7 Amunisi Persiapan Ujian Ini Bisa Kamu Lakukan Biar Hasilnya Maksimal

target-kuliah1

Hai Sobat ICampus! Buat kamu yang sedang menghadapi masa-masa ujian, apa kabar? Semoga dengan bertambahnya kesibukan dan jam belajar tidak mengurangi motivasimu untuk mencapai hasil terbaik ya.

Eits, tak perlu stres berlebihan. Semua orang yang mengenyam bangku sekolah sudah pasti pernah melewati masa-masa ujian. Jadi, bersibuk ria saat ini bisa jadi merupakan investasimu di masa mendatang.

Baca Juga : Masuk Masa Ujian, 5 Kebiasaan Buruk Ini Wajib Ditinggalkan Dulu

Supaya kamu bisa menjalani ujian dengan tenang dan mantap, tak ada salahnya melakukan persiapan-persiapan yang matang. Apa saja sih persiapan matang yang bisa jadi amunisimu untuk menghadapi ujian yang sudah di depan mata? Ini dia beberapa tipsnya.

1. Rencanakan untuk do the best

Rencana itu penting banget. Ibarat kamu punya suatu tujuan, kamu sudah tahu banget mesti kemana dan lewat jalur yang mana. Pastinya jadi lebih jelas dan cepat sampai tujuan. Begitulah pentingnya sebuah rencana.

Untuk menghadapi ujian, kamu juga perlu untuk pasang goals dan berjanji do the best pada diri sendiri. Tetapkan reward jika goals mu berhasil juga tak ada salahnya.Beberapa hal yang masuk dalam rencana ini misalnya seperti prioritas waktu dan kegiatan yang mendukung ke arah persiapan ujian. Kurangi aktivitas yang kurang penting dan juga mengatur waktu belajar yang terukur.

2. Jaga kesehatan

Ini yang sering dilupakan. Kadang banyak yang kelewat percaya diri dengan tubuhnya saat proses persiapan menghadapi ujian. Tapi, banyak yang ambruk seketika pas hari H tiba. Jangan sampai ini terjadi.

Lebih baik jangan forsir tubuhmu untuk belajar sampai malam, apalagi begadang. Mengatur pola makan juga penting. Hindari makanan yang menjadi penyebab rasa sakit yang sering kamu alami.

Misalkan kamu sudah tahu kalau tubuhmu rentan dengan sakit tenggorokan kalau terlampau capek, maka sebaiknya hindari cemilan gorengan atau minum es terlalu banyak. Kamu yang paling tahu tentang dirimu.

3. Belajar konsisten, no sistem kebut semalam

Lebih baik langkah kecil untuk membentuk sesuatu yang besar. Daripada langkah besar yang tidak pernah kamu lakukan lagi. Itu berlaku juga untuk sistem belajar.

Belajar dengan sistem step by step sesuai tahapan materi akan lebih mudah diterima otak karena kamu berada dalam kondisi tidak tertekan. Sesuatu yang rileks tentu akan membuat lebih nyaman, kan?

Hindari Sistem Kebut Semalam (SKS) yang meningkatkan tingkat stresmu berkali-kali lipat. Ungkapan cepat ingat cepat lupa juga berlaku untuk SKS ini.

Lebih baik buat rincian yang akan kamu pelajari sehari-hari, buat jadwal Road to The Day. Kalau hari H ujianmu masih lama, bisa buat jadwal dalam beberapa minggu atau bulan sekaligus. Ini akan lebih memudahkanmu karena  kamu punya panduan untuk belajar. Materi mana yang harus dituntaskan lebih dulu sesuai jadwal ujianmu.

4. Memilih teman belajar yang tepat

Variasi belajar juga penting untuk kamu coba. Belajar sendirian terkadang agak membingungkan ketika kamu tak bisa memecahkan beberapa soal atau sedang membutuhkan teman diskusi.

Alternatif mengatasinya, kamu bisa memilih teman belajar yang tepat seperti bimbingan belajar terpercaya yang sedang bertebaran. Untuk kamu yang tinggal di kota-kota besar, khususnya di Jabodetabek, menghadirkan tutor ke rumah atau mengikuti bimbel privat boleh jadi pilihan. Selain menghemat waktu, juga lebih intensif.

Kamu bisa menentukan pilihan ke INSAN Cerdas yang layanannya tersebar di hampir sebagian besar wilayah Jabodetabek. Tentor yang merupakan alumni UI dan IPB sudah pasti berkualitas dan bisa jadi teman diskusi atau cuhat tipis-tipis tentang kesulitan yang kamu alami menjelang ujian. Untuk kamu yang penasaran dengan INSAN Cerdas, kamu bisa kepoin di lesprivatinsan.com.

5. Meminta restu orangtua

Jangan lupakan restu orangtua yang akan meringankan langkahmu. Saat orangtuamu tak terlalu sibuk, ungkapkan permohonanmu untuk mendoakan yang terbaik menjelang ujian. Dan juga berharap hasil yang terbaik pula.

Tak perlu malu, beranikan diri untuk khusus meminta restu orangtua yang akan membersamaimu dalam mempersiapkan hal-hal teknis lainnya. Restu orangtua sama dengan dengan restu dari Tuhan yang akan menjadi kekuatan tersendiri yang tak bisa dijangkau akal.

6. Terus berdoa yang terbaik

Apalah artinya usaha yang maksimal bila tanpa doa yang sungguh-sungguh. Tuhan tidak akan menyia-nyiakan usaha hamba Nya. Itu harus kamu yakini. Begitu pula tentang Tuhan tidak akan memberikan ujian melewati batas kemampuan hamba Nya.

Nah, anggap saja ujianmu kali ini sudha pasti sesuai kemampuanmu. Toh, kamu sudah belajar dengan baik. Sudah berharap yang terbaik dengan doa. Sekarang, saatnya untuk memasrahkan semuanya.

Baca Juga : 5 Skill yang Kamu Butuhkan untuk Bertahan di Dunia Kerja Modern

7. Mendekati ujian, rileks dan terapkan break day

Ambillah jeda untuk bernafas sebentar menjelang hari H ujian. Jangan biarkan kamu berjibaku terus menerus tanpa henti dengan buku, materi, soal-soal, dan segala persiapan belajar. ‘Serangan’ bertubi-tubi hanya akan memberatkan langkahmu saat benar-benar di ‘medan perang’.

Kalau kamu sudah mematuhi jadwal belajar dan persiapan lain yang sudah kamu rencanakan di awal, kamu tak perlu khawatir berlebihan. Tenagkan pikiran dan beri sugesti positif : “I can do it”, dan jangan lupa bangun lebih awal di pagi hari, isi perut dengan sarapan, dan boleh untuk intip-intip materi sesaat untuk recall sejenak sebagai pemanasan saja.

Yup, itu tadi 7 amunisi menghadapi ujian yang bisa kamu lakukan dan bikin hasil ujianmu tak mengecewakan. Tak ada salahnya berlelah-lelah di awal untuk mendapatkan hasil yang memuaskan kemudian. Percaya deh, hasil tak akan mengkhianati usaha. Good luck!

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar