5 Cara Ini Bisa Melindungi Kesehatan Mentalmu dari Medsos!

mang

Hai Sobat ICampus! Berkembangnya zaman pastinya diikuti dengan perkembangan teknologi. Bahkan kini teknologi komunikasi seperti gadget sudah sangat akrab dengan manusia. Alat komunikasi ini membantu manusia dalam berinteraksi melalui berbagai media sosial.

Tapi pernahkah kamu merasakan tertekan atau perasaan tidak enak setelah menggunakan media sosial. Walaupun tidak semuanya seperti itu, namun medsos selain memiliki manfaat pastinya memiliki dampak buruk. Baik buruk bagi kesehatan mentalmu dan pola pikirmu menjadi terganggu.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai cara yang tepat saat kamu sering merasa tertekan setelah menggunakan medsos.

Baca Juga : 5 Manfaat Sering Mengikuti Lomba Saat Menjadi Mahasiswa

1. Tentukan medsos pemicu perasaanmu

Jika kamu merasa mudah sakit hati atau sebal dengan tulisan orang yang tak menyukaimu. Pastinya hal ini dapat membuatmu merasa tertekan dan akhirnya terbawa depresi. Kamu harus pandai dalam memilih media sosial. Pilihlah yang menurutmu paling bermanfaat untukmu.

Hindari medsos yang dapat mengganggu kesehatan mental dan pastinya batasi penggunaannya. Atau jangan terlalu kamu pikirkan sampai terlalu jauh tulisan orang lain. Lagi pula daripada masalah hanya ditulis alangkah baiknya jika diungkapkan dengan baik.

2. Ubah cara pikirmu

Cobalah untuk memandang kehidupan media sosial secara lebih berbeda dan rasional. Yakinkan dirimu bahwa semua yang di dunia nyata terkadang tak sesuai dengan kehidupan nyata. Kamu juga tak harus iri dan tidak bersyukur atas kehidupanmu.

Berhenti mencari tahu kehidupan orang lain yang menurutmu dapat membuat rasa iri atas kehidupannya. Hal ini yang dapat menyebabkan dirimu mempengaruhi kesehatan mental. Berlatih untuk lebih berpikir sehat dan berdasarkan bukti nyata.

3. Berlatih dengan perasaan sendiri

Latih perasaanmu ketika berinteraksi melalui media sosial. Coba cari tahu media sosial mana yang membuatmu merasa tertanggu kesehatan mentalnya. Setelah itu mulailah untuk bersikap positif apapun yang tidak sesuai denganmu.

Kenali respon refleksmu yaitu pikiran dan perasaan negatif yang muncul secara tiba-tiba. Ketika kamu mampu menguasai perasaan dirimu, kamu akan sangat tenang dan nyaman tanpa rasa iri saat bermedia sosial.

4. Fokus dengan hal baik

Fokus dalam hal baik mulai dari bercermin dan bersyukur atas apa yang positif dalam hidup. Hal ini sangat penting dalam menangkal dampak negatif dari media sosial. Ketika kamu mampu bersyukur maka hatimu akan menjadi tenang dan pikiranmu menjadi lebih baik.

Selain itu kamu juga akan menjadi pribadi yang lebih menikmati kehidupan dengan tidak melihat kehidupan orang lain. Tetap fokus dengan hal baik yang dapat mengubah hidupmu kedepannya.

Baca Juga : Ini Dia 5 Tips Sederhana yang Bikin Hidupmu Lebih Bermakna

5. Luangkan waktu untuk berkomunikasi langsung

Selain berinteraksi di media sosial, cobalah untuk meluangkan sedikit waktumu untuk berkumpul secara langsung. Hal ini terbukti akan meningkatkan perasaan bahagia dan menjaga pertemanan.

Daripada hanya bercanda atau bertukar kabar memalui tulisan, maka dengan bertemu kamu akan bisa saling berbagi cerita hidup. Hal ini yang dapat meningkatkan rasa kepedualian dan ketenangan mentalmu.

Kesehatan mental sangat penting bagi kehidupan dikarenakan dari pikiran yang baik akan menunjukkan tindakan yang baik pula. Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar