Terapkan 5 Langkah Ini Supaya Kamu Jadi Pembelajar yang Kompeten

classroom

Hai Sobat ICampus! Dalam praktik hidup, ada perbedaan antara pembelajar yang asal ikut-ikutan dengan pembelajar yang benar-benar ‘mempelajari’ dari dasar. Kalau kamu ikut poin pertama, kreativitasmu bakal mandeg. Sementara poin kedua akan membuat kreativitasmu bangkit dan terasah.

Belajar pada orang lain atau guru ahli adalah hal wajib yang perlu kamu lakukan supaya berprestasi di bidang yang kamu geluti. Tapi kamu bakal sulit menjadi pembelajar yang baik kalau gak menerapkan langkah-langkah berikut.

1. Ubah pikiranmu seperti gelas kosong, jangan merasa sudah serba tahu
Banyak hal positif milik orang lain yang gak bisa kamu serap karena merasa sudah tahu. Sikap merasa sudah tahu inilah yang menghambatmu untuk menerapkan ilmu baru dalam diri. Jangan sepelekan ilmu sesederhana apa pun itu. Jadilah seperti gelas kosong yang siap menampung ilmu seutuhnya.

Baca juga: Jangan Asal, Lakukan 5 Tips Berikut Ketika Memilih Jadi Volunteer!

2. Jangan ragu bertanya dan perbanyaklah mendengarkan
Pembelajar yang baik gak bakal ragu mengajukkan pertanyaan yang belum dia paham. Bahkan kamu juga perlu bertanya hal-hal yang membuat orang lain senang menjawabnya. Banyak-banyaklah mendengarkan ketimbang minta didengar. Bertanya dan mendengarkan gak cuma bakal menambah ilmu, tapi juga menambah power kamu di hadapan orang yang kamu ajak interaksi.

3. Buka pikiranmu untuk menerima berbagai masukan
Menjadi seorang pembelajar adalah masa dimana kamu harus terbuka atas segala masukan dan pelajaran positif dari orang lain. Jadilah seperti lautan yang luas, posisinya selalu berada paling rendah dari sungai, parit atau bengawan agar bisa menampung semua air yang dalam hal ini berupa ilmu yang melimpah.

4. Lakukan seleksi kreatif atas segala masukan yang kamu peroleh
Setelah bersikap terbuka atas segala masukan, lakukanlah seleksi kreatif. Terima atau tolak pendapat orang lain, jangan kamu telan semuanya. Kamu harus jadi diri sendiri, tapi kamu gak bisa lakukan itu tanpa keterlibatan orang lain. Karena itulah kamu butuh seleksi, pasti ada sesuatu yang bisa kamu ambil untuk memperbaiki diri dan kamu buang sebagian.

Baca juga: Tetap Optimis, 5 Kenyataan Hidup Ini Bukan Penentu Kesuksesanmu

5. Praktikkan sedikit demi sedikit apa yang sudah kamu pelajari
Dengan mempraktikkan pelajaran yang sudah didapat, kamu bakal lebih paham dan expert di bidang tersebut. Olahlah ilmu yang kamu terima sedikit demi sedikit supaya lebih paham. Kamu bakal lebih unggul kalau mampu menggabungkan hasil kreativitasmu dengan ilmu yang sudah diraih. Semua itu tentu hanya bisa diperoleh lewat banyak latihan atau praktik.

Nah, itulah kelima langkah supaya kamu jadi pembelajar yang kompeten. Setiap orang bisa berprestasi kalau cara belajarnya tepat, termasuk kamu. Yuk, benahi lagi apa yang masih kurang dan perbaiki dari sekarang.

Sumber: Idntimes.com

Komentar