Gak Nyangka! Ternyata Ini 6 Manfaat Mempelajari Hal yang Gak Kita Suka

1096114-1437679280-92ecccec103acb58a6c5600d72b8b333

Hai Sobat ICampus! Menjalani hal yang gak kita suka memang terasa menyiksa. Karena bagaimanapun juga rasa minat yang kurang membuat setiap hal menjadi berat untuk dilakukan. Biasanya hal ini terjadi pada para pelajar atau pegawai yang baru terjun ke dunia pekerjaan. Mau gak mau mereka mempelajari karena tuntutan yang ada.

Dianggap menjadi hal yang menyebalkan, ternyata mempelajari sesuatu yang kita gak suka bisa membawa manfaat lho bagi diri kita. Biar kamu lebih ikhlas dan semangat menjalaninya, simak penjelasan lengkap di bawah ini guys!

Baca Juga : 7 Amunisi Persiapan Ujian Ini Bisa Kamu Lakukan Biar Hasilnya Maksimal 

1. Mengetahui kemampuan baru yang diam-diam terpendam

Sejak lahir manusia diberkahi kemampuan yang berbeda-beda. Ada kemampuan yang bisa langsung kita lihat dan sadari, namun ada pula yang tersembunyi. Melalui cara ini kamu dapat membuka skill yang ternyata ada dalam diri kalian.

Berawal dari rasa benci seketika kamu bakal bersyukur dan berterima kasih, deh kalau tahu cara ini bisa membuat kemampuan kalian bertambah.

2. Menerima pelajaran yang gak pernah kamu sangka sebelumnya

Mempelajari hal baru berarti menerima informasi yang gak pernah kita ketahui sebelumnya. Jika memang kamu sangat malas dan sebal melakukannya ambil sisi positif yang ada, yaitu kamu dapat mengetahui pelajaran yang gak pernah kamu sangka sebelumnya. Asah rasa ingin tahu kalian agar ada perasaan excited setelah mengetahui hal baru. Menambah wawasan itu membuat kamu jadi seorang yang cerdas lho.

3. Memperluas relasi yang kalian miliki

Dampak yang kamu rasakan saat mempelajari hal baru ini sangat banyak, termasuk ketika kamu bertemu banyak orang baru yang membuat relasi kalian bertambah. Dunia baru membuat kamu juga mengenal orang baru.

Hal ini bukan gak mungkin bikin kamu nyaman dengan lingkungan dimana kamu berada. Bisa saja kamu dituntut menemui narasumber atau rekan kerja di kantor. Seru banget kan?

4. Melatih mental agar kuat dan tidak manja

Ibarat sedang melawan arus kamu ditantang untuk melawan rasa malas dalam diri sendiri. Dengan ikhlas menjalaninya kalian secara tidak langsung sedang melatih mental agar kuat dan tidak manja.

Kehidupan orang dewasa memang cukup kejam, ini bisa menjadi ajang pembelajaran awal sebelum kamu masuk ke dunia yang sebenarnya. Karena memanjakan diri dengan enggan mempelajari hal baru dan memilih-milih hal yang ingin kamu kerjakan, membuat kesuksesan lambat datang.

Baca Juga : Sadari Diri, 5 Kerugian Saat Terlalu Membatasi dari Pergaulan

5. Meningkatkan kesadaran untuk tidak berburuk sangka

Alasan kita tidak menyukai sesuatu salah satunya adalah memiliki prasangka buruk terhadap hal tersebut. Banyak orang yang gak suka berenang karena takut tenggelam atau terpapar sinar matahari, padahal berenang memiliki sensasi tersendiri yang bikin kamu lupa waktu karena keasyikan bermain dalam air. Mereka yang belum pernah mencoba hal baru cenderung berpikiran negatif padahal kenyataannya tidak seperti yang dipikirkan.

Dengan kamu belajar menjalani hal yang gak kamu sukai berarti kalian sudah mengasah diri untuk tidak berburuk sangka terlalu cepat. Kamu sadar bahwa rasa curiga atau keluhan itu hanya membuat semuanya terlihat membosankan.

6. Menemukan sesuatu yang mungkin bisa bermanfaat banget buat kalian

Setelah lima manfaat tadi kamu rasakan, kini saatnya kamu mulai menyadari bahwa ternyata banyak banget hal yang bisa berguna bagi kehidupan kalian. Apalagi jika kamu sadar telah ditemukan sesuatu yang bisa bermanfaat banget buat kalian. Misalnya saat ternyata potensi yang baru kamu kenali ini adalah passion yang telah lama kamu cari. Kalian jadi tahu apa yang harus kamu lakukan dengan potensi besar yang kamu miliki tadi.

So, mulai sekarang jangan terbiasa untuk berpikiran negatif dalam menjalani hal yang tidak kamu suka ya. Karena di balik semua yang terjadi pasti memiliki arti yang tersimpan di dalamnya. Tetap semangat guys!

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar