Jangan Sepelekan, 7 Kebiasaan Ini Bisa Menganggu Masa Kuliahmu

wifi

Hai Sobat ICampus! Menjadi mahasiswa menuntut seseorang untuk memiliki banyak kesibukan setiap harinya. Keseharian mahasiswa sebagian besar berkaitan dengan kelas, dosen, tugas, kerja kelompok, kantin, dan masih banyak lagi.

Tapi, sadarkah kamu ternyata ada beberapa kebiasaan yang seringkali dilakukan bisa berdampak buruk pada masa kuliah seorang mahasiswa.

Yuk, simak 7 kebiasaan yang bisa menganggu masa kuliahmu berikut ini.

Baca Juga : Demi Kebaikan, Jangan Takut Melakukan 5 Hal Ini dalam Hidup!

1. Gak tepat waktu alias ngaret

Kenyamanan dengan niatan santai malah berujung dengan tak tepat waktu. Masuk kelas selalu terlambat, ketemu dosen juga ngaret, sampai saat ujian pun masih santai-santai.

Mungkin saat ini belum terasa dampaknya. Tapi lama-kelamaan kamu akan dicap sebagai orang yang selalu ngaret dan hal itu menunjukkan kamu sebenarnya gak pandai dalam mengatur waktu, duh.

2. Gak menjaga pola makan

Mahasiswa seringkali menghabiskan istirahatnya di kantin atau warung yang berada di dekat kampus. Berbagai macam makanan dan minuman yang menggugah selera seringkali membuat mahasiswa kalap. Akibatnya pola makan pun tak terjaga dan bisa berujung pada masalah kesehatan. Mulai sekarang, jaga ya apa yang dimakan saat sarapan atau makan siang .

3. Menyepelekan materi yang didapat di kelas

Kalau yang satu ini seringkali terjadi pada kelas dengan mata kuliah yang dianggap kurang penting atau ketika teman sekelas sedang melakukan presentasi.

Bukannya memperhatikan dengan cermat dan seksama, tapi malah bersantai dan sibuk dengan urusan lain seperti ngobrol dengan teman atau bahkan bermain smartphone. Padahal bisa saja materi yang sedang disampaikan itu penting dan berguna untuk ujian yang akan datang.

4. Bersikap seenaknya pada teman atau dosen

Seringkali, ada mahasiswa yang tidak memikirkan terlebih dahulu dampak dari sikap yang diperbuat alias seenaknya, baik itu kepada teman maupun dosen. Mungkin memang tak ada niatan untuk bersikap seenaknya, tapi sikap tersebut sudah terlanjur menyinggung atau menyakiti orang lain dan akhirnya bisa berujung pada masalah.

5. Berpakaian kurang sopan

Kampus adalah tempat menimba ilmu. Namun mahasiswa seringkali berpakaian yang sebenarnya kurang sopan atau layak. Memang benar adanya kalau pakaian adalah urusan masing-masing, tapi kembali lagi, sebagai manusia yang dewasa seharusnya mahasiswa juga bisa lebih bijak dan cermat dalam berpakaian. You are what you wear.

6. Menganggap nilai bukanlah segalanya

Anggapan yang satu ini cukup populer, tapi seringkali disalahartikan oleh mahasiswa. Nilai memang bukan segalanya dan tak menentukan masa depan, tapi bukan berarti kamu boleh tak belajar dan berusaha dalam perkuliahanmu. Kamu gak dituntut memiliki IPK sempurna kok, tapi kamu punya tanggung jawab untuk bisa lulus dari pendidikan yang sedang kamu jalani.

Baca Juga : 5 Aplikasi untuk Kuasai Bahasa Asing, Bisa Kapan pun dan di Mana pun!

7. Terlalu santai dalam menjalani perkuliahan

Mahasiswa biasanya harus menjalani 8 semester atau 4 tahun untuk bisa lulus sebagai sarjana. Waktu yang cukup lama, tapi sering dijadikan alasan bagi mahasiswa untuk bersantai-santai layaknya di pantai.

Padahal, seharusnya mahasiswa bisa lebih pandai dalam menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya meski hanya sedetik. Empat tahun mungkin terdengar lama, tapi kalau sudah dijalani rasanya waktu berjalan sungguh cepat.

Nah, setelah membaca 7 kebiasaan di atas, apakah kamu memiliki salah satunya? Jika ya, yuk perlahan-lahan dikurangi demi masa kuliah yang lebih baik.

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar