7 Tindakan yang Harus Dihindari Jika Mau Skripsi Selesai dalam 6 Bulan

6359351909009256151708944411_open_minded_by_murimus

Hai Sobat ICampus! Skripsi adalah penentu kelulusan mahasiswa. Meski harus tertatih mengerjakan bab 1-5, namun kamu harus menyelesaikannya demi masa depan. Menyelesaikan skripsi dalam jangka waktu 6 bulan itu bukan hal yang mustahil lho, kamu bisa kok mendedikasikan diri dan giat menyelesaikan tugas akhir ini.

Baca Juga : Pantang Menyerah, 5 Hal ini Akan Buatmu Kuat Hadapi Kegagalan

Asal, 7 pantangan di artikel ini kamu hindari. Apa saja?

1. Menunda mengerjakan dan gak meluangkan waktu tiap hari

Hasil gambar untuk tugas

Malas meluangkan waktu adalah musuh utama. Jika ingin skripsi selesai dalam 1 semester saja, maka kamu harus berkomitmen pada diri sendiri. Jangan pernah menunda pekerjaan hingga membuat rasa malasmu bertumpuk. Selain itu, kamu wajib meluangkan waktu setiap hari kalau ingin skripsi cepat selesai.

2. Jangan bekerja yang terlalu menyita waktu

Hasil gambar untuk tugas

Memang kamu punya waktu lebih luang ketika sedang mengerjakan skripsi, namun bukan berarti kamu bebas untuk bekerja. Fokus utamamu adalah menyelesaikan skripsi dan bekerja adalah nomor dua. Jadi usahakan untuk mencari pekerjaan dengan jam waktu fleksibel dan gak terlalu memberatkan.

3. Terlibat dengan kegiatan yang bikin sibuk

Di masa menyelesaikan skripsi, kamu juga bebas untuk bergabung dengan kegiatan yang kamu minati. Misalnya nih, fokus ke UKM atau ikut event dan kepanitiaan. Namun, pantangannya, tetap utamakan skripsi dan kuliah di atas segalanya. Jangan sampai skripsi terganggu karena kegiatanmu yang menggunung.

4. Terlalu menikmati waktu luang dan hobi

Mungkin jam kuliahmu tak sepadat dulu dan sekarang hanya ada beberapa kali ke kampus saja. Namun, bukan berarti ini kesempatanmu untuk malas-malasan dan menikmati waktu luang. Ingat, kamu tidak bebas sekarang, karena masih ada tanggungan skripsi yang harus diselesaikan.

5. Merasa gak termotivasi ketika banyak teman sudah lulus duluan

Jika hal ini yang dirasakan, justru pertanda bahaya. Kamu harus merasa termotivasi dan semangat ketika tahu ada temanmu yang sudah menyelesaikan skripsinya. Keberhasilan teman yang sudah lulus duluan bisa jadi pelecut semangatmu untuk menuntaskan tugas akhir.

6. Patah arang ketika banyak revisi dari dosen

7 Tindakan yang Harus Dihindari Jika Mau Skripsi Selesai dalam 6 BulanPhoto by Wadi Lissa on Unsplash

Revisi dan masukan dari dosen tentu pasti bakal didapatkan seusai bimbingan. Namun, jangan lantas patah semangat dan memilih berhenti saja. Ingat, bahwa kamu bisa berdiskusi dengan beliau. Jangan menyerah sekarang, orang tua juga sedang menunggu kelulusanmu.

Baca Juga : Biar Gak Galau, 9 Quotes Ini Bisa Bikin Kamu Semangat Ngerjain Skripsi

7. Malas mengontak dosen pembimbing dan mencari tahu jadwal yang kosong

Dosen pembimbing bisa dipastikan memiliki waktu luang yang sedikit. Selain bertugas menjadi dosen pembimbingmu, beliau juga memiliki jadwal mengajar dan kegiatan lainnya. Oleh karena itu, kamu gak boleh malas untuk mencari tahu jadwal beliau dan rajin berkonsultasi.

Sudah siap menyelesaikan skripsi dalam rentang waktu 6 bulan?

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

 

Komentar