6 Mindset yang Harus Dimiliki untuk Meraih Hidup Mapan di Usia Muda

malcolm_forbes

Hai Sobat ICampus! Kebanyakan orang berpikir bahwa kehidupan mapan hanya bisa diperoleh di masa tua. Padahal nggak juga loh! Faktanya, tak sedikit pengusaha sukses yang berhasil di usia muda, bahkan hingga menjadi miliarder. Sebut saja Mark Zuckerberg, John Collison, atau nggak jauh-jauh di Indonesia ada William Tanuwijaya, Nadiem Makarim, Ria Ricis, Atta Hallilintar, dan masih banyak lainnya.

Yang perlu kamu pahami, untuk menjadi sukses itu nggak cuma butuh kerja keras. Tapi kamu juga harus memiliki semangat dan pemikiran yang maju.

Nah, berikut ini sederet mindset yang perlu ditanamkan bila kamu ingin meraih kehidupan mapan di usia muda. Simak yuk!

Baca Juga : Merasa Diri Rapuh, Tanamkan 6 Hal Ini untuk Menguatkanmu

1. Untuk mendapatkan kemapanan gak harus terlahir dari keluarga kaya. Faktanya banyak miliarder yang dulunya hidup susah

“iyalah hidupnya mapan, kan dia dari keluarga kaya raya”

Hayoo, siapa nih yang suka berpikir bahwa orang-orang yang hidupnya mapan itu pasti lahir dari keluarga kaya? Well, guys pola pikir tersebut salah besar! Kenyataannya, nggak sedikit loh tokoh-tokoh sukses di dunia yang berasal dari keluarga miskin. Misalnya Oprah Winfrey,  J.K Rowling dan tentu masih banyak lainnya.

Terlahir dari keluarga kaya hanyalah sebuah bonus. Modal utama untuk mencapai hidup kesuksesan adalah tekad dan doa.

2. Menjadi kaya di usia muda bukanlah hal mustahil. Tapi juga gak semudah membalikan telapak tangan, kamu perlu mental kuat!

Menjadi mapan di usia muda itu bukanlah hal yang mustahil. Tapi juga nggak semudah membalikkan telapak tangan.  Butuh perjuangan keras dan pastinya kamu harus punya mental kuat.

Coba pikirkan, jika orang lain bisa, kenapa kamu tidak? Mumpung masih muda, kamu masih punya banyak waktu dan tenaga. Jadi manfaatkan sebaik mungkin.

3. Yang perlu dipahami sukses itu menuntut banyak pengorbanan! Kamu perlu usaha lebih dan merelakan sebagian waktu bersantaimu

Yang perlu kamu pahami bahwa untuk meraih kehidupan mapan di usia muda itu memerlukan pengorbanan. Kamu harus bisa mengurangi aktivitas yang nggak terlalu penting, seperti hura-hura, pacaran, atau nonton film berjam-jam.

Meski berat, kamu musti ikhlas merelakan sebagian waktu bersantaimu untuk digunakan bekerja. Kamu membutuhkan usaha lebih jika ingin mendapatkan sesuatu yang besar.

Ingat, sukses itu nggak gratis. Ada harga yang harus dibayar untuk mencapai keberhasilan.

4. Sebisa mungkin atur dan awasi pengeluaran dengan teliti. Tujuannya untuk meminimalisir terjadinya pembengkakan budget

Banyak banget orang yang berpenghasilan besar tapi nggak pernah bisa mencapai kehidupan mapan. Kenapa bisa begitu? Salah satu alasannya karena pengeluaran yang nggak teratur!

Kadang uang itu cepat banget habisnya. Dipakai ini-itu, eh nggak terasa tau-tau dompet udah kosong. Hmm, ngenes kan? Maka dari itu sebisa mungkin buatlah anggaran bulanan untuk mengawasi keluar masuknya uang. Dengan begitu, pembengkakan budget bisa diminimalisir.

5. Nabung itu wajib! Menabung sedikit tapi rutin lebih baik daripada tidak sama sekali

Jangan pernah meremehkan menabung dengan nominal yang kecil. Meski nggak besar tapi kalau dilakukan secara rutin, lama-kelamaan akan menjadi bukit. Yang terpenting konsisten.

Usahakan setiap kamu habis gajian menyisihkan uang paling tidak 30% untuk ditabung. Nanti sisanya kamu bisa menggunakannya untuk kebutuhan bulanan. Percuma loh, kalau kamu kerja keras tapi nggak mampu menabung. Usahamu seolah sia-sia dan nggak berwujud. Menabung sedikit lebih baik daripada tidak sama sekali.

Baca Juga : Gak Nyangka! Ternyata Ini 6 Manfaat Mempelajari Hal yang Gak Kita Suka

6. Untuk jadi kaya bukan berarti harus pelit! Sebaliknya, perbanyaklah berbagi untuk melancarkan rezeki

Terakhir yang perlu kamu ingat buat meraih kekayaan bukan berarti kamu jadi sosok yang pelit, ya! Kebutuhan sandang dan pangan tetap harus diutamakan. Jangan terlalu irit hanya demi memupuk uang. Kalau kamu sakit, ya hartamu nggak ada gunanya!

Kemudian ingat juga untuk berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan. Semakin kamu gemar bersedekah, percaya deh rezekimu akan semakin lancar.

Nah, jadi itulah guys sederet mindset yang perlu ditanam bila kamu ingin meraih hidup mapan di muda. Nggak sulit kok! Selama kamu memiliki niat, maka nggak ada yang mustahil.

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar