12 Tips Akhir Pekan “Anti Gabut” Bagi Kamu yang Kuliah & Merantau

listening-music

Hai Sobat ICampus! Banyak diantara kita yang mengambil studi perkuliahan di kota bahkan negeri orang demi menuntut ilmu setinggi-tingginya. Kegiatan berkuliah sambil merantau ini harus ikhlas kamu jalani di setiap harinya. Namun kadang kala akhir pekan menjadi waktu yang menyedihkan sebab akhir pekan mengingatkan pada keluarga di rumah.

Eits! Jangan sedih lagi. Beberapa kegiatan akhir pekan produktif ini bisa kamu coba saat menjalani kuliah sambil merantau. Coba deh!

1. Kenalan dengan tetangga di sekitar komplek tempat tinggal/ kost

Kamu yang merantau pasti akan memilih kost/ kontrakan sebagai tempat tinggal. Nah, hal pertama yang harus kamu lakukan sebagai anak kuliahan yang sedang merantau adalah mencari teman dan kenalan sebanyak-banyaknya. Mulailah dengan berkenalan dengan mbak-mbak atau mas-mas kostan. Lalu ke tetangga kost hingga warga komplek tempat kamu ngekost/ngontrak. Kalau sudah punya banyak kenalan tetangga, kamu bisa minta tolong dengan cepat kalau ada apa-apa nantinya. Maklum, kan jauh dari keluarga.

Baca Juga : Miliki 8 Kualitas untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

2. Ikut organisasi internal/ eksternal yang ada di kampus.

Jangan lupa ikut organisasi internal dan eksternal di kampus. Karena kamu bisa kenal dengan banyak orang lintas usia, jurusan, angkatan dan yang pasti dapat ilmu banyak yang gak kamu dapat di dalam kelas perkuliahan. Biasanya, organisasi ini sering mengadakan acara di akhir pekan, jadi jangan takut gabut kalau sudah ikut organisasi. Tapi syaratnya pilih organisasi yang tidak mengganggu jadwal kuliah ya..

3. Ikut kepanitiaan kampus/event di kota perantauan.

Gak jauh dengan berorganisasi, kamu juga bisa menambah relasi, pengalaman, dan pundi-pundi jika ikut acara kepanitiaan kampus maupun event di kota perantauan. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah mencari informasi tentang rekrutmen kepanitiaan ini ya.

4. Berkunjung ke kota tetangga/kota lain yang tidak terlalu jauh.

Jika kamu ingin mencari suasana baru, cobalah kunjungi kota lain yang jaraknya tidak terlalu jauh. Kamu bisa mengajak teman-temanmu sesama perantau. Namun, jangan lupa untuk mencari banyak teman di kota yang kamu kunjungi, agar lebih mudah jika kamu  mengunjungi lagi kota tersebut.

Baca Juga : Biar Hasil Maksimal, Ini Tahapan Membuat Study Plan yang Tepat!

5. Berkumpul dengan komunitas anak rantau/komunitas daerah tempat tinggalmu.

Sebagai sesama anak rantau, cobalah bergabung dengan komunitas anak rantau atau komunitas anak rantau asal daerahmu. Dijamin, kalian akan merasa berada di kampung halaman jika sudah berbicara dengan sesama perantau menggunakan bahasa daerah kalian.

6. Menyalurkan hobi yang tidak bisa dilakukan saat weekdays.

Ya apalagi kalau bukan menyalurkan hobi. Seperti nonton drama Korea, olahraga, menulis, membaca fiksi, dll. Dijamin weekend kamu gak akan suram dan bikin baper karena keinget rumah.

7. Bersih-bersih kost.

Akhir pekan juga bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan kamar kost/ kontrakan lho. Mana tahu kamu menemukan harta karun berupa segepok uang dan segenggam permata di bawah lemari. Ya, memang gak ada yang tahu sih..

8. Melakukan solo traveling alias jalan-jalan sendirian.

Jangan takut dikira jomblo meskipun memang jomblo karena perjalanan sendiri ini akan mengajarkanmu banyak hal terutama kemandirian dan kepekaan terhadap hal-hal di sekitar kita. Kamu jadi bisa menemukan solusi-solusi ajaib saat ada masalah dalam perjalananmu itu. Gak perlu jauh-jauh kok. Nge-trip saja di kota yang masih satu pulau dan belum pernah kamu kunjungi aja. Pasti bikin greget!

9. Hang out dengan teman sesama perantau.

Sudah punya banyak kenalan dan teman sepermainan kan? Ajak mereka hang out deh biar nggak mumet di kost/kontrakan melulu. Gak perlu di tempat yang mahal, asalkan suasananya nyaman dan masih terjangkau bagi perantau, gak masalah kok.

10. Keliling di kota tempat kamu berkuliah.

Namanya perantau, pastilah kamu tidak akrab dengan kota tempat kamu mengenyam pendidikan itu. Penting untukmu tahu rute jalan, tempat makan, dan serba-serbi lain di kota rantau. Karena kamu akan menghabiskan bertahun-tahun hidup di sana. Kalau butuh apa-apa dan perlu sesuatu jadi gampang. So, kenali kota rantaumu mulai sekarang ya.

11. Menyelesaikan tugas dari dosen, biar nanti bisa santai kayak di pantai

Memang berat sih, tapi nggak ada salahnya di coba. Toh, di hari perkuliahan nanti kamu bisa santai kayak di pantai karena tugas-tugas yang bejibun dari dosen sudah tuntas kamu kerjakan.

12. Ikut temanmu yang akan pulang kampung.

Terlalu gabut di kost tapi terlalu jauh untuk pulang? Hmm, coba deh ikut temanmu yang akan pulang kampung. Ya asalkan kampung halamannya dekat, kamu bisa membujuknya untuk turut serta. Namun pastikan kamu dan dia sudah akrab dan temanmu itu welcome ya.

Punya tips lain yang lebih seru? Komen di bawah deh!

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar