Saat Merasa Rendah Diri, 9 Hal Positif Ini Wajib Kamu Ingat

529a881edbfb18714b65a5d7e1409720

Hai Sobat Icampus! Manusia memang punya kewajiban untuk bersyukur, tapi tidak berarti kita bebas dari kondisi insecure. Kadang dalam hidup kita bisa saja jatuh, bahkan sampai tersungkur dan merasa berat untuk bangkit lagi. Ada juga masa ketika melihat ke atas terasa sesak karena dunia terasa surga bagi mereka, sementara bagimu hidup bagai di neraka, tak pernah mudah.

Insecurity, sifat yang membuat manusia merasa tidak aman, entah karena malu, merasa tak mampu, kekurangan, atau karena perasaan bersalah. Sekali terbesit pikiran ini, kita akan hidup penuh dengan rasa was-was dan marasa kurang. Tak pernah merasa aman dan nyaman, padahal semua ketakutan itu terjadi sebab kita terlalu rendah menilai diri sendiri.

Berapa banyak dari kita yang malu dengan fisik diri sendiri? Tak percaya diri karena warna kulit gelap, merasa gemuk, wajah penuh jerawat? Berapa banyak dari kita yang merasa rendah karena hanya bekerja sebagai pegawai kecil? Tak punya pangkat apalagi jabatan, gaji sebatas UMR. Sementara teman yang lain, sempurna fisiknya juga karirnya.

Insecure akan membuat kita terus melihat buruk pada diri sendiri, sementara dalam hati kian panas karena iri dengan milik orang lain. Akhirnya? Boro-boro mau ada peningkatan, yang ada malah hidup makin susah. Makanya, aku, kamu, dan kalian semua yang pernah memilikinya juga harus segera menyembuhkannya.

Caranya? Mulai dari langkah paling mudah yaitu membaca kalimat afirmasi atau bahasa yang bernuansa positif untuk menguatkan dan mempercayai keunikan diri sendiri.

1. Tidak ada ciptaan Tuhan yang gagal

Apapun agama yang kita taati, semua mengajarkan kebaikan dan kesempurnaan Tuhan pencipta alam semesta dan seisinya. Maka dari itu, kita sama sekali tidak punya hak menyakiti diri sendiri dengan merasa rendah.

Tidak ada ciptaan Tuhan yang gagal. All you have to do is find that something that makes you tick. -Alexander Thian, Pengarang

2. Berhenti menjadi pembenci diri sendiri

Sadar nggak kalau kita ini kadang jahat, karena menjadi pembenci bagi diri sendiri. Orang yang paling sering merutuki kelemahan diri ya kita sendiri. Tiap ngaca, berasa ada aja yang kurang. Tiap lihat media sosial selalu merasa hidup tidak adil, merasa bukan siapa-siapa karena pekerjaan yang “biasa saja”.

Padahal, jika saja kita mampu berhenti membenci diri sendiri, pelan-pelan pasti akan menemukan teman, pasangan, keluarga, dan lingkungan yang baik. Saling mendukung, menguatkan, dan membuat kita berkembang lebih baik. Kuncinya cuma satu, stop hating yourself.

If only you knew how much and how big the love that is available to you, you would never doubt yourself. Not even for one second. Because I used to be the biggest hater of myself. Until i found the source of everlasting love in me. That’s when things startes to change. -Jenny Jusuf, Pengarang

3. Jadi manusia gak harus sempurna

Sempurna itu punya Tuhan, spesial itu punya martabak, istimewa itu punya Jogja. Jadi, kenapa kita harus berlomba jadi yang sempurna, spesial, dan istimewa, jika segala kekurangan diri menjadikan kita sebagai pribadi unik dan menarik?

Your imperfections make you beautiful, they make you who you are. -Demi Levato, Singer

4. Jangan bergaul dengan orang yang meremehkanmu

Jangan biarkan kamu terlibat dalam lingkungan toxic terlalu lama. Racun itu berbahaya dan bisa membunuhmu. Sayang kalau waktumu terbuang sia-sia hanya karena bergaul dengan mereka. Lebih baik akhiri dan cari lingkungan baru yang sehat.

5. Kita perlu berbeda agar hidup tak terasa membosankan

Jika standar kecantikan dunia hanya badan langsing, kulit putih, hidung mancung, ya pasti akan terasa membosankan. Seperti pepatah klasik, pelangi tampak cantik karena kombinasi warna yang berbeda.

Your insecurities are what make you different and what makes you who you are. If everyone looked the same it would be boring.-Jely Nelson, Singer

6. Hati-hati, insecurity membunuhmu

Insecurity itu racun bagi diri sendiri. Ya namanya racun, kalau diobati sembuh dibiarkan ya bisa membunuh. Pilihan ada di tanganmu, mau mati atau sembuh?

My insecurity could eat me alive. -Eminem, Rapper

7. Rendah hati boleh, rendah diri jangan

Kita memang diajarkan untuk bersikap membumi dan rendah hati, tapi tidak dengan rendah diri. Setiap manusia pasti punya sisi positif dan negatif, bukankah lebih baik untuk fokus pada yang baik-baik daripada sibuk mencela kekurangan diri sendiri? Bukan cuma rokok yang bisa membunuhmu, insecurity justru lebih ampuh.

Knowing you power is what creates humility. Not knowing your power is what creates insecurity. -Ego

8. Berhenti membandingkan dengan pencapaian orang lain

Tidak akan ada habisnya jika terus membandingkan. Kemarin dengan si A, hari ini dengan si B, lusa dengan si C. Hidup terasa makin sesak karena terlalu banyak mendongak. Insecurity? Awalnya, ya dari sini.

The reaason we struggle with insecurity because we compare our behind the scenes with everyone else’s highlight reel.  -Steve Furtick, Tokoh Publik

9. Prioritas hidup adalah mencintai diri sendiri

Pada akhirnya kita hanya ingin bahagia. Tapi percayalah, kita takkan pernah bahagia selama tidak mencintai diri sendiri. Cintai semua kekurangan yang kita miliki, tak perlu merasa malu, minder, atau gagal hanya karena kekurangan diri. Ini sudah 2019, masa iya masih mau memelihara rasa rendah diri?

At the end of day, you won’t be happy until you love yourself. -Lady Gaga, Singer

Yuk, semangat lagi! Setiap orang punya karakter masing-masing dan jalan hidup sendiri, jadi jangan pernah merasa rendah diri. Ingat-ingat, ya 9 hal positif di atas biar kamu gak stres!

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar