8 Cara Keren Meluluhkan Hati Dosenmu Agar Bisa Cepat Lulus Kuliah

selandia

Hai Sobat ICampus! Saat menjalani bangku perkuliahan, pastinya setiap mahasiswa mendambakan untuk lulus cepat dan segera mendapatkan pekerjaan. Namun, banyaknya mahasiswa yang menjaga jarak dengan dosen dan tak bersungguh-sungguh dalam menjalani kuliah membuat banyak para mahasiswa lambat lulus, hingga dicap mahasiswa abadi.

Memang betul, jika kuliah gak akan menjamin masa depan, tetapi kelamaan lulus pun bukankah sama-sama bikin orangtua nambah beban? Daripada kamu harus lambat lulus karena ada mata kuliah yang gagal, mending kamu luluhkan hati dosenmu dengan 8 cara di bawah ini.

Baca Juga : Jangan Sepelekan, 7 Kebiasaan Ini Bisa Menganggu Masa Kuliahmu

1. Kerjakan tugas dengan on time

Bukankah bapak ibu dosen biasanya sebelum memulai perkuliahan, mereka akan memberikan persenan nilai untuk tugas dan ujian? Begitupun dengan menjelaskan silabus materi kuliah yang akan diemban olehmu.

Nah, kalau dosen memintamu untuk mengerjakan tugas kamu harus on time mengerjakannya karena nilai tugas akan banyak membantumu ketika nilai ujianmu tak cukup bagus.

2. Berikan yang terbaik ketika ujian dan presentasi

Persiapkan dengan matang ketika ujian dan presentasi agar kamu tak perlu mengulang mata kuliah. Ketika ujian dan presentasimu bagus, dosen akan mulai melirikmu sebagai mahasiswa yang rajin dan mau bekerja keras dalam belajar.

3. Tunjukkan prestasimu

Hampir sama dengan poin sebelumnya, dosen biasanya akan mulai memperhatikan mahasiswa yang berperestasi dan biasanya mereka akan menganggapmu orang yang bersungguh-sungguh. Tak sulit menunjukkan prestasi asal kamu mau rajin belajar.

4. Stay fokus

Belajar pun sebenarnya gak akan banyak membantu jika kamu gak fokus, baik saat perkuliahan sedang berlangsung dan belajar sendirian. Keduanya sama-sama akan membantumu dalam menyelamatkan nilai saat ujian dan dosenmu akan mulai memperhatikanmu karena kamu merupakan mahasiswa yang mau bekerja keras.

5. Tanya jika belum paham

Gak akan afdol jika kamu sudah banyak belajar namun kamu gak bertanya pada dosenmu saat menghadapi kesulitan karena gak paham suatu materi. Bertanyalah agar kamu semakin paham dan dosenmu akan mulai mengenalmu karena kamu adalah mahasiswa yang rajin.

6. Berprasangka baik

Mengerjakan tugas yang banyak dan mengikuti perkuliahan yang berlangsung lama pastinya akan membuatmu lelah dan kadang mengantuk. Namun kamu harus tetap berprasangka baik terhadap para dosenmu karena ilmu yang mereka berikan suatu hari nanti akan bermanfaat bagi dirimu sendiri.

7. Bersikap sopan

Bapak ibu dosen sangat menyukai mahasiswa yang sopan karena itu berarti kamu menghormati mereka sebagai orang tua kedua. Bersikaplah sopan dengan mereka agar kamu semakin dikenal oleh mereka.

Baca Juga : Mendaftar Lintas Jurusan? Sontek 5 Cara Ini Agar Sukses Lolos Ujian! 

8. Komunikasi yang baik

Jalin komunikasi yang baik dengan dosenmu-dosenmu dan tunjukkan jika kamu merupakan mahasiswa baik yang mau berjuang dengan sungguh-sungguh. Dosenmu pasti akan dengan senang hati mengenalmu dan kamu tak akan begitu sulit untuk lulus kuliah dan kelulusanmu takkan dihambat karena kegagalan dalam suatu mata kuliah.

Nah, itu tadi tipsnya agar kamu dihafal oleh dosen sehingga akan memudahkanmu untuk lulus kuliah nanti. Jangan segan-segan untuk berteman juga dengan dosenmu karena dengan begitu kamu akan lebih mudah mendapat pengetahuan baru. Berani mempraktikkan mulai hari ini?

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar