6 Budaya Millennial yang Bisa Memajukan Kualitas Negara Indonesia

img_3558-web-ppa

Hai Sobat ICampus! Generasi Z adalah fokus utama dari kemajuan dan kualitas negara. Pasalnya dengan jumlah yang tidak sedikit generasi muda memiliki kendali penuh untuk membangun bangsa. Dan uniknya lagi ternyata ada 6 budaya millennial yang bisa memajukan kualitas negara Indonesia. Kira-kira apa saja ya?

Baca Juga : 5 Kerugian yang Kamu Dapat Saat Cepat Merasa Puas

1. Memiliki jiwa kreativitas tanpa batas

Kretiativitas adalah modal dari berbagai gerakan perubahan yang berhasil dilakukan para generasi millennials zaman sekarang. Bermodalkan ide-ide kreatif generasi muda saling berlomba untuk menciptakan inovasi yang jenius. Meskipun terkesan tidak membutuhkan usaha banyak namun demi menggodok karya yang berkualitas anak muda membutuhkan waktu dan fasilitas yang cukup mumpuni.

Efek pada Indonesia sendiri dapat berupa feedback yang membuat Nusantara lebih dikenal di kancah dunia. Persaingan dunia kreatif generasi millennial bangsa mampu menyaingi kualitas negara lain, sebut saja artis muda yang lahir dari ajang pencarian bakat seperti Marion Jola, atau pendangdut dari panggung ke panggung Via Valen yang sudah menyabet penghargaan di Rusia.

2. Kepedulian tinggi terhadap Negara dan keberanian membuat perubahan

Dunia politik dan pemerintahan sekarang bukan lagi hal tabu yang menjadi perbincangan para orang tua saja. Banyak generasi muda yang tertarik mengulik informasi kinerja pemerintah dan bertekad untuk berperan mengubah nasib bangsa lewat pencalonan diri menjadi wakil daerah. Kesadaran dan keberanian membuat perubahan bukan gak mungkin jika Indonesia bisa menjadi negara maju di masa depan.

3. Semangat tinggi untuk bisa sukses di usia muda

Semua orang ingin menjadi sukses dan mapan secara finansial selama hidupnya. Namun kini pandangan itu telah sedikit berubah karena banyak generasi muda yang berusaha dan besemangat tinggi untuk bisa sukses sejak usia muda. Keinginan ini membuat Indonesia dipenuhi dengan wirausaha yang merupakan hasil anak bangsa.

Mulai dari perusahaan start up, bisnis mempromosikan makanan khas daerah, hingga mengelola wisata lokal Indonesia. Millennial yang punya pemikiran seperti ini akan membawa dampak banyak bagi Negara.

4. Zaman canggih yang membuat kita melek internet

Dan kebiasaan dan budaya yang paling melekat erat pada millennial adalah melek teknologi. Meskipun ada beberapa dampak negatif dari kecanggihan ini namun banyak generasi muda yang memanfaatkannya dalam hal positif. Misalnya menjadikan internet sebagai pusat informasi dan berita terbaru untuk mengikuti perkembangan yang terjadi, menjadikan internet sebagai tempat belajar, dan hiburan yang mendidik.

Baca Juga : Jangan Sedih, 5 Keuntungan yang Dirasakan oleh Mahasiswa Pasif

5. Kepribadian dinamis dan cepat beradaptasi

Berbeda dari orang zaman dulu yang dikenal ‘kolot’ masyarakat kekinian sekarang lebih dinamis dan mudah menerima perubahan karena sifatnya yang cepat beradaptasi. Keuntungan ini membuat generasi penerus bangsa bisa terus bersaing dan mengembangkan sesuatu yang ditekuninya agar lebih baik lagi.

Karena jika cepat berpuas diri atau berpatok dengan satu standar maka sulit untuk memberi kemajuan pesat bagi sebuah negara. Pokoknya Indonesia patut bangga deh sama millenial zaman sekarang yang punya kepribadian dinamis dan cepat beradaptasi seperti ini!

6. Ikut berperan aktif dalam mempamerkan Indonesia

Standar pekerjaan yang identik dengan berangkat sejak pagi ke kantor, berseragam rapi dan mengikuti peraturan perusahaan kini telah berubah. Para millenial kreatif ini sekarang bertransformasi menjadi bos sekaligus karyawan bagi pekerjaan mereka. Mulai dari freelancer, pendiri start up, sampe content creator di Youtube semua bekerja secara mandiri.

Dan yang hebatnya lagi banyak anak muda yang membangun suatu usaha dengan memamerkan budaya lokal. Dengan menciptakan brand lokal yang berhasil mendunia, fokus mempromosikan kekayaan alam Indonesia, hingga berprestasi lewat dunia edukasi dunia.

Perubahan pada karakter anak muda zaman sekarang sedikit banyak dipengaruhi oleh kemajuan zaman yang makin canggih. Makanya penting banget buat kamu punya kuota melimpah dan terus up to date dengan internet murah meriah, berkualitas dengan kecepatan #Super4GKuota ngebut dari Smartfren. Karena kalau anak muda mau berusaha mungkin banget Indonesia jadi negara maju di masa mendatang!

 

 

 

 

 

Sumber ; Idntimes,com

Komentar