Wajib Waspada! Ini 5 Korupsi yang Sering Dilakukan Mahasiswa di Kampus

kelompok

Hai Sobat ICampus! Mahasiswa identik dengan berbagai ide-ide cemerlang. Tak jarang mahasiswa dianggap sebagai kaum intelektual. Mereka kerap mengkritisi berbagai kebijakan pemerintah yang dinilainya tak sejalan dengan tujuan dan kesejahteraan rakyat.

Namun, kadang citra mahasiswa sebagai kaum intelektual tersebut rusak karena beberapa perilaku yang bertentangan dengan titelnya sebagai mahasiswa. Bahkan, perilaku tersebut menjurus kepada perilaku koruptif yang berbahaya bagi bangsa dan negara! Yuk, simak apa saja perilaku koruptif tersebut.

Baca Juga : Mendaftar Lintas Jurusan? Sontek 5 Cara Ini Agar Sukses Lolos Ujian!

1. Titip presensi dan bolos kuliah

Ayo, ngaku, siapa yang suka titip presensi dan bolos kuliah? Ternyata, perilaku tersebut termasuk dalam tindak korupsi, lho. Hal ini bisa mengindikasikan bahwa kamu adalah mahasiswa yang malas! Biasanya, tujuan perilaku ini untuk menghindari dosen yang tidak kamu suka.

Nah, bagi kamu yang sudah pernah melakukan kegiatan buruk tersebut, segeralah untuk berubah. Jika memang kamu tidak bisa menghadiri perkuliahan, sebaiknya kamu mengirimkan surat izin kepada dosen yang bersangkutan. Mulailah untuk bertindak jujur!

2. Menyontek lembar jawaban teman

Yup, menyontek saat ujian berlangsung adalah perilaku koruptif, lho! Berbagai alasan biasa dipakai, seperti kurang persiapan atau materi tidak terduga yang tiba-tiba muncul di lembar ujian.

Mahasiswa yang jujur pasti akan menjawab soal-soal yang diberikan semampunya, tanpa mengandalkan catatan kecil atau menyalin jawaban orang lain. Ingat, penilaian dosen terhadapmu bukan sekadar di atas kertas saja, lho, perilaku dan juga sikapmu terhadap orang lain pun akan dinilai.

3. Copy-paste tugas teman

Duh, siapa yang masih suka copy-paste tugas temannya? Plagiarisme merupakan kegiatan mencatut karya orang lain tanpa mencantumkan sumber tulisan dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas dengan cepat. Kegiatan ini sudah dianggap lumrah oleh sebagian orang, lho! Jika dibiarkan, hal tersebut akan menjadi kebiasaan yang koruptif.

Untuk kamu yang sering melakukan copy-paste tugas teman, yuk, mulai untuk mengerjakan tugasmu sendiri. Jika kamu menemui kendala yang tidak dapat kamu selesaikan, mintalah bantuan dosen atau temanmu yang paham. Bangun kepercayaan dirimu, ya!

4. Memalsukan data untuk beasiswa

Tak jarang kampus memberikan kesempatan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi atau kurang mampu. Mahasiswa diharuskan untuk mengisi berbagai data dan melengkapi dokumen sebagai syarat mendapatkan beasiswa. Namun, kamu harus waspada loh!

Jangan sampai kamu memalsukan data atau tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, misalnya kamu memalsukan data nilai agar mencapai IPK yang diisyaratkan atau mengaku sebagai mahasiswa yang kurang mampu. Tindakan ini merupakan tindakan yang sangat tidak terpuji, dan merupakan tindakan koruptif! Bagaimana kamu akan menjadi pemimpin yang adil di masa depan, jika saat kuliah saja kamu sudah tidak jujur? Integritas itu penting, ya!

Baca Juga : Bad Mood Belajar? Ini nih, 5 Cara Santai dan Asik Agar Belajar Lebih Efektif

5. Menggunakan uang kuliah untuk kepentingan pribadi

Bagi kamu yang mulai memasuki semester baru perkuliahan, pasti disibukkan dengan berbagai macam pembayaran. Beberapa di antarnya, seperti uang kuliah, buku mata kuliah, hingga berbagai peralatan penunjang perkuliahan. Nah, jangan sampai uang yang diberikan oleh orangtuamu digunakan untuk keperluan pribadi yang tak berkaitan dengan kuliah.

Mulailah untuk berhemat dan gunakan uang yang ada dengan bijak. Dengan begitu, kamu bisa meringankan beban orangtuamu. Jangan sampai benih-benih korupsi tumbuh di dalam dirimu karena sering menggelapkan uang kuliah untuk keperluan pribadimu.

Nah, itulah lima perilaku koruptif yang wajib kamu hindari sebagai mahasiswa. Jangan sampai perilaku tersebut menjadi suatu kebiasaan! Berpegang teguhlah pada pendirian dan integritas. Semoga kita dijauhkan dari perilaku tersebut, ya!

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar