Jangan Asal, Lakukan 5 Tips Berikut Ketika Memilih Jadi Volunteer!

menggenggam-tangan

Hai Sobat ICampus! Menjadi seorang relawan atau volunteer memang tak seharusnya sekedar ikut-ikutan atau ingin disebut keren. Karena menjadi seorang relawan diharuskan memiliki niat yang baik yaitu menolong sesama karena kalau hanya sekedar ikut-ikutan tentunya kamu akan merasa tersiksa apalagi kalau kamu sulit untuk bersosialisasi. Sebelum memutuskan menjadi volunteer, lakukan 5 tips berikut ini dulu!

Baca Juga : Habiskan Jatah Gagal di Masa Muda Ternyata Bisa Memberimu 5 Hal Baik

1. Kenapa kamu ingin melakukannya

Hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu kenapa kamu ingin menjadi volunteer. Apakah memang kamu mendasarinya atas niat yang tulus atau ada niat lainnya. Pastikan kamu memang berniat untuk membantu bukan hal lain karena dengan memiliki niat menolong sesama pastinya kamu akan menjalaninya penuh semangat dan tanpa paksaan dari siapapun.

2. Lakukan penelitian lebih dulu

Selain itu cobalah cari tahu dulu lembaga atau organisasi yang akan kamu ikuti saat menjadi relawan. Lakukan penelitian dulu dan observasi apakah memang lembaga tersebut yang terbaik dan mewadahi relawan. Dengan begitu kamu tak akan salah langkah bila melakukan riset terlebih dulu. Meski sifatnya menolong sesama namun kamu tetap harus bersungguh-sungguh dan bersifat asal-asalan.

3. Hubungi organisasi yang diinginkan

Tentunya langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menghubungi organisasi yang dipilih untuk menjadi relawan. Kita harus bergerak aktif karena jika hanya diam, tentunya niat untuk menjadi seorang volunteer mungkin cuma ucapan belaka. Percayalah niat yang baik selalu menghasilkan sesuatu yang baik pula kok!

Baca Juga : 6 Budaya Millennial yang Bisa Memajukan Kualitas Negara Indonesia

4. Buat CV semenarik mungkin

Meskipun bukan melamar pekerjaan, tidak ada salahnya kita membuat CV yang semenarik mungkin. Dengan begitu organisasi yang dituju pasti akan merasa senang hati untuk segera menerimamu agar menjadi bagian organisasi. Namun, pastikan kegiatan volunteer ini tidak mengganggu pekerjaan utamamu dan kamu jelas harus bisa membagi waktu.

5. Jadikan pelajaran yang berharga saat sudah terjun di organisasi

Terakhir pastikan ketika kamu sudah terjun menjadi volunteer, kamu bisa mendapatkan pelajaran yang berharga. Bukan sekedar hanya ikut saja tapi resapi juga ilmunya. Dengan begitu hal ini bisa kamu jadikan pengalaman karena menolong sesama adalah salah satu makna hdup yang sebenarnya.

Yuk, coba jadi relawan!

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar