Mumpung Masih Muda, 7 Keputusan Hidup Ini Gak Bakal Kamu Sesali Lho!

work-for-it

Hai Sobat ICampus! Apa yang kamu lakukan di masa mudamu sekarang menentukan bagaimana masa tua nanti. Kalau kamu kerap berusaha dengan gigih, maka kamu akan terhindar dari berbagai penyesalan. Segala keputusan yang kamu ambil turut berpengaruh buat masa mendatang. Gak peduli keputusan itu terbilang besar atau kecil sekalipun.

Tentu kamu paham kalau masa muda cuma datang sekali seumur hidup. Itu artinya, kamu gak boleh menyia-nyiakannya. Biar masa mudamu lebih berfaedah, ini dia tujuh keputusan hidup yang gak bakalan kamu sesali.

Baca Juga : 5 Cara Atasi Perasaan Capek Saat Pertama Kali Masuk Dunia Kerja 

1. Melangkah keluar dari zona nyaman

Berada dalam zona nyaman memang membuatmu merasa betah dan asyik sendiri. Tapi kalau dipikir-pikir, terus terkurung dalam kenyamanan membuat potensi diri kurang terasah. Cobalah untuk berani melangkah keluar dari kenyamanan tersebut. Buat apa ragu, selama ini gak pernah ada satu pun orang yang menyesal saat berhasil keluar dari zona nyaman. Selagi kamu masih terbilang muda, tunggu apa lagi?

2. Berpisah dengan teman-teman toxic

Lihat lagi apakah selama ini pertemananmu bermanfaat atau malah sebaliknya. Kalau dirasa kawan-kawanmu lebih banyak menularkan sisi negatif, tentu kamu tahu harus gimana. Adalah keputusan yang benar saat kamu akhirnya berpisah dengan mereka yang tergolong toxic. Jangan takut gak punya teman. Masih banyak kok, orang-orang berjiwa positif di luar sana yang layak kamu jadikan teman.

3. Mengakhiri hubungan yang gak sehat

Saat mau mengakhiri percintaan yang gak sehat, boleh jadi kamu merasa bimbang. Sebaiknya kamu hilangkan dulu semua keraguan itu. Kamu gak akan menyesal memutuskan hubungan beracun. Justru sesal itu akan datang ketika kamu lebih lama mencoba bertahan di sana. Ini bukan perkara kamu gak setia, tapi kamu harus sadar betul mana hubungan yang pantas dijalani dan mana yang enggak.

4. Resign dari pekerjaan yang gak disukai

Ada banyak faktor yang bikin kamu gak betah bekerja. Entah atas hal apa, pastinya kamu punya pertimbangan sendiri kenapa kamu gak menyukai pekerjaan tersebut atau bahkan sampai membencinya. Daripada terus memaksakan diri, kenapa gak memberanikan diri buat resign?Namun sebelum resign, pastikan kamu punya lebih banyak alasan untuk pindah ketimbang alasan untuk bertahan.

5. Memulai work-life balance

Sejak usia muda, kamu harus bisa menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan. Jangan sampai pekerjaan menjarah seluruh waktumu hingga kehidupan pribadi jadi kacau balau. Kamu bakalan merasakan sendiri perbedaannya saat memutuskan untuk memulai work-life balance. Dijamin kamu gak bakalan menyesal. Malah yang ada kamu akan bersyukur membuat keputusan cerdas seperti ini.

6. Lebih mencintai diri sendiri

Tanpa adanya rasa cinta pada diri sendiri, kamu jauh lebih mudah tersakiti. Entah itu sakit karena pemikiran dari diri sendiri atau perbuatan orang lain. Dengan hadirnya self-love, akan ada benteng gak kasat mata yang kamu bangun untuk melindungi diri sendiri. Bagi kamu yang kerap merasa insecure, buatlah keputusan untuk lebih mencintai dirimu. Memang sudah waktunya kamu tanamkan self-love dan memupuknya tiap waktu.

Baca Juga : Ini Dia 5 Tips Sederhana yang Bikin Hidupmu Lebih Bermakna 

7. Belajar memperdalam suatu keahlian

Skill yang kamu punya sekarang mesti terus digali. Apapun bentuk keahlianmu, belajarlah untuk memperdalamnya. Ini sama dengan kamu meningkatkan kualitas diri, lho. Ketika punya keahlian tertentu, kamu jadi punya nilai plus di mata orang. Yang terpenting, kamu jugalah yang akan bangga dan kepercayaan dirimu akan melonjak.

Seperti kata kutipan singkat tapi sarat makna: “You only live once” alias kamu hanya hidup sekali. Jadikan masa mudamu lebih berwarna dengan keputusan-keputusan cemerlang yang kamu buat!

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar