar masalah tersebut.  Tatkala kamu percaya diri, kamu akan semakin kuat dan tidak patah meski ujian hidup sudah sedemikian berat.

Benakmu juga akan terus berpikir positif pada setiap hal yang kamu lalui. Ingat, tetap tanamkan dalam diri untuk tidak menyerah menghadapi setiap lika-liku masalah.

2. Untuk mengokohkan pondasi mentalmu agar terus membaja

Dalam menghadapi masalah hidup, terkadang mental menjadi hal yang ikut terkena dampak. Ketika mentalmu kuat, kamu akan mampu bertahan meski didera berbagai ujian yang terkadang sulit kamu hadapi. Namun jika mentalmu lemah, kamu akan merasa tak berdaya dan tak yakin dengan kapasitasmu sendiri dalam menghadapi setiap ujian. Ujungnya malah membuatmu berhenti melangkah dan menyerah pada keadaan.

Tak perlu takut dalam menghadapi ujian hidup ini, libatkan Allah yang Maha Mengetahui segala isi hati. Dengan bergantung dan menyerahkan segala keluh kesahmu pada-Nya, maka perlahan kamu pun bisa melangkah melewati tiap-tiap masalah yang ada.

3. Supaya kamu tidak terombang-ambing dalam menghadapi kemelut hidup

Saat dihadang masalah hidup, tidak sedikit orang yang berpikir pendek untuk menyudahi segalanya. Seolah tak ada lagi solusi yang bisa diandalkan untuk melewati ujian-ujian tersebut. Padahal kenyataannya tidak demikian, selagi kamu percaya diri dan menggantungkan asamu pada Sang Maha Pencipta, kamu tak kan mudah terombang-ambing dalam menghadapi kemelut hidup ini.

Semua yang kita lalui kemarin, hari ini, esok adalah segala rahasia Ilahi yang  tidak kita tahu sama sekali. Untuk itu diperlukan kepercayaan diri bahwa kamu siap untuk  melewati setiap masalah yang ada. Buang jauh-jauh pemikiran bahwa setiap masalah yang datang bertubi padamu bersifat selamanya dan tak kan pernah berakhir.

Semua ujian, besar atau kecilnya hanya Tuhan saja yang tahu berapa lama durasinya. Sebagai manusia biasa, kita hanya perlu menikmati setiap suguhan cerita hidup dengan yakin akan ketetapan dari-Nya.

4. Kamu gak gampang bersedih meski banyak orang mengabaikanmu

Mungkin di antara kita, ada yang pernah diabaikan oleh orang lain, bahkan teman atau kerabat dekat kala didera masalah hidup yang pelik. Orang-orang menjauh lantaran tak mau ikut campur atau terlibat dengan derita yang kamu hadapi. Kamu mungkin berat untuk menghadapi momen seperti itu, namun ketahuilah, tak perlu bersedih menghadapi momen demikian.

Jangan buang energi untuk bersedih meski tak ada lagi manusia di sekitarmu yang menaruh perhatian atau minimal mau mendukungmu. Untuk itu kepercayaan diri dalam menghadapi masalah menjadi modal utama  untuk tetap berdiri tegak di waktu seperti ini.

Lagi-lagi, serahkan segalanya pada Tuhan yang Maha Pengasih, karena hanya dengan kasih sayang-Nya, kita tak perlu takut untuk kehilangan cinta manusia.

Baca Juga : Tanpa Disadari, 6 Hal Ini Paling Membuat Waktumu Jadi Tidak Produktif

5. Agar kamu selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Sang Maha Pencipta

Bersyukur menjadi hal yang wajib dilakukan setiap insan dalam hidup ini, entah itu dalam kondisi bersedih atau momen bahagia. Semua harus dinikmati dan disyukuri. Untuk itu ketika kamu percaya diri menghadapi masalah yang menderamu, kamu menjadi bersyukur atas apa yang kamu lewati.

Sikap seperti ini membuatmu menjadi manusia yang senantiasa mensyukuri nikmat yang diberikan Sang Maha Pencipta setiap harinya. Ingatlah, menyerah dari ujian yang menghadang bukanlah jalan keluar terbaik, melainkan hanya membuat hidupmu semakin terpuruk.

Demikianlah 5 alasan mengapa kamu harus percaya diri dalam menghadapi masalah. Libatkan Allah dalam setiap langkah kaki dan yakinlah tidak ada masalah yang tidak diberikan jalan keluar. Karena Dia sudah berjanji bahwa sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Jangan menyerah ya!

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar