Contek 8 Cara Ini Supaya Bisa Jadi Mahasiswa Favorit Dosen!

perhotelan

Hai Sobat ICampus! Siapa sih yang gak mau jadi mahasiswa favorit dosen di tempat kuliah? Selain sebagai tokoh untuk menimba ilmu, dosen adalah orang yang sangat disegani oleh semua orang. Dengan berbagai macam jenis dan karakter seorang dosen, kira-kira apa sih yang membuat mereka senang dan menjulukimu sebagai mahasiswa favoritnya?

1. Ini yang paling mendasar nih: aktiflah waktu dosen mengajukan pertanyaan!

Logikanya, mana ada yang suka jika diacuhkan. Kalau dosen mengajukan pertanyaan tapi tidak ada yang mau menjawab dan menanggapinya, mana bisa dia menyukai mahasiswanya? Ingat ya, kamu bukan sedang menjadi carmuk (cari muka) di depan dosen kok. Tapi berusaha mengikuti proses perkuliahan dengan baik.

Baca Juga : 8 Hal Ini Penting Banget Diperhatikan Sebelum Kuliah di Luar Negeri

2. Jangan sombong dan arogan, jadi kamu harus sering konsultasi dengan dosen.

Contek 8 Cara Ini Supaya Bisa Jadi Mahasiswa Favorit Dosen!hercampus.com/life/academics

Asalkan meminta tolong dengan sopan, tidak ada dosen yang membenci untuk berkonsultasi dengan mahasiswanya. Tapi yang harus kamu garis bawahi, jangan sampai tidak melihat situasi ya! Kamu harus tahu kapan dosen memiliki waktu luang atau sedang sibuk dan tidak mau diganggu. Biasakan untuk melakukan janji terlebih dahulu.

3. Kalau kamu suka organisasi, alangkah baiknya kalau bersedia jadi panitia acara program studi seperti seminar atau konferensi.

Mahasiswa yang aktif di luar kelas apalagi membantu kegiatan fakultas atau universitas, biasanya disukai oleh dosennya.

4. Menjadi sukarelawan dalam kegiatan volunteer juga bisa jadi nilai tambah. Dosenmu pasti akan merasa senang jika ada mahasiswa yang melakukannya.

Contek 8 Cara Ini Supaya Bisa Jadi Mahasiswa Favorit Dosen!www.aucscope.com

Jangan salah loh, diam-diam dosenmu juga bangga jika ada mahasiswa yang menjadi sukarelawan. Selain dikenal sebagai mahasiswa yang berguna dan bermanfaat, dosen akan senang untuk berdiskusi denganmu karena punya banyak kegiatan seru.

5. Uang lebihmu jangan langsung dihabiskan. Sesekali bawa camilan kesukaan dosen bisa jadi aksi kecil yang berarti untuk dosenmu.

Contek 8 Cara Ini Supaya Bisa Jadi Mahasiswa Favorit Dosen!

Tidak perlu terlalu memaksakan diri untuk beli makanan yang mahal. Cemilan saja sudah cukup asalkan kamu membelikannya dengan tulus dan ikhlas. Dosenmu juga pasti menyukai kamu yang perhatian dengannya.

6. Boleh saja memberi kritik, tapi jangan sampai terlalu bersikap sok tahu! Harus didukung dengan bukti dan sumber yang kuat biar dosenpun ikut menghargai kamu.

Mahasiswa dan dosennya memang melakukan sharing knowledge. Tapi itu bukan berarti kamu harus ngotot tanpa dasar yang jelas. Jangan sampai dosenmu menganggap kamu tidak sopan dan menyebalkan.

Baca Juga : Meski Hanya Semalam, 6 Cara Ini Bantu Kamu Mengingat Materi Belajar

7. Biasakan menggunakan bahasa yang sopan. Meski ada banyak dosen yang terkesan gaul dan asyik, kamu harus menghormati mereka sebagai orang tua.

Contek 8 Cara Ini Supaya Bisa Jadi Mahasiswa Favorit Dosen!canterbury.ac.nz

Kalau mau jadi mahasiswa favoritnya, tetap harus bisa membatasi diri ya. Jangan gunakan tindakan, bahasa dan gerakan tubuh yang tidak sopan.

8. Berikan presentasi yang baik dan memukau. Sekalipun tidak sempurna, buktikan kalau kamu selalu memperhatikan dosenmu dengan serius dan belajar dengan sungguh-sungguh.

Contek 8 Cara Ini Supaya Bisa Jadi Mahasiswa Favorit Dosen!timeshighereducation.com

Bagaimanapun juga, dosen menyukai mahasiswanya yang berusaha dengan sepenuh jiwa dan raga. Setidaknya buktikan bahwa kamu adalah mahasiswa yang bisa berhasil karena didikan dan ajarannya.

Nah sudah tahu kan rahasianya jadi mahasiswa favorit? Coba langsung diterapkan ya!

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar