6 Manfaat Luar Biasa yang Bisa Kamu Dapat Saat Memutuskan Gap Year

new

Hai Sobat ICampus! Gap year yaitu menunda kuliah minimal setahun setelah lulus dari bangku sekolah menengah atas. Ada beberapa alasan kenapa seorang pelajar memutuskan untuk gap year. Ada yang karena belum lolos tes, belum siap kuliah, terkendala biaya, dan sebagainya. Buat kamu yang memutuskan untuk gap year, apapun alasanmu kamu gak perlu sedih dan bingung mengenai apa yang harus kamu lakukan. Sebab terdapat manfaat besar dibalik keputusanmu memilih gapyear. Seperti 6 hal berikut.

Baca Juga : 5 Pemikiran Soal Hidup Agar Kita Tidak Membuang Waktu dengan Percuma

1. Memutuskan jurusan kuliah dengan tepat

Kalau kamu masih bingung mengenai jurusan kuliah yang mau kamu ambil, gap year bisa jadi solusi yang tepat buat kamu. Kamu bisa melakukan riset mengenai sejumlah jurusan yang kiranya cocok denganmu. Mulai dari melakukan tes potensi akademik, tingkat kesulitan, analisis biaya yang harus kamu keluarkan selama kuliah di jurusan tersebut, dan prospek kerja. Dengan itu, kamu akan lebih mantap dalam memutuskan jurusan apa yang mau kamu ambil.

2. Bekerja

Sangat sia-sia rasanya kalau saat gap year gak kamu manfaatkan untuk cari uang. Dengan bekerja selama masa gap year kamu bisa menabung untuk membayar biaya kuliahmu nantinya, kamu juga jadi tahu bagaimana capeknya mencari uang sehingga kamu tidak akan mudah meminta uang pada orangtuamu untuk berfoya-foya. Selain itu, setelah lulus kuliah nanti kamu sudah langsung punya pengalaman kerja yang bisa jadi nilai tambah di CV mu nantinya.

3. Belajar

Ketika teman-temanmu punya waktu 1 bulan untuk persiapan menjalani tes ujian masuk, kamu punya waktu 1 tahun. Kalau kamu ingin mengambil jurusan dengan jumlah peminat sangat banyak dan juga di kampus top. Satu tahun jadi waktu yang sangat cukup untuk mempersiapkan segalanya dengan matang agar peluang kamu diterima makin terbuka lebar.

4. Memperbanyak skill

Daripada waktu luang yang kamu punya cuma dipakai untuk nonton film dan tidur, lebih baik kamu mempelajari hal lain yang bisa memperluas bakatmu. Seperti belajar corel draw, fotografi, memasak, membuat website. Siapa tahu dengannya kamu jadi menemukan bakat yang selama ini terpendam.

5. Jadi relawan

Kamu punya waktu luang hampir 24 jam selama menjalani gap year, gak ada salahnya kamu mencoba menjadi relawan di berbagai komunitas positif di lingkungan tempat tinggalmu. Seperti pecinta binatang, pengajar, penulis, pecinta lingkungan, dan sebagainya. Melalui hal tersebut, kamu akan terlatih dengan hal-hal positif dan lebih peka terhadap keadaan sekitar.

Baca Juga : Habiskan Jatah Gagal di Masa Muda Ternyata Bisa Memberimu 5 Hal Baik

6. Belajar mengenali potensi diri sendiri

Banyak sekali pemuda yang kurang bisa menilai dan mengenali potensi diri mereka sendiri bahkan hingga menjadi mahasiswa. Mengenali potensi diri adalah hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Maka dari itu, manfaatkan waktu yang kamu miliki untuk melakukan riset mendalam mengenai potensi yang kamu miliki. Karena mengenali potensi, minat, dan bakat adalah hal yang sangat penting, salah satu tujuannya agar kamu tidak salah mengambil jurusan yang pada akhirnya membuat kamu menyesal.

Gap year tidak sama dengan nganggur setahun kok, malahan banyak hal yang bisa kamu dapat ketika memutuskan memilih gap year. Jadi, persiapkan dirimu dengan baik agar lebih siap kuliah tahun depan.

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar