Khusus Mahasiswa, Ini 6 Cara Bikin Skripsi yang Menakjubkan!

classroom

Hai Sobat ICampus! Setiap pelajar pasti akan melalui penelitian, entah itu untuk tugas biasa maupun tugas akhir. Kadang tugas penelitian tersebut bisa membuatmu sekedar lulus di kelas yang bersangkutan. Namun kadang sebuah penelitian yang hanya menjadi tugas kuliah atau sekolah bisa sangat bermanfaat serta dinilai menakjubkan untuk masyarakat sekitar.

Lalu bagaimana cara membuat penelitian yang menakjubkan? Berikut ini adalah enam di antaranya!

1. Tulis sesuatu yang berhubungan dengan hal yang paling kamu sukai atau minati

Hasil gambar untuk tulisan

Temukan hubungan antara kelas yang kamu ambil serta tujuan pendidikan dan tujuan karirmu, intinya kamu mau jadi apa di masa depan. Kalau kamu berhasil menemukan minat sejatimu, kamu akan sangat nyaman melakukan penelitian tersebut dan besar kemungkinan akan langsung bisa bermanfaat, baik untuk dirimu sendiri maupun untuk mereka yang memiliki minat yang sama.

2. Tantang sebuah konsep yang menurutmu salah

Hasil gambar untuk konsep

Ketika kamu gemas dan kesal dengan sebuah konsep atau pemahaman yang sama di mata masyarakat, kamu gak akan menghasilkan sesuatu yang berarti jika hanya menghujat dan mengeluh. Jadikan itu sebuah inspirasi penelitian agar kamu bisa meluruskan pemahaman yang menurutmu salah itu.

Semangat untuk membenarkan hal yang salah akan sangat berguna untuk kamu menjalani penelitian tersebut. Kamu pun bisa jadi pahlawan informasi ketika berhasil menyelesaikannya.

Baca Juga : 6 Hal yang Cuma Berhasil Dilalui oleh Kamu Si Mental Sukses!

3. Temukan hubungan yang sekiranya jarang dipikirkan orang lain

Di dunia ini ada banyak sekali bidang ilmu. Kalau dicari-cari, berbagai bidang ilmu yang jauh berbeda pun pasti bisa ditemukan hubungannya. Inilah salah satu cara berpikir out of the box yang bisa membuat penelitianmu lebih bernilai, karena hampir gak mungkin dipikirkan orang lain.

Jika bidang minatmu jauh dengan bidang studi yang kamu jalani saat ini, kamu bisa lho menemukan hubungan di antaranya dan dijadikan penelitian. Malah kamu akan menjadi seperti sosok avatar yang mengolaborasikan berbagai bidang ilmu.

4. Jadikan seorang tokoh terkenal yang dianggap “jahat” sebagai sumber pembelajaran

Belajar dari tokoh inspiratif yang baik itu memang sudah sewajarnya, tapi belajar dari tokoh yang secara catatan sejarah atau sosoknya dibenci orang banyak itu jarang dipikirkan orang. Percayalah bahwa kita bisa mengambil pelajaran dari apapun, siapa pun dan kapan pun. Cara pikirmu ini akan dianggap unik dan kamu akan dinilai memiliki pemikiran luas karena bersedia untuk belajar dari segala hal.

5. Bentuk ulang penelitian lama disesuaikan dengan kondisi teknologi, struktur sosial dan budaya saat ini

Banyak sekali penelitian lama yang sukses di zamannya tapi gak relevan untuk digunakan di masa sekarang. Kamu bisa mencarinya dan merombaknya untuk lebih bermanfaat digunakan saat ini. Ketahuilah bahwa itu bukan bentuk plagiarisme, karena kamu pun pastinya harus mencantumkan sumber penelitianmu itu sebagai hanya salah satu referensi saja.

Baca Juga : 5 Tipe Dosen Unik yang Kamu Temui Ketika Mulai Magang

6. Gunakan dirimu sendiri, orang di sekitarmu atau orang terdekatmu sebagai sumber

Sumber informasi yang paling kuat adalah pengalaman, apalagi jika yang mengalaminya kamu sendiri, orang sekitarmu ataupun orang terdekatmu. Kamu bisa berusaha menemukan apa kesulitan yang dialami sehari-hari olehmu dan orang-orang sekitarmu, kemudian melakukan penelitian untuk menemukan solusinya. Hasil penelitian yang kamu lakukan pun bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh kamu dan mereka.

Jadi, sudah tahu kan kunci rahasia kenapa ada beberapa tugas penelitian sekolah atau kuliah yang bisa mendadak viral dan disukai orang banyak? Kamu juga bisa kok melakukannya dengan cara-cara di atas. Toh ini juga demi manfaat untuk bersama. Kalau mereka bisa, kamu juga pasti bisa. Selamat meneliti dan bermanfaat ya!

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar