5 Tips Mudah Untukmu yang Bingung Menentukan Ide Dalam Menulis

529a881edbfb18714b65a5d7e1409720

Hai Sobat ICampus! Dalam menulis, tentunya ide menjadi modal awal yang harus kamu miliki. Karena ketika kamu tidak memiliki ide atau bahan untuk menulis, tentunya akan menyulitkanmu untuk memulai tulisanmu. Tapi nyatanya tak semua orang bisa dengan mudahnya menemukan ide itu. Alhasil hasrat untuk menulis pun akhirnya tidak terlaksana karena tak kunjung menemukan ide. Nah, buat kamu ni yang sering merasa kebingungan dalam menentukan ide dalam menulis, mungkin beberapa tips dibawah ini bisa kamu coba.

Baca Juga : 5 Tips Supaya Kamu Bisa Liburan ke Luar Negeri Saat Kuliah

1. Lihat dan peka lah terhadap sekitarmu, karena ide bisa saja muncul dari situ

Ide itu sebenarnya mudah didapat asalkan kamu bisa melihat celah dan peka dengan keadaan sekitar. Dari kegiatan sehari-hari yang kamu lakukan atau dari kegiatan orang lain, sebenarnya ide bisa muncul. Hanya saja terkadang kita tidak sadar bahwa apapun hal, sebenarnya bisa menimbulkan ide yang pada akhirnya bisa menghasilkan sebuah tulisan yang menarik untuk dibaca. Itu semua tergantung bagaimana kamu dalam menciptakan dan merangkai kata-kata semenarik mungkin sehingga menarik minat pembaca.

2. Coba ingat-ingat lagi pengalaman pribadi atau orang terdekatmu yang menarik untuk di ulik

Ide pun bisa muncul dari pengalaman pribadi yang kamu alami atau pengalaman orang terdekatmu. Biasanya ketika hal itu kamu sendiri yang alami atau hasil cerita maupun curhatan orang sekitar kepadamu, itu akan lebih mudah untuk dituangkan dalam sebuah tulisan. Jadi kalau kamu sedang kehabisan ide, coba deh ingat-ingat lagi pengalaman apa yang menarik untuk bisa kamu ulik. Siapa tahu setelah mencoba mengingat kembali banyak ide yang kamu dapatkan. Jadinya kamu pun bisa menuangkan ide tersebut di websitenya IDN Times Community. Syukur-syukur kalau sampai bisa mendapatkan bonus 3000 poin kan jadinya bisa menang banyak!

3. Biasakan dan latih dirimu untuk membaca. Karena dari membaca ide pun bisa terbuka

Membaca itu gak melulu harus buku ataupun novel. Kamu bisa membaca artikel, status yang dibuat orang-orang di social media dan juga caption yang disematkan orang-orang ketika posting sesuatu di Instagram milik mereka atau hal-hal lainnya. Jadi yang paling penting itu cobalah untuk selalu melatih dan membiasakan dirimu membaca. Karena dengan membaca gak cuma ide yang kamu dapatkan, tentunya kamu akan semakin banyak ilmu dan juga menambah wawasanmu dari yang tadinya tidak tahu menjadi tahu.  So, jangan sampai budaya malas membaca melekat pada dirimu ya!

4. Buat kamu yang hobi nonton film entah itu di bioskop, laptop, ataupun TV, ide bisa kamu dapatkan dari sana

Jadi gak hanya dengan membaca buku, dari hobi, kegiatan atau aktivitas sehari-harimu seperti menonton pun dapat memunculkan ide untuk tulisanmu. Misalnya ketika kamu menonton film dilan yang terkenal dengan gombalannya itu. Bisa saja kamu membuat tulisan dengan judul “Beberapa Gombalan Dilan yang Bisa Bikin Klepek-Klepek Hati Wanita”. Nah itu semua tergantung bagaimana kamu menemukan dan menciptakan ide itu sendiri. Gak sulit kan sebenarnya?

Baca Juga : 6 Trik yang Wajib Diterapkan Saat Hadapi Banyak Tugas 

5. Kamu bisa meminta saran kepada teman atau melontarkan pertanyaan di social media milikmu terkait ide apa yang menarik untuk dibahas

Nah yang terakhir ni, ketika kamu sudah buntu dengan ide, cara yang paling mudah kamu bisa meminta saran teman-temanmu atau kamu pun bisa menggunakan fitur question di Instagram untuk menanyakan kepada orang-orang terkait ide apa yang menarik untuk dibahas. Mana tahu ide yang mereka sampaikan pernah kamu alami, hanya saja tak kamu sadari untuk bisa diangkat menjadi tulisan. Jadi, dengan begitu kamu pun terbantu untuk bisa mengasah dan menggali otakmu untuk bisa mengingat kembali pengalaman yang pernah kamu alami.

Oke, itu lah tips yang mungkin bisa kamu coba ketika berada dalam kebuntuan menemukan ide untuk menulis. Semoga tips tersebut dapat membantu kamu semua yaa. Tetap semangat menulis!

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar