Ini Dia 8 Aktivitas yang Bisa Dilakukan Selama Libur Kuliah

listening-music

Hai Sobat Icampus! Habis ujian terbitlah liburan. Biasanya, waktu libur yang panjang dimanfaatkan oleh mahasiswa-mahasiswi perantau untuk kembali ke perantauan.

Namun, jika kamu mahasiswa di kota asalmu atau tiket pesawat terlalu mahal untuk kembali pulang, pasti kamu akan bertanya-tanya lebih baik dimanfaatkan untuk apa ya, waktu libur yang panjang ini?

Nah, untukmu mahasiswa-mahasiswi yang sedang bingung mengisi waktu liburan, tak usah lagi risau! Ini dia beberapa kegiatan yang bisa mengisi liburanmu!

1. Melamar pekerjaan

Waktu libur kuliah yang panjang bisa kamu manfaatkan untuk melamar pekerjaan. Carilah pengalaman kerja sebanyak-banyaknya, apalagi jika kamu masih mahasiswa semester awal. Jangan ragu untuk menyerahkan lamaran ke beberapa perusahaan yang sedang mencari karyawan.

Selain bisa mengisi waktu luang, lumayan juga gajinya untuk makan sebulan.

2. Menjadi guru les

Kamu juga bisa mencari penghasilan dengan menjadi guru les untuk mereka yang akan melaksanakan ujian. Kamu bisa melamar ke perusahaan les ternama atau jika tidak ingin ribet membuat lamaran, kamu bisa menawarkan diri ke orang tua yang sekiranya membutuhkan tutor untuk mengajar anak mereka.

Jika kamu punya adik, kamu boleh juga tuh mengajak teman-teman adikmu untuk belajar bersama. Tarif yang kamu pasang pun bisa kamu sesuaikan dengan jumlah jam dan pertemuan yang kamu agendakan.

3. Menjelajah alam

Kamu petualang yang suka menjelajah alam? Nah, tepat sekali jika memanfaatkan waktu liburmu dengan travelling ke tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi. Kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk refreshing melepas penat.

Jika kamu tidak suka wisata alam, kamu bisa mengeksplor kota yang kamu tinggali itu kok dengan cara berkunjung ke tempat-tempat wisata yang terkenal di sana. Namun, sebelum itu pastikan dompetmu sudah terisi, ya.

4. Melakukan hobi

Mungkin saja selama kuliah berlangsung, kamu tidak memiliki banyak waktu luang untuk menjalanlan hobimu. Saat libur kuliah, manfaatkan waktumu dengan menjalankan hobi sepuas yang kamu inginkan.

Jika kamu suka menulis, kamu bisa mencoba menyelesaikan buku di waktu liburan. Pun demikian jika kamu suka menggambar, lakukan saja sepuasnya saat liburan berlangsung.

5. Menjadi freelancer

Jika kamu seseorang yang kurang nyaman berinteraksi dengan orang banyak namun ingin tetap menghasilkan uang sendiri, tak ada salahnya kamu melamar sebagai freelancer. Kamu bisa bekerja di rumah atau kostmu dengan bermodalkan laptop dan keahlian yang kamu miliki. Lumayan kan?

6. Apply beasiswa

Carilah informasi beasiswa di perkuliahan yang bisa kamu ikuti. Selagi mengisi waktu liburan, kamu bisa mencari berkas-berkas yang diperlukan untuk meraih beasiswa tersebut. Apalagi jika selama berkuliah kamu mendapatkan IP atau prestasi yang bagus, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk apply beasiswaSiapa tahu kamu mendapatkannya.

7. Menjadi volunteer

Biasanya, di perkuliahan akan banyak kamu temui berbagai program yang bisa kamu ikuti. Daripada liburanmu menganggur saja di rumah atau di kost, mengapa kamu tidak mencoba untuk mendaftarkan diri sebagai volunteer di kegiatan-kegiatan bakti sosial?

Selain bisa menambah relasi, kegiatan ini juga bermanfaat bagi orang lain. Dan, percaya deh, kamu pun akan merasa lebih senang ketika menjadi bermanfaat bagi orang lain.

8. Mengambil kursus

Tingkatkan kualitas diri kamu dengan mengisi liburanmu di tempat yang bermanfaat. Cobalah ikuti pelatihan atau kursus yang kamu inginkan. Jika selama ini kamu rasa kemampuan bahasa Inggrismu kurang, maka ambillah kursus bahasa Inggris. Kamu juga bisa mengambil kursus lain yang sesui dengan jurusan atau bakat dan minatmu.

Bagaimana, sudah mendapat gambaran akan diisi apa liburanmu? Jangan lupa untuk terus melewati hari dengan melakukan hal yang bermanfaat. Selamat liburan!

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar