5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Belajar Bahasa Asing, Benar Gak?

kelompok

Hai Sobat ICampus! Bukan hanya wajib menguasai bahasa ibu, dengan perkembangan zaman kini kita dituntut untuk bisa menguasai bahasa asing. Terlebih jika kamu punya impian menuntut ilmu atau bekerja di luar negeri, wajib banget deh yang namanya belajar bahasa asing.

Bahasa asing yang paling umum digunakan adalah bahasa Inggris. Tapi selain itu ada berbagai bahasa lain yang gak kalah penting dan menarik lho untuk dipelajari.

Baca Juga : Kamu Seorang Ambivert? 5 Jurusan Kuliah Ini Cocok Banget Buat Kamu!

Supaya proses belajar bahasa asingmu berjalan lancar, hindari lakukan lima hal di bawah ini deh!

1. Mempelajari bagian sulit terlebih dahulu

Hasil gambar untuk study

Mungkin awalnya kamu merasa ingin menantang diri untuk menaklukan bagian yang sulit di awal pelajaran. Tapi tindakan ini berisiko memunculkan rasa kapok karena apa yang kamu pelajari itu gak main-main. Daripada pusing dan akhirnya gak jadi belajar, lebih baik hindari kebiasaan seperti ini deh guys!

2. Malas memulai pelajaran yang mendasar

Hasil gambar untuk study

Walaupun sedikit membosankan dan sering dianggap sepele, dasar dari pelajaran bahasa asing itu penting banget. Karena pada beberapa bahasa asing menggunakan pola kalimat yang berbeda dari bahasa Indonesia, misalnya bahasa Korea.

Maka dari itu kamu jangan malas untuk mempelajari sesuatu yang mendasar. Kalau kamu punya dasar yang kuat maka proses belajar selanjutnya akan terasa lebih mudah.

3. Hanya mengandalkan satu cara

Maksud dari poin ini adalah ketika kamu hanya belajar secara pasif melalui satu kegiatan. Misalnya hanya rutin mengikuti kursus bahasa asing tanpa mempraktikannya di rumah. Justru praktik rutin di rumah itu bisa mempercepat kelancaranmu dalam berkomunikasi. Kamu juga bisa mengunduh dan memainkan aplikasi belajar bahasa untuk memperkuat daya paham terhadap materi.

4. Cepat bosan dan menyerah

Belajar bahasa asing memang gak semudah belajar bahasa Indonesia. Tapi saat kamu merasa bosan dan ingin menyerah coba ingat apa tujuanmu belajar bahasa asing? Demi pendidikan di luar negeri? Pekerjaan impian di negeri orang? Atau hal lain yang bisa memotivasi.

Saat kamu merasa ada di tahap ini cari cara seru saat belajar, misalnya dengan mendengarkan lagu atau nonton acara yang berasal dari negara yang kamu pelajari bahasanya.

Baca Juga : 5 Tips Mendapat IP Tinggi yang Bisa Kamu Pelajari

5. Menggabungkan lebih dari satu bahasa sekaligus

Nah, kesalahan terakhir yang juga sering dilakukan orang adalah menyatukan atau menggabungkan lebih dari satu bahasa sekaligus. Sekalipun kamu merasa mampu mempelajarinya, tapi lebih baik memfokuskan satu bahasa terlebih dahulu. Ini mengantisipasi tingkat kerumitan yang tinggi, karena terlalu banyak informasi yang kamu serap.

Saat belajar bahasa asing sebaiknya kamu hindari kesalahan seperti lima di atas tadi, supaya menghemat waktu dan tenaga. Terus semangat dan jangan mudah bosan ya!

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar