Merasa Pantas adalah Salah Satu Kunci Kesuksesan, Ini 5 Alasannya!

membaca

Hai Sobat ICampus! Pernahkah kamu merasa rendah diri? Atau merasa tidak pantas mendapatkan apa yang orang-orang sebut sebagai kesuksesan? Kalau iya, wajar-wajar saja karena hampir semua orang pernah merasakan hal tersebut pada saat tertentu.

Namun, apa jadinya bila kamu terus-terusan merasa gak pantas dan minder untuk meraih kesuksesan yang kamu impikan. Jangankan memulai, membayangkannya saja mungkin kamu tidak berani, betul?

Oleh karena itu, stop merasa tidak pantas ya, karena banyak orang yang merasa tidak pantas karena takut dianggap ‘tidak tahu diri’ dan minder akibat kepercayaan diri yang terlalu rendah. So, daripada penasaran yuk kita simak dulu lima alasan kenapa merasa pantas adalah salah satu kunci kesuksesan.

Baca Juga : 5 Manfaat Sering Mengikuti Lomba Saat Menjadi Mahasiswa

1. Kamu tidak akan mau maju kalau terus merasa tidak pantas

Langkah paling awal untuk bisa meraih kesuksesan adalah dengan memantaskan diri, setuju? Nah, pada tahap ini biasanya banyak orang yang minder dan merasa tak pantas akibat kelemahan atau kekurangan yang dimilikinya.

Misalnya, kamu merasa berasal dari keluarga dengan ekonomi pas-pasan sehingga kamu enggan untuk melanjutkan pendidikan tinggi padahal kamu sebenarnya punya prestasi yang cemerlang.

Nah, dari contoh tersebut ketika kamu merasa tidak pantas akhirnya kamu berhenti melanjutkan pendidikan tinggi yang kamu idamkan, padahal bila kamu memantaskan diri maka kamu akan berusaha agar mampu melanjutkan pendidikan tinggi dengan cara yang positif, contohnya dengan beasiswa. Oleh karena itu, mulai sekarang belajarlah untuk memantaskan diri sesuai versi terbaikmu dan jangan mudah menyerah ya!

2. Merasa pantas akan membuatmu berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Seringkali kita mengeluh dengan keadaan ketika kita merasa gak pantas, baik disadari atau tidak. Lho kok bisa? Ya, biasanya orang yang minder terkadang mengeluh ketika membandingkan diri mereka dengan orang lain yang dinilai jauh lebih baik dan bahagia.

Padahal sejatinya, dengan merasa pantas kamu bisa menghentikan kebiasaanmu yang suka membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Karena, saat merasa pantaslah kamu merasa setiap orang berhak untuk bahagia dan lebih baik lagi sesuai jalannya masing-masing. Setuju bukan?

3. Merasa pantas akan membuatmu lebih mensyukuri hidup

Seperti yang sudah disinggung pada poin di atas, bahwa dengan merasa pantas kamu akan berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Nah, hasilnya kamu malah akan lebih bersyukur dengan hidup yang sudah kamu punya. Sebab, kamu sudah merasa bahagia dan pantas dengan apa yang kamu punya.

Lalu, ketika kamu memantaskan diri dengan apa yang ingin kamu capai maka kamu akan lebih bersyukur lagi karena kamu sudah tidak terlalu memikirkan hasil yang dicapai. Berhasil atau tidak kamu tetap akan bersyukur karena sudah punya kesempatan emas untuk melakukan hal terbaik yang kamu bisa.

4. Merasa pantas bukan berarti sombong namun memotivasi diri agar lebih baik lagi

Mungkin ada di antara kamu yang berpikir bahwa merasa pantas identik dengan mengembangkan perasaan sombong dalam diri. Eitts, jangan negative thinking dulu nih sebab sebab merasa pantas disini adalah agar kamu lebih percaya diri dan termotivasi lagi untuk meraih impianmu.

Coba pikir deh, gimana mau berhasil kalau untuk memulai saja kamu sudah tak berani akibat perasaan tidak pantas tersebut? Jadi, mari kita belajar untuk mengembangkan perasaan percaya diri ya!

Baca Juga : 5 Tips Mengetahui Minat & Potensi untuk Memilih Jurusan Kuliah

5. Perasaan pantas akan bermanfaat bila ‘pada tempatnya’

Terakhir, perasaan pantas yang sudah kamu kembangkan akan sangat bermanfaat bila digunakan pada tempatnya. Artinya, kamu harus tahu sejauh mana batasan bagi dirimu untuk merasa pantas dan tidak melebihi kadarnya. Terkadang, beberapa orang terjebak dengan perasaan pantas yang berlebihan sehingg bukan cuma sebutan sombong yang akan didapatkannya melaikan cap ‘tidak tahu diri’. Jadi, tetap waspada dengan perasaan pantas ya sehingga semoga kesuksesan yang kamu impikan semakin mendekat dan bukan menjauh akibat perasaan pantas yang berlebihan tersebut.

Jadi, sudahkah kamu mulai merasa pantas?

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar