Gak Akan Rugi, Ini 5 Kegiatan Amal yang Bisa Kamu Lakukan Sejak Muda

menggenggam-tangan

Hai Sobat ICampus! Sebagai generasi muda, sayang sekali rasanya jika masa belia hanya dihabiskan untuk bersenang-senang dan sibuk dengan diri sendiri. Untuk itu kamu perlu melakukan beberapa kegiatan positif yang bisa bermanfaat buat sesama.

Ada banyak kegiatan amal yang dapat kamu biasakan sejak muda.  Salah satunya dengan berbagi. Tujuannya untuk melatih diri agar senantiasa peka terhadap lingkungan sekitar.

Baca Juga : 5 Langkah untuk Mengubah Passion Kamu Menjadi Karier! 

Nah, untuk memulainya, kamu cuma butuh niat tulus, ikhlas, serta komitmen untuk menjalankannya. Biar masa muda kamu makin bermanfaat, berikut ini ada 5 kegiatan berbagi yang bisa kamu biasakan.

1. Rajin donor darah

Ada banyak manfaat jika kamu rutin melakukan donor darah. Dilansir dari Boldsky.com, ada sejumlah manfaat melakukan donor darah, diantaranya menurunkan risiko kanker dan jantung, mengurangi berat badan, hingga membuat pikiran lebih stabil. Untuk itu tak perlu khawatir dengan jarum suntik saat melakukan donor darah.

Bagi kaum adam, donor darah bisa dilakukan setiap tiga bulan sekali, sementara wanita setiap empat bulan sekali. Datangi Palang Merah Indonesia (PMI) yang ada di sekitarmu untuk melakukan donor darah. Selain membuat tubuh sehat, donor darah bermanfaat untuk menolong orang lain yang membutuhkan transfusi darah.

2. Bagikan ilmu yang kamu punya kepada adik-adik di wilayah pelosok

Tidak semua anak-anak usia sekolah di negeri ini beruntung mengecap pendidikan. Himpitan ekonomi, akses sekolah yang sulit, keterbatasan tenaga pengajar, dan beberapa faktor lain kerap membuat anak-anak di wilayah pelosok sulit merasakan kegiatan menimba ilmu. Untuk itu gak ada salahnya bagi kamu anak muda untuk ikut andil berbagi ilmu kepada mereka.

Coba lihat lagi daerah domisili tempat kamu tinggal. Mungkin masih ada adik-adik usia sekolah yang belum mendapatkan kesempatan pendidikan formal. Kamu bisa hadir di tengah-tengah mereka untuk berbagi ilmu yang kamu punya, seperti mengajar mereka membaca, menulis, berhitung, serta nilai-nilai kebaikan.

Anak-anak pelosok berhak untuk memperoleh pendidikan yang baik karena mereka adalah bagian dari generasi anak negeri yang akan memimpin bangsa di masa mendatang.

Untuk itu, kegiatan ini sungguh mulia. Karena kamu berupaya membuka jalan mereka memperoleh ilmu. Ini tentu menjadi amalan baik yang dapat kamu lakukan untuk sekitar. Masa muda pun jadi penuh manfaat kan?

3. Buat agenda rutin dengan teman-teman untuk mengumpulkan barang bekas layak pakai

Tentu setiap dari kamu punya barang-barang bekas yang masih layak pakai. Entah itu baju, sepatu, buku, peralatan makan-minum, atau barang elektronik. Semua bisa kamu manfaatkan untuk dibagikan ke orang-orang yang membutuhkan. Kamu bisa melakukan agenda ini rutin, seperti setiap sebulan sekali.

Ajak teman-teman di sekitar kamu untuk berpartisipasi mendonasikan barang-barang mereka. Kamu bisa menyalurkan barang-barang tersebut ke panti asuhan,  anak-anak jalanan, atau korban pengungsian bencana alam untuk membantu mereka memenuhi kebutuhannya.

Ingat ya, jangan sampai barang yang dikumpulkan sudah tidak layak pakai. Mau bagaimana pun mereka yang kamu beri bantuan tentu perlu barang yang masih layak digunakan.

4. Jadi relawan untuk kegiatan bersih-bersih lingkungan

Gak ada salahnya kamu ikut andil jadi relawan untuk kegiatan sosial di sekitar. Kamu bisa mulai dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan seperti pantai. Kegiatan ini bisa dilakukan di akhir pekan saat libur bekerja, kuliah, atau sekolah.

Menjadi relawan akan melatih diri kamu untuk peka terhadap lingkungan. Semoga dengan kegiatan menjadi relawan dapat memotivasi orang-orang di sekitar untuk sadar lingkungan.

Jangan sampai tumpukan sampah plastik membuat panorama ciptaan Tuhan di pantai  jadi gak indah di mata. Ajak instansi dan juga lembaga terkait setempat untuk terlibat aksi ini. Semakin banyak orang terdorong untuk menjadi relawan, tugas pun semakin mudah dilakukan.

Baca Juga : Ini Dia 5 Tips Sederhana yang Bikin Hidupmu Lebih Bermakna 

5. Bagi-bagi rezeki dengan menyediakan menu buka puasa

Untuk kegiatan yang satu ini, jangan ragu lagi deh untuk gak dikerjakan. Kamu bisa beramal dan mendapatkan pahala dengan berbagi rezeki menyediakan menu buka puasa pada saudara kita yang tengah berpuasa.

Kegiatan ini bisa kamu rutinkan setiap pekan. Misalnya, kamu menyediakan menu buka puasa di masjid A bagi mereka yang berpuasa sunnah Senin dan Kamis.

Menyediakan makanan dan minuman untuk mereka yang berbuka puasa adalah pekerjaan mulia. Jangan sungkan untuk memotivasi keluarga dan teman-temanmu untuk ikut andil menyisihkan rezeki untuk mereka yang berpuasa. Dengan berbagi, rezeki makin lapang dan hati pun tenang.

Demikianlah beberapa kegiatan amal yang bisa kamu lakukan sejak muda.

Berbagi itu gak sulit, semua orang bisa melakukannya. Dengan berbagi, kamu mencoba untuk menorehkan kebahagiaan untuk orang lain. Asal, lakukan dengan hati senang dan ikhlas ya.

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar