Ini Dia 5 Tips Sederhana yang Bikin Hidupmu Lebih Bermakna

529a881edbfb18714b65a5d7e1409720

Hai Sobat ICampus! Siapapun pasti menginginkan hidup yang bermakna, tenang dan bahagia. Namun memunculkan pikiran positif ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Berikut lima tips yang hendaknya dilakukan agar hidup lebih bermakna.

Baca Juga : 7 Cara Ini Bisa Membantumu Memilih Jurusan Kuliah, Gak Galau Lagi!

1. Jangan berpikir negatif pada diri sendiri

Lihat ke dalam diri kita, bahwa sudah banyak sekali kelebihan yang Tuhan berikan secara cuma-cuma. Banyak juga di bawah sana yang lebih menderita dari kita, tapi mereka tetap bersyukur dan ikhlas menjalani kejamnya kehidupan.

Jadi jangan risau atas kekurangan kita. Justru dengan kekurangan itu kita menjadi spesial dibanding yang lain. Jadikan kelemahan kita sebagai pemacu semangat guna meraih kesuksesan.

Lihatlah ke bawah, di mana ada banyak orang yang bisa melakukan banyak kebaikan. Apa kita tidak malu dengan mereka? Sedangkan kita punya banyak kelebihan namun tidak berjuang untuk menjadi insan yang bermanfaat.

Ayo bangkit, yang kita butuhkan adalah terus bergerak, bukan diam dan meratapi keadaan.

2. Manfaatkan waktu luang sebaik mungkin

Kesempatan tidak datang dua kali, sebagaimana juga waktu yang berlalu tidak akan kembali lagi. Manfaatkan sebaik mungkin kekosongan kita untuk menebar kebaikan, setidaknya kebaikan itu akan bermanfaat bagi diri sendiri.

Isi waktu luang dengan kegiatan positif seperti membaca buku, membaca artikel online,berolahraga, atau hal bermanfaat lainnya.

3. Berperilaku dengan bahasa tubuh positif

Hendaknya kita selalu berusaha bersikap baik atas siapa saja yang hadir dalam kehidupan kita, karena dengan itu pula orang-orang akan menilai karakteristik diri kita sebenarnya.

Tentu orang akan merasa nyaman dan senang bila kita murah senyum, mudah diajak berkomunikasi, suka menyapa dan bersahabat. Bahasa tubuh positif juga akan berdampak pada emosional kita. Jika sudah begitu, maka hidup akan terasa lebih indah dan bahagia.

4. Jangan lontarkan kata-kata yang tidak baik

Salah satu cara menciptakan kebahagiaan adalah dengan berinteraksi dengan orang lain, berinteraksilah dengan baik agar kita juga mendapat timbal balik yang baik pula.

Jika ada yang patut dipuji, maka pujilah dengan sewajarnya. Jika ada yang patut dikomentari, maka komentarilah tanpa menyinggung perasaannya.

Jika ada yang patut didukung dan diberi semangat, maka dukunglah dengan ucapan doa yang baik.

Namun jika ada kesalahannya, jangan sesekali mengungkitnya. Jika mereka melakukan kebaikan pada kita, sampaikan terima kasih yang tulus juga melegakan.

Baca Juga : Jangan Sepelekan, 7 Kebiasaan Ini Bisa Menganggu Masa Kuliahmu

5. Jangan berlebihan memikirkan sesuatu

Terkadang kita suka tak sadar bahwa kita telah mengulur-ulur waktu karena memikirkan suatu keputusan yang hendak diambil.

Jangan terlalu mengkhawatirkan kemungkinan-kemungkinan buruk yang belum tentu terjadi, karena itu hanya akan menghambat kita. Sebelum mengambil keputusan, pastikan kita tidak dikuasai emosi.

Demikian lima tips yang penting dilakukan agar hidup kita lebih bermakna. Semoga bermanfaat ya.

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar